Minggu, 30/06/2024 21:57 WIB

Biden vs. Trump: Siapa yang Memimpin Jajak Pendapat?

Biden vs. Trump: Siapa yang Memimpin Jajak Pendapat?

Gambar kombinasi mantan Presiden AS Donald Trump menghadiri persidangan perdata pada 6 November 2023, dan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih di Washington, AS, 1 Maret 2024. REUTERS

WASHINGTON - Para pemilih di AS melihat calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, sebagai kandidat yang lebih baik dalam hal perekonomian. Namun lebih menyukai pendekatan saingannya dari Partai Demokrat, Presiden Joe Biden, dalam melestarikan demokrasi, berdasarkan jajak pendapat terbaru Reuters/Ipsos.

Jajak pendapat selama tiga hari yang berakhir pada hari Minggu menunjukkan bahwa kurang dari lima bulan sebelum pemilu tanggal 5 November, para pemilih terpecah dalam pendekatan para kandidat terhadap isu-isu yang dipandang responden sebagai dua masalah utama yang dihadapi bangsa ini.

Peringkat dukungan terhadap Biden, yang diukur dari seluruh responden dalam jajak pendapat tersebut, naik sedikit menjadi 37% dari 36% pada bulan Mei ketika angka tersebut merupakan angka terendah dalam masa kepresidenannya. Banyak anggota Partai Demokrat khawatir Biden akan tersinggung oleh kekhawatiran pemilih mengenai usianya – pada usia 81 tahun, ia adalah presiden AS tertua yang memegang jabatan tersebut – dan ketidaksetujuan partainya atas dukungannya terhadap perang Israel melawan Hamas.

Ketika ditanya kandidat mana yang memiliki pendekatan ekonomi yang lebih baik – yang merupakan kekhawatiran nomor satu bagi responden – para pemilih terdaftar memilih Trump dengan perbandingan 43% berbanding 37%. Para pemilih telah terdampak oleh kenaikan harga konsumen yang cepat selama beberapa tahun terakhir, meskipun inflasi telah melambat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir dan tingkat pengangguran berada di bawah 4% selama lebih dari dua tahun.

Partai Republik memiliki keunggulan yang lebih signifikan – 44% berbanding 31% – dalam hal imigrasi. Jumlah imigran mencapai 13,9% di negara ini pada tahun 2022, jumlah tertinggi dalam satu abad terakhir. Trump telah menargetkan imigran yang masuk ke negaranya secara ilegal. Trump difavoritkan 40% hingga 35% dalam konflik luar negeri dan terorisme.

Namun Biden memiliki keunggulan dibandingkan Trump dalam menanggapi ekstremisme politik dan ancaman terhadap demokrasi, yang menjadi kekhawatiran nomor dua responden, dengan pemilih terdaftar yang memilih Demokrat dibandingkan Trump sebesar 39% berbanding 33%.

Trump, yang bulan lalu divonis bersalah atas tuduhan pidana karena memalsukan catatan bisnisnya, sedang menunggu tiga persidangan pidana lagi, dua di antaranya terkait dengan upayanya untuk membalikkan kekalahannya dalam pemilu tahun 2020 dari Biden. Trump, yang secara keliru mengklaim kekalahannya dalam pemilu tahun 2020 akibat penipuan, memasukkan klaim tersebut dalam pidatonya yang berapi-api sesaat sebelum ratusan pendukungnya menyerbu Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021.

Biden juga memiliki keunggulan dibandingkan Trump dalam kebijakan layanan kesehatan – 40% berbanding 29%. Biden menjadi wakil presiden pada tahun 2010 ketika Presiden Barack Obama mendorong reformasi kesehatan penting melalui Kongres yang secara dramatis meningkatkan akses terhadap asuransi kesehatan.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos sebelumnya menunjukkan Biden dan Trump bersaing ketat dalam pemilihan presiden, meskipun sejumlah jajak pendapat di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran menunjukkan Trump unggul dalam beberapa bulan terakhir.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos, yang dilakukan secara nasional dan online, mengumpulkan tanggapan dari 1.019 orang dewasa AS, termasuk 856 pemilih terdaftar. Margin kesalahannya sebesar 3,2 poin persentase untuk seluruh responden dan 3,5 poin persentase untuk pemilih terdaftar.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :