Sabtu, 06/07/2024 09:35 WIB

Bawa Turki ke Perempat Final, Guler Setara Ronaldo dan Rooney

Kemenangan Turki menorehkan catatan apik untuk Guler. Bintang Real Madrid itu kini masuk dalam daftar elit bersama Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney

Arda Guler mencetak gol ke gawang Georgia (Foto: Goal)

Berlin, Jurnas.com - Bintang muda Turki, Arda Guler, menginspirasi kemenangan Turki atas Austria di babak 16 besar Euro 2024, sekaligus mengantarkan negaranya ke babak perempat final.

Tak hanya memanjangkan napas Turki bertahan di turnamen bergengsi di benua biru, kemenangan itu juga menorehkan catatan apik untuk Guler. Bintang Real Madrid itu kini masuk dalam daftar elit bersama Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney.

Dalam laga yang berlangsung Rabu (3/7) dini hari, pemain 19 tahun itu dua kali melepaskan umpan dari skema tendangan sudut, yang dua-duanya berhasil dituntaskan Merih Demiral menjadi gol. Sebelumnya, Guler juga mencatatkan gol ketika Turki melawan Georgia di fase penyisihan grup.

Dikutip dari Goal, umpan dan gol yang dicatatkan Guler membuatnya setara dengan Ronaldo dan Rooney, sebagai pemain muda yang mencetak gol dan assist di ajang Euro yang sama.

"Arda Guler merupakan remaja ketiga yang mencetak gol dan assist di turnamen Euro UEFA setelah Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo, yang mencatatkan prestasi itu pada Euro 2024," demikian statistik OptaJoe.

Diketahui, Ronaldo pertama kali bermain di Euro pada 2004 silam, ketika dia mencetak dua gol dan dua assist untuk Portugal pada usia 19 tahun. Rooney menyamai catatan ini pada turnamen yang sama dengan mencetak empat gol dan satu assist, saat Inggris lolos ke perempat final.

Pasca bergabung dengan Real Madrid dari Fenerbahce musim lalu, Guler menjadi salah satu sorotan di Eropa. Di bawah Carlo Ancelotti, pemain ini telah mencetak enam gol dalam 12 pertandingan.

KEYWORD :

Turki Arda Guler Cristiano Ronaldo Wayne Rooney




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :