Selasa, 02/07/2024 06:46 WIB

A Quiet Place: Day One, Sisi Kemanusiaan Lupita Nyong`o dan Joseph Quinn Vs Alien

A Quiet Place: Day One, Sisi Kemanusiaan Lupita Nyong`o dan Joseph Quinn Vs Alien

A Quiet Place: Day One yang dibintangi Lupita Nyong`o dan Joseph Quinn. (FOTO: PARAMOUNT PICTURES)

JAKARTA - Siapa yang akan tahu bahwa pengumuman John Krasinski ke dunia bahwa ia dapat melakukan lebih dari sekadar menyeringai ke kamera dan merindukan rekan kerjanya akan memunculkan salah satu waralaba horor terpanas abad ini ?

A Quiet Place tahun 2018 adalah film makhluk yang menggembirakan, drama keluarga yang menarik, dan kendaraan bintang bagi John Krasinski dan lawan mainnya yang sama-sama hebat (dan istrinya) Emily Blunt.

Itu cukup baik di box office untuk menjamin sekuel, dengan John Krasinski kembali ke kursi sutradara.

A Quiet Place Bagian II akhirnya menjadi salah satu film box office pertama yang sukses di dunia pasca-COVID dan melakukan pekerjaan yang hebat dalam memperluas pengetahuan tentang alam semesta apokaliptik yang dipenuhi alien ini.

Nah, itu semua hebat, tetapi Anda tidak akan disalahkan jika Anda memutar mata saat mendengar mereka membuat prekuel untuk dua film pertama, tanpa karakter yang kita dukung.

Dan yang terburuk dari semuanya… ada titik dua di judulnya!

A Quiet Place: Day One membenarkan keberadaannya sebagai film aksi yang menyentuh dan digerakkan oleh karakter. Film ini membuka cakupan alam semesta, melihat alien yang memiliki pendengaran yang hebat menguasai Kota New York.

Kali ini, kita tidak memiliki pengalaman dan teknik John Krasinski dan Co untuk menghindari monster.

Bagaimanapun, ini hari pertama, dan dunia baru saja berkenalan dengan makhluk luar angkasa yang mematikan ini.

Dipimpin oleh penampilan yang brilian di sekelilingnya dengan cerita yang sederhana namun efektif, A Quiet Place: Day One mungkin bukan film alien yang paling mengerikan, tetapi film ini menonjol dari pendahulunya sambil tetap setia pada mengapa begitu banyak orang menyukai waralaba ini.

Tentang Apa `A Quiet Place: Day One`?

Film ini mengikuti Sam (Lupita Nyong`o), seorang penyair sinis dan lelah yang menderita kanker stadium akhir.

Dia menghabiskan hari-harinya dengan menulis puisi sederhana tentang betapa buruknya kehidupan dan membacakannya kepada kelompok pendukung di rumah sakitnya.

Dua temannya hanyalah Reueben (Alex Wolff), seorang perawat yang setia dan suportif, dan kucingnya, Frodo.

Kelompok tersebut dibawa ke Manhattan untuk pertunjukan boneka, dan Sam dijanjikan mereka bisa makan pizza sesudahnya.

Saat mereka buru-buru naik kembali ke bus di tengah-tengah pertunjukan di tengah laporan tentang sebuah insiden di kota, teman-teman kami yang memiliki pendengaran canggih membuat diri mereka dikenal.

Dari sini, terjadi kekacauan tanpa henti saat alien menyerang salah satu kota tersibuk di dunia – dengan segala kebisingan yang menyertainya.

Ceritanya tidak begitu banyak tentang bertahan hidup tetapi memanfaatkan waktu berharga yang tersisa.

Sam bersikeras untuk pergi ke Harlem untuk pergi ke restoran pizza yang memiliki banyak arti baginya dari masa kecilnya.

Sepanjang jalan, dia bertemu Eric (Joseph Quinn), seorang mahasiswa hukum yang merasa benar-benar sendirian di New York City karena keluarganya kembali ke Inggris.

Tanpa tujuan dan tidak ada orang yang bisa dituju, dia menempel pada Sam (dan Frodo) dan membantunya dalam pencariannya untuk menemukan jalan pulang sebelum terlambat.

Sepanjang jalan, mereka harus bersaing dengan alien ganas, kucing liar, penyakit Sam, dan alien yang lebih ganas.

A Quiet Place: Day One Lebih Banyak Tentang Karakter daripada Aksi

Anda mungkin berpikir bahwa, di permukaan, A Quiet Place: Day One hanya mengulang hal lama, tetapi film ini bermaksud melakukan sesuatu yang berbeda dari dua film pertama.

A Quiet Place tahun 2018, ya, adalah film horor tentang makhluk, tetapi sebagian besar adalah drama keluarga.

Film ini menyentuh tentang tanggung jawab, rasa bersalah (terutama para penyintas), dan pengorbanan. Evelyn dan Lee membuat keputusan untuk membawa anak-anak ke dunia sehingga mereka harus mempertaruhkan nyawa mereka setiap detik setiap hari untuk menjaga anak-anak mereka tetap aman.

Film kedua membuka pertikaian keluarga tersebut ke seluruh dunia, saat orang-orang bersatu untuk mencoba dan mungkin menyelamatkannya.

A Quiet Place: Day One hanyalah kisah seorang wanita yang mencoba menemukan jalan kembali ke salah satu tempat favoritnya sebelum terlambat.

Sejak awal, jelas bahwa Sam telah kehilangan minat untuk hidup, pikirannya menyerah pada penyakitnya sebelum tubuhnya.

Sebelum invasi alien, dia tidak menghargai siapa pun atau apa pun di sekitarnya. Itu semua berubah saat alien menyentuh tanah.

Film ini merupakan sentuhan baru yang menyegarkan pada film survival dan memungkinkan Sam menjadi jauh lebih menarik daripada monster mana pun.

Alih-alih berjuang untuk melindungi keluarga atau anak-anaknya, Sam berjuang untuk dirinya sendiri dan haknya untuk menjalani hari-hari terakhirnya di Bumi sesuai keinginannya.

Meskipun Sam yang diperankan Lupita Nyong`o adalah protagonis yang hebat, film ini benar-benar menarik pada pengenalan Eric yang diperankan Joseph Quinn.

Hal ini terutama karena ada perubahan baru dalam dinamika mereka. Sam adalah pahlawan yang tenang, kalem, dan bijaksana yang tahu persis apa yang harus dilakukan di setiap detik.

Eric hampir tidak bisa menendang pintu dan membutuhkan kepastian terus-menerus dari Sam bahwa mereka akan baik-baik saja.

A Quiet Place: Day One menjadi lebih seperti studi karakter daripada film alien murni, dan karena karakternya sangat memikat (serta dimainkan dengan sempurna), Anda tidak benar-benar keberatan bahwa trailernya membuat Anda berpikir ini adalah "Alien takes Manhattan" padahal sebenarnya ini lebih merupakan drama manusia yang kompleks.

Dalam hal ketakutan dan ketegangan yang sebenarnya, A Quiet Place: Day One berada di urutan terakhir dalam waralaba ini.

Mungkin film pertama memiliki keuntungan karena bermain-main dengan ide baru, tetapi keseluruhan kiasan "jangan bersuara" menjadi sedikit basi.

Meskipun ada rasa urgensi yang nyata dari penampilan para pemainnya (terutama Quinn yang tampak lebih ketakutan daripada pria mana pun dalam film), kengerian yang menghancurkan saat melihat Beau Abbott kecil benar-benar hancur tidak ada di sini.

Prospek yang menarik dari A Quiet Place yang dibawa ke lampu terang Big Apple adalah untuk melihat serangan alien dalam skala yang jauh lebih besar.

Namun film ini tidak memanfaatkan latarnya sebaik-baiknya. Ketika New York dihancurkan oleh Godzilla, dibekukan dalam The Day After Tomorrow, dan kepalanya dipenggal dalam Cloverfield, standar monster yang menyerang NYC setinggi gedung pencakar langit.

A Quiet Place: Day One dapat berlatar di kota besar AS mana pun dan mungkin akan terlihat sama. Itu tetap merupakan waktu yang menghibur, tetapi monster lain (dan cuaca) telah melakukannya dengan lebih baik.

Joseph Quinn dan Lupita Nyong`o Tampil Luar Biasa

Tanpa diragukan lagi, aset terbesar film ini adalah para pemainnya. Lupita Nyong`o berhasil tidak pernah tersesat dalam kekacauan di sekitarnya, selalu mengingatkan penonton bahwa ini adalah kisah Sam — bukan dunia, bukan alien, tetapi kisahnya.

Dia mampu memadukan kelelahannya yang keras dengan semangat sejati atas apa yang tersisa dalam hidup untuknya, membuat pencariannya untuk memenuhi satu mimpi terakhirnya sama menegangkannya dengan kiamat.

Joseph Quinn mencuri hati internet dua tahun lalu dan kerentanan lembut yang membuat Eddie Munson menjadi sensasi dalam semalam ditampilkan sepenuhnya di sini.

Jarang melihat pemeran utama pria dalam film laga menunjukkan begitu banyak rasa takut dan kepekaan. Melalui Eric, kita melihat potret jujur tentang betapa rapuhnya jiwa manusia dan betapa kita membutuhkan koneksi di saat-saat horor yang tak terbayangkan.

Bersama-sama, Lupita Nyong`o dan Joseph Quinn adalah pasangan yang cocok di surga platonis, dan hubungan kekerabatan mereka yang tidak biasa itulah yang akhirnya membawa film ini ke akhir yang pahit manis.

Alex Wolff juga menghadirkan banyak karisma dan semangat dalam waktu layar terbatas yang dimilikinya, dengan Djimon Hounsou dalam kembalinya perannya yang lebih terbatas namun disambut baik dari Part II.

A Quiet Place: Day One memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan tentang kemanusiaan daripada yang Anda pikirkan di trailernya.

Seperti yang telah kita lihat manusia berjuang untuk bertahan hidup dalam situasi apa pun, A Quiet Place: Day One berhasil menonjol baik dalam subgenre maupun waralabanya dengan mengambil pendekatan berbeda terhadap manusia vs. monster.

Meskipun ini mungkin bukan film horor atau bahkan film aksi terbaik, karakterisasinya yang brilian, naskah yang sederhana namun efektif, dan penampilan yang luar biasa menjadikannya pesaing kuat dalam subgenre aksi/alien/bertahan hidup.(*)

KEYWORD :

Seputar Film Kabar Artis A Quiet Place: Day One Lupita Nyong`o




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :