Minggu, 30/06/2024 22:05 WIB

Single Bukan Dengan Dia, Duet Manis Mawar d Jong dan Jaz

Sepasang kekasih tak ditakdirkan bersama, munculkan duet Mawar DJong dengan Jaz

Mawar de Jongh dan Jaz duet lewat single Bukan Dengan Dia. (Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Mawar de Jongh dan Jaz untuk pertama kalinya berduet dalam sebuah single berjudul “Bukan Dengan Dia”. Mempertemukan dua penyanyi dari dua label besar, yaitu Trinity Optima Production (Mawar) dan Sony Music Entertainment Indonesia (Jaz). lagu ini diciptakan oleh Martinus Tin Tin dan Simhala Avadana atau Mhala. Kolaborasi ini sendiri dimaksudkan sebagai salah satu bentuk eksplorasi agar bisa lebih dekat dengan penikmat musik secara keseluruhan.

Terpilihnya Mawar dan Jaz untuk menyanyikan lagu ini karena keduanya memiliki ciri khas tersendiri. Karakter yang manis dan suara merdu keduanya akan menjadi daya tarik utama pada single “Bukan Dengan Dia”. Sesuai dengan judulnya, lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang tidak ditakdirkan untuk bersama.

“Mungkin, istilahnya ‘tidak berjodoh’. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai alasan, baik itu dari dalam atau pun luar diri kita. Jadi, lagu ini memiliki berbagai sudut pandang dan mungkin makna yang berbeda, tergantung dari yang mendengarkan,” kata Jaz, Kamis (27/6/2024).
Single ini rupanya sudah tercipta cukup lama, bahkan sebelum kolaborasi antara dua label ini muncul.

“Lagu ini sudah ada sebelum ide duet tercetus, namun saat itu belum diputuskan lagunya akan dinyanyikan oleh siapa. Akhirnya, aku diberi tahu bahwa single ini akan dinyanyikan secara duet oleh aku dan Jaz. Rasanya senang sekali bisa berkolaborasi dengan salah satu penyanyi berbakat di negeri ini, apalagi aku sering mendengar lagu-lagu yang dia nyanyikan,” jelas Mawar.

Senada dengan Mawar, Jaz juga sudah mendengar demo “Bukan Dengan Dia” sejak masih dalam situasi pandemi dan tidak menyangka bahwa ia akan membawakannya secara duet. “Sebenarnya, saat mendengar lagu ini pertama kali, dalam benakku, yang menyanyikannya hanya satu orang. Tapi, akhirnya diputuskan bahwa single ini akan lebih menarik saat dibawakan secara duet dan Mawar pun menjadi penyanyi perwakilan Trinity. Ini jelas kolaborasi yang menarik karena aku juga senang dengan lagu-lagu Mawar dan jarang sekali ada kerja sama yang mempertemukan dua penyanyi dari dua label besar,” papar Jaz.

Meski ini pertemuan pertama mereka dalam sebuah single, namun masing-masing sudah,pernah bekerja sama dengan musisi lain. Mawar pernah berduet dengan Julian Jacob, Adikara, Dee Lestari, dan Juicy Luicy. Sementara, Jaz sendiri pernah bekerja sama dengan Lalahuta dan Kaka Azraff, seorang penyanyi asal Malaysia.

Menyatukan dua penyanyi dalam satu lagu tentunya bukan hal yang mudah. Selain waktu, menyesuaikan nada dalam lagu ini ternyata sama-sama diakui Jaz dan Mawar memiliki tantangan tersendiri.

“Menurutku, yang cukup sulit dari single ini adalah mencari nada yang pas untuk dinyanyikan kami berdua karena suara kami punya jangkauan yang berbeda. Kadang, sudah pas di aku, ternyata di Mawar nggak pas atau sebaliknya. Selain itu, aku kurang pandai dalam harmonisasi sehingga harus banyak melakukan penyesuaian.” Kata Jaz.

Sama seperti Jaz, Mawar pun mengakui jangkauan vokal yang berbeda membuat ia harus mengeluarkan usaha ekstra. “Meski vokal menjadi tantangan untuk kami berdua, untunglah ada pengarah vokal Barsena yang membantu saat proses rekaman berlangsung sehingga tantangan ini bisa kami lewati,” jelas Mawar.

Waktu yang cukup singkat dalam penggarapan kolaborasi ini benar-benar dimanfaatkan oleh Jaz dan Mawar untuk membangun chemistry. “Kami bertemu pertama kali saat workshop untuk lagu “Bukan Dengan Dia”. Pada waktu yang relatif sedikit itu, kami berusaha memaksimalkannya untuk mengobrol lebih banyak agar chemistry kami terbangun dan terasa saat menyanyikannya nanti,” kata gadis kelahiran 26 September 2001 ini.

Menariknya, meski sering menyanyikan lagu bertemakan cinta, tapi genre single ini terasa baru bagi Jaz. “Bisa dibilang, ini sangat berbeda dengan katalog-ku. Biasanya, aku menyanyikan lagu cinta dengan vibe yang bahagia dan senang, sementara ini lagu galau. Tapi, memang aku dan tim sudah berencana untuk mencoba lagu-lagu seperti ini di album ketiga. Jadi, ini mungkin semacam pemanasan dan bisa aku terapkan di masa mendatang.” Katanya.

Dengan kolaborasi dua penyanyi dari dua label berbeda, Mawar dan Jaz sama-sama mengutarakan harapannya agar lagu ini bisa mendapat sambutan positif dari semua yang mendengarkan. “Semoga kami bisa bekerja sama lagi di masa yang akan datang karena aku sendiri merasa bahwa proyek ini sangat menyenangkan dan semoga lagu ini bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia, baik itu penggemar Mawar mau pun pendengar musikku,” ungkap Jaz.

Tidak ketinggalan, Mawar pun juga berharap single ini tidak hanya disukai, tapi juga memberi sesuatu bagi pendengarnya. “Semoga lagu ini bisa menghibur dan menemani orang-orang yang merasakan kisah yang sama dengan lagu ini,” tutupnya.

KEYWORD :

Mawar d Jong Jaz Bukan Dengan Dia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :