Sabtu, 06/07/2024 16:00 WIB

Pilpres Iran: Jalili dari Garis Keras dan Pezeshkian yang Moderat Hadapi Apatisme Pemilih

Pilpres Iran: Jalili dari Garis Keras dan Pezeshkian yang Moderat Hadapi Apatisme Pemilih

Kandidat presiden Masoud Pezeshkian dan Saeed Jalili menghadiri debat pemilu di studio televisi di Teheran, Iran 1 Juli 2024. WANA via REUTERS

DUBAI - Kelompok anti-Barat dan moderat yang berharap menjadi presiden Iran berikutnya bisa kesulitan memobilisasi jutaan pendukungnya pada pemilu putaran kedua hari Jumat. Hal itu karena sikap apatis pemilih terhadap pemilu yang dikontrol ketat.

Lebih dari 60% pemilih abstain pada pemungutan suara tanggal 28 Juni untuk memilih pengganti Ebrahim Raisi setelah kematiannya dalam kecelakaan helikopter, sebuah angka partisipasi rendah dalam sejarah yang oleh para kritikus pemerintah dianggap sebagai mosi tidak percaya terhadap Republik Islam.

Pemungutan suara pada hari Jumat akan menjadi pertarungan yang ketat antara anggota parlemen Massoud Pezeshkian, satu-satunya kandidat moderat dari empat kandidat, dan mantan anggota Garda Revolusi Saeed Jalili.

Kedua kandidat berupaya melibatkan pemilih dengan menawarkan visi yang saling bersaing, di mana Jalili menawarkan kebijakan luar negeri dan dalam negeri yang agresif, sementara Pezeshkian menganjurkan lebih banyak kebebasan sosial dan politik. Keduanya berjanji untuk menghidupkan kembali perekonomian yang dilanda salah urus, korupsi negara, dan sanksi yang diterapkan kembali sejak 2018 atas program nuklir Iran.

Kelompok ulama membutuhkan partisipasi yang tinggi demi kredibilitasnya, terutama ketika mereka menghadapi ketegangan regional akibat perang antara Israel dan sekutu Iran, Hamas, di Gaza, dan meningkatnya tekanan Barat atas program nuklir mereka yang berkembang pesat.

Namun semakin banyak warga Iran yang abstain dalam pemilu dalam beberapa tahun terakhir. Rekor jumlah pemilih yang rendah sebelumnya adalah 41% dalam pemilihan parlemen pada bulan Maret, sementara Raisi menang pada tahun 2021 dengan jumlah pemilih sekitar 49%, di mana pihak berwenang mendiskualifikasi saingannya dari kelompok konservatif dan moderat.

“Pemungutan suara putaran kedua ini merupakan benturan visi: ideologi garis keras Jalili versus seruan Pezeshkian untuk melakukan moderasi dan perubahan,” kata Ali Vaez dari International Crisis Group.

“Selain menentang Jalili, Pezeshkian harus bersaing dengan sikap apatis pemilih dan mendapatkan setidaknya beberapa suara dari mayoritas diam yang kritis ini untuk memenangkan pemilu.”

Presiden berikutnya diperkirakan tidak akan melakukan perubahan besar dalam kebijakan program nuklir Iran atau dukungan terhadap kelompok milisi di Timur Tengah, karena Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengambil alih semua urusan penting negara.

Namun, presiden dapat mempengaruhi kebijakan dalam dan luar negeri Iran.

Mengingat Khamenei berusia 85 tahun, presiden berikutnya akan terlibat erat dalam pemilihan pemimpin tertinggi berikutnya. Orang dalam mengatakan Khamenei tertarik pada presiden yang setia dan patuh yang dapat menjamin kelancaran suksesi penggantinya.

Saingan mereka adalah orang-orang mapan yang setia pada pemerintahan teokratis Iran, namun para analis mengatakan kemenangan Jalili akan menandakan potensi kebijakan dalam dan luar negeri yang lebih antagonis.

Kemenangan Pezeshkian dalam pemilu mungkin akan mendorong kebijakan luar negeri yang pragmatis, meredakan ketegangan akibat negosiasi yang terhenti dengan negara-negara besar untuk menghidupkan kembali pakta nuklir, dan meningkatkan prospek liberalisasi sosial dan pluralisme politik.

Untuk merebut kemenangan dari saingan garis kerasnya, Pezeshkian juga perlu menarik suara dari pendukung ketua parlemen garis keras Mohammad Baqer Qalibaf, yang menempati posisi ketiga pada putaran pertama, sambil memobilisasi sebagian besar penduduk muda yang tidak menyukai pembatasan politik dan sosial untuk memilihnya lagi.

“Mengingat ekstremisme Jalili, saya pikir sangat mungkin pemilih konservatif moderat yang memberikan suara mereka untuk Qalibaf akan memilih Pezeshkian atau tetap di rumah pada Jumat depan,” kata analis grup Eurasia Gregory Brew.

Didukung oleh faksi reformis yang sebagian besar dikesampingkan di Iran dalam beberapa tahun terakhir, kampanye Pezeshkian sebagian besar terfokus pada “ketakutan akan hal yang lebih buruk”.
“Saya akan memilih kali ini… karena kepresidenan Jalili berarti lebih banyak pembatasan… Ini adalah memilih antara buruk dan lebih buruk,” kata Mehrshad, 34, seorang guru di Teheran.

Karena tidak ada niat untuk menghadapi tokoh keamanan yang kuat dan penguasa ulama, kata para analis, Pezeshkian diperkirakan tidak akan mendapat dukungan dari banyak warga Iran yang berpikiran reformis, yang sebagian besar tidak ikut pemilu selama empat tahun terakhir.

"Pezeshkian adalah bagian dari kemapanan. Dia akan mengikuti perintah Khamenei... Biarkan dunia tahu bahwa rakyat Iran tidak menginginkan Republik Islam, saya tidak akan memilih," kata mahasiswa Farzaneh di pusat kota Yazd.

Aktivis dan kelompok oposisi menyerukan boikot terhadap penyebaran tagar #ElectionCircus di platform media sosial X.

KEYWORD :

Pemilu Iran Jumlah Pemilih Rendah Legitimasi Ulama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :