Senin, 01/07/2024 09:09 WIB

Debat Pilpres AS: Tanpa Jabat Tangan, Begini Penampilan Trump-Biden dalam Debat Pertama

Debat Pilpres AS: Tanpa Jabat Tangan, Begini Penampilan Trump-Biden dalam Debat Pertama

Kandidat Partai Republik Donald Trump, berbicara saat menghadiri debat presiden dengan kandidat Demokrat Joe Biden, di Atlanta, Georgia, AS, 27 Juni 2024. REUTERS

WASHINGTON - Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden dan rivalnya dari Partai Republik Donald Trump tampil di panggung pada Kamis malam untuk debat yang menawarkan para pemilih pandangan. Inilah pertemuan langka mengenai dua kandidat tertua yang pernah mencalonkan diri sebagai presiden AS.

Berikut adalah beberapa kesimpulan utama:

KERAS
Pemirsa tidak banyak mengetahui hal baru tentang posisi kedua kandidat dalam isu-isu utama, namun bisa dibilang bukan itu alasan banyak orang yang menontonnya.

Pertanyaan utama dalam perdebatan ini adalah bagaimana kedua pria tersebut, yang keduanya menghadapi pertanyaan tentang kelayakan mereka untuk pekerjaan tersebut, akan menangani diri mereka sendiri di atas panggung.

Keputusan awal ini lebih disukai Trump, 78 tahun, yang tampil kuat dan energik jika dibandingkan dengan Biden, 81 tahun, yang berbicara dengan suara serak dan terbata-bata, dan terkadang memberikan jawaban yang berliku-liku atau terdiam saat menjawab beberapa pertanyaan.

Gedung Putih mengatakan presiden menderita flu, tetapi hal itu terjadi setelah Biden tampil dengan gelisah di menit-menit pembukaan debat.
Trump sebagian besar menahan diri untuk tidak berbicara mengenai Biden, menunjukkan sikap menahan diri yang tidak ia lakukan selama debat pertama para kandidat pada tahun 2020.

Sementara itu, Biden kemudian menemukan pijakan yang lebih baik ketika ia mulai mempertahankan rekam jejaknya dan menghancurkan karakter Trump. Namun gambar-gambar yang dilihat dan didengar jutaan pemirsa, terutama pada menit-menit pembukaan debat, kemungkinan besar akan menjadi sasaran iklan serangan Partai Republik untuk memicu narasi bahwa Biden sudah terlalu tua untuk menjabat.

Ketika perdebatan berlangsung, Biden tampak lebih menguasai fakta, dalam menghadapi serangkaian kebohongan dari Trump, namun hal itu mungkin tidak cukup untuk mengatasi kekhawatiran di kalangan Partai Demokrat atas penyampaiannya yang tidak stabil.

Menjelang perdebatan, tekanan terhadap Biden adalah untuk menyangkal klaim Partai Republik bahwa ia terpeleset karena usianya. Tim kampanyenya sekarang harus mencari cara untuk pulih di tengah seruan di antara beberapa anggota Partai Demokrat agar Biden diganti sebagai calon dari partai tersebut untuk pemilu 5 November.

DARAH YANG BURUK
Permusuhan di antara para kandidat sering kali terungkap ketika kedua pria tersebut menjadi pribadi. Masing-masing menyatakan yang lain adalah penjahat.

“Satu-satunya orang di panggung ini yang merupakan terpidana penjahat adalah pria yang saya cari saat ini,” kata Biden lalu menuduh Trump berhubungan seks dengan bintang porno Stormy Daniels.
“Anda mempunyai moral seperti kucing jalanan,” kata Biden.

Pertengkaran buruk terlihat sejak awal ketika mereka menghindari jabat tangan tradisional dan tidak mengakui satu sama lain ketika mereka berjalan ke atas panggung. Biden sering menyebut Trump sebagai “orang ini” dan terkekeh mendengar beberapa pernyataan lawannya yang lebih hiperbolik.

Menjelang akhir debat, Biden meragukan tinggi dan berat badan Trump yang sebenarnya, dan menyatakan lawannya berbohong tentang keduanya. Sementara itu Trump membanggakan kesehatan kognitif dan fisiknya dan mencatat bahwa dia telah memenangkan dua kejuaraan di klub golfnya.

Sebaliknya, katanya, Biden "tidak bisa memukul bola sejauh 50 yard."
Biden langsung menantang Trump untuk bermain golf, tetapi hanya jika Trump mau membawa tasnya sendiri.
“Jangan bertingkah seperti anak-anak,” jawab Trump.

SPARRING DALAM PEREKONOMIAN
Kedua kandidat berusaha mempertahankan kinerja mereka dalam isu utama perebutan suara: ekonomi.

Ini adalah masalah yang rumit bagi Biden sebagai petahana yang memimpin perekonomian pada saat para pemilih marah atas harga pangan dan bahan bakar yang lebih tinggi.

Pendekatan Biden adalah menyalahkan Trump. Mantan presiden, katanya, meninggalkan perekonomiannya yang "buruk". Dia mengatakan dia berupaya menurunkan inflasi.

Trump menjawab bahwa inflasi "benar-benar membunuh kita" dan menuduh Biden tidak melakukan apa pun.

Saat ini, para pemilih tampaknya lebih setuju dengan Trump dibandingkan Biden, dan jajak pendapat menunjukkan mereka mendukung cara Trump dalam menangani perekonomian. Para pemilih terdaftar di AS mendukung Trump dalam isu ini dengan perbandingan 43% berbanding 37%, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos bulan ini.

Tantangan Biden pada hari Kamis adalah untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa pemerintahannya adalah pihak yang membawa negara ini keluar dari lubang yang disebabkan oleh pandemi ini.
"Tidak ada inflasi ketika saya menjadi presiden. Anda tahu kenapa? Perekonomian sedang lesu," kata Biden.

KEHILANGAN PIKIRANNYA
Biden tampak kehilangan akal ketika menjawab pertanyaan tentang utang negara.
Suaranya melemah beberapa kali, Biden mula-mula menyebut "miliarder" sebagai "triliuner" sebelum mengoreksi dirinya sendiri.

Kemudian, ketika berargumen bahwa orang kaya harus membayar pajak lebih banyak, dia sepertinya tidak dapat menyelesaikan hukumannya, berhenti sejenak dengan canggung, sebelum mengakhiri kalimatnya. berpikir dengan cara yang terdengar tidak masuk akal.

Reformasi perpajakan akan menghasilkan uang untuk membantu "memperkuat sistem layanan kesehatan kita, memastikan bahwa kita mampu membuat setiap orang memenuhi syarat untuk melakukan apa yang dapat saya lakukan dengan, dengan COVID, maafkan saya, dengan menangani semua yang kita punya hubungannya dengan itu," kata Biden sebelum berhenti.

“Kami akhirnya mengalahkan Medicare,” kata Biden, kemungkinan mengacu pada COVID-19.

Trump menerkam.
"Dia benar. Dia memang mengalahkan Medicare. Dia memukulinya sampai mati."

PEMILIH KULIT HITAM
Pandangan pemilih kulit hitam – baik kegembiraan, kekecewaan, atau sikap apatis – dapat membantu menentukan pemilu.

Mereka telah memberikan suara terbanyak untuk Partai Demokrat di masa lalu, namun kedua kandidat menggunakan debat yang diadakan di Atlanta, sebuah kota yang mayoritas penduduknya berkulit hitam di negara bagian Georgia, untuk menyampaikan pendapat mereka.

"Saya tidak menyalahkan (pemilih kulit hitam)," kata Biden, "karena kecewa. Inflasi masih sangat merugikan mereka." Namun dia mengatakan dia mendorong kredit pajak pembeli rumah pertama kali dan pengampunan pinjaman mahasiswa yang dapat meringankan biaya hidup mereka.

Trump menyerang Biden dan mengatakan dia mendapatkan dukungan dari warga Afrika-Amerika yang terdampak oleh inflasi.
“Dia kehilangan sebagian besar populasi kulit hitam karena dia telah melakukan pekerjaan yang buruk bagi keluarga kulit hitam,” kata Trump.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Debat Capres Biden Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :