Minggu, 29/09/2024 05:58 WIB

47 Domain Layanan Kemdikbudristek Terdampak Gangguan PDN

Sebanyak 47 domain layanan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) terimbas oleh gangguan teknis Pusat Data Nasional (PDN) 2.

Gedung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Foto: Dok. Kemdikbudristek)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 47 domain layanan di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) terimbas oleh gangguan teknis Pusat Data Nasional (PDN) 2.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Ditjen PAUD Dikdasmen, Muhammad Hasbi, mengatakan bahwa 47 domain itu terdiri dari berbagai aplikasi dan layanan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

"(Ada yang) belum dapat diakses publik, di antaranya Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE), Beasiswa Pendidikan, KIP Kuliah, layanan perizinan film," kata Hasbi dalam keterangan tertulis pada Rabu (26/6).

"Kemendikbudristek memohon maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi," dia menambahkan.

Hasbi mengatakan saat ini pihaknya terus berkoordinasi intensif dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) selaku pengelola PDN, serta melakukan pemulihan layanan secara bertahap.

"Saat ini sudah ada beberapa layanan yang berhasil dipulihkan seperti layanan Itjen, kebugaran pusmendik, dan layanan DNS Pusdatin Kemendikbudristek," ujar Hasbi.

Untuk sementara, seluruh pelayanan yang terkait dengan laman-laman yang terdampak gangguan PDN, akan dilayani melalui Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemdikbudristek.

KEYWORD :

Gangguan PDN Pusat Data Nasional Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :