Senin, 01/07/2024 16:16 WIB

Strategi Putri Dakka Bangun Palopo: Sasar Program Pertanian hingga Perikanan

Putri Dakka juga memiliki tekad kuat untuk memajukan perekonomian di kota Palopo dan Luwu. Ia menilai, ekonomi kedua daerah ini akan menggeliat seiring dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Putri Dakka menyapa warga saat menggelar kegiatan sosial di Palopo. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Putri Dakka (37), seorang pengusaha muda asal Tana Luwu dan Palopo, Sulawesi Selatan, punya mimpi membangun daerahnya. Perempuan bernama lengkap Putriana Hamka Dakka itu memulai kariernya dari seorang karyawan asuransi di tahun 2013, hingga memberanikan diri mendirikan usaha.

Tak hanya dikenal sukses, Putri juga sudah sangat familiar di telinga masyarakat karena gerakan-gerakannya di bidang sosial. Dia dikenal karena totalitas menampung keinginan dan masalah yang dihadapi masyarakat. Bantuan yang diberikan bahkan merambah hingga ke luar Palopo.

Istri dari Hendra Nganro itu, juga punya komunitas yang bergerak di sosial kemanusiaan. Di tengah kesibukannya sebagai pengusaha, Putri Dakka tetap memiliki mimpi membangun daerahnya.

Putri Dakka juga memiliki tekad kuat untuk memajukan perekonomian di kota Palopo dan Luwu. Ia menilai, ekonomi kedua daerah ini akan menggeliat seiring dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dimana IKN akan memberikan potensi yang besar bagi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan yang ada di tana Luwu.

“Kehadiran IKN di Kalimantan Timur, tentunya sangat kita syukuri khususnya kami yang berada di tana Luwu. Keberadaan ibu kota negara baru yang akan ditempati di bulan Juli tahun ini tentu kedepannya akan berdampak secara ekonomi bagi kota Palopo," ucapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (29/6).

Putri Dakka ingin merancang kota niaga dan jasa ini (Palopo) sebagai episentrum pengiriman hasil bumi ataupun dari sektor perikanan ke IKN. Produksi disektor perikanan disebut mencapai 18.254,40 ton, sedangkan perikanan budidaya capai 174.750,87 ton.

Di samping itu, ia melihat Kota Palopo juga bisa ditata menjadi kawasan industri untuk pengepakan hasil pertanian, perkebunan dan perikanan sebelum dikirim ke IKN.

"Yakin dengan demikian akan ada pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja tentunya,” ujarnya.

Ke depan posisi kota Palopo sangat strategis. Kedudukan kota Palopo secara geografis sangat diuntungkan karena berada di selat Makassar. Tidak hanya kabupaten yang ada di Luwu, Provinsi tetangga seperti Sulawesi Barat, Tengah dan Tenggara akan menjadi pintu keluar menuju IKN untuk mengirim hasil buminya dan atau untuk kegiatan ekspor dari hasil tambang.

Selebihnya, lanjut dia, menyiapkan infrastruktur dengan dermaga layaknya pelabuhan Makassar New Port. "Kita tempatkan pelabuhan besar tempat bersandarnya kapal bertonase besar berada sebagai pintu keluarnya untuk mengangkut hasil bumi di tana luwu sebelum di kirim ke IKN," ulasnya.

"Ibaratnya kita jadi Jabodetabeknya, hasil bumi kita sangat besar di Luwu Raya akan menjadi penyumbang kebutuhan konsumsi makanan bagi penduduk di IKN, kira kira seperti itu padangan saya melihat potensi 5 tahun kedepannya,” tambahnya.

Kehadiran dermaga besar tersebut kata dia akan berdampak pada pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Putri Dakka juga mengungkapkan, perekonomian Kota Palopo tahun 2023 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPN) Kota Palopo mengalami kenaikan. Perekonomian Palopo tahun 2023 tumbuh sebesar 4,34 persen dari 2022.

“Kita juga tentu akan fokus pada peningkatan indeks manusia melalui program peningkatan gizi anak dengan asupan nutrisi selama masa pertumbuhan jika dipercaya masyarakat memimpin Palopo,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Pemenangan Pilkada Nasional PDI Perjuangan Mustar Bonaventura mengataka,n memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik bangsa menjadi pemimpin daerah.

"Sebagai partai politik, PDI Perjuangan memberi kesempatan bagi seluruh putra-putri terbaik untuk mendaftarkan dirinya menjadi pemimin daerah," kata Mustar.

PDIP, lanjut dia, terbuka bekerja sama dengan pihak manapun dalam membangun daerahnya. Terlebih figur tersebut terbukti sudah punya kepedulian dan kecepatan mengurus masyarakat.

"PDIP membuka diri untuk putra-putri terbaik memberikan kontribusinya untuk membangun daerah. PDI Perjuangan pasti terbuka,mau dia Anak Petani, mau dia anak pedagang, mau dia anak buruh dan lain lain selama komitmen dan keberpihakan nya untuk masyarakat kecil pasti kita terbuka," pungkasnya.

 

KEYWORD :

Palopo Putri Dakka Pilkada 2024 pertanian perikanan PDIP Mustar Bonaventura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :