Rabu, 03/07/2024 19:02 WIB

KPK Lelang Ruko Senilai Rp1,2 Miliar Hasil Rampasan

Syarat, penjaminan, dan informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman resmi KPK. 

Juru bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto memberikan keterangan.

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang barang rampasan negara berupa satu unit ruko milik mantan Wakil Rektor Universitas Indonesia, Tafsir Nurchamid.

Tafsir merupakan terdakwa kasus korupsi proses penganggaran, pengadaan barang dan jasa proyek instalasi infrastruktur teknologi informasi gedung Perpustakaan UI tahun 2010–2011.

Juru bicara KPK Tessa Mahardhika mengatakan ruko hasil rampasan itu berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat dengan nilai limit lelang Rp1,2 miliar.

"Lelang akan dilakukan melalui internet (open bidding) dengan perantaraan KPKNL Bogor pada 17 Juli 2024," ujar Tessa melalui keterangan tertulis, Senin 1 Juli 2024.

Dia menjelaskan syarat, penjaminan, dan informasi selengkapnya dapat diakses melalui laman resmi KPK

Syarat lelang dimaksud di antaranya calon peserta lelang mendaftarkan diri dan mengaktifkan akun pada portal.lelang.go.id.

Syarat dan ketentuan serta tata cara mengikuti lelang dapat dilihat pada menu "Tata Cara dan Prosedur" dan "Panduan Penggunaan" pada alamat website tersebut.

Calon peserta lelang diwajibkan untuk mengetahui dan menyetujui segala aspek legal dari objek yang dilelang sesuai apa adanya (kondisi "dijual apa adanya sebagaimana apa adanya, senyatanya tersebut").

Pemenang lelang harus melunasi harga pembelian dan biaya lelang sebesar 2 persen dari pokok lelang atau harga penawaran melalui Virtual Account pemenang lelang paling lambat lima hari kerja setelah pelaksanaan lelang.

Apabila tidak dipenuhi maka dinyatakan batal dan wanprestasi serta uang jaminan disetorkan ke kas negara sebagai penerimaan lain-lain.

Terpidana Tafsir Nurchamid adalah mantan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Administrasi Umum Universitas Indonesia (UI).

Tafsir dinyatakan bersalah merugikan keuangan negara dalam tindak pidana korupsi terkait proses penganggaran serta pengadaan barang dan jasa proyek instalasi infrastruktur teknologi informasi gedung Perpustakaan UI tahun 2010-2011.

KEYWORD :

KPK Barang Rampasan Lelang Korupsi Wakil Rektor UI Universitas Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :