Sabtu, 06/07/2024 11:56 WIB

Koeman Minta Belanda Jaga Ritme Jika Ingin Lolos Final

Ronald Koeman meminta anak asuhnya tetap tampil baik jika ingin lolos ke babak final dalam turnamen Euro 2024

Pemain Belanda melakukan selebrasi kemenangan di Euro 2024 (Foto: The Guardian)

Berlin, Jurnas.com - Pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman, meminta anak asuhnya tetap tampil baik jika ingin lolos ke babak final dalam turnamen Euro 2024. Hal ini disampaikan pasca menang meyakinkan 3-0 atas Rumania di babak 16 besar.

Tim Oranje masih terlalu tangguh untuk Rumania. Gol Cody Gakpo di babak pertama dan dua gol dari Donyell Malen cukup untuk mengamankan satu tiket ke perempat final. Di fase selanjutnya, Belanda akan ditantang Turki yang sukses menyingkirkan Austria.

"Hasil akhir selalu menjadi hal yang paling penting. Tetapi ini adalah levelnya. Jika kami turun (dari ini), kami tidak akan mencapai final," kata Koeman dikutip dari The Guardian pada Rabu (3/7).

"Bahkan hari ini awalnya sulit, tetapi akhirnya kami menemukan posisi kami dan mencetak gol hebat pertama melalui Gakpo. Satu hal yang krusial adalah butuh waktu lama untuk mencetak gol kedua," dia menambahkan.

Sebelumnya, Belanda di bawah asuhan Koeman sempat menghadapi kritik menyusul hasil negatif melawan Austria di fase grup pada 25 Juni lalu. Saat itu, Belanda kalah tipis 2-3 dari tim besutan Ralf Rangnick.

Belanda juga dibandingkan dengan penampilan di Euro 1988 ketika Koeman menjadi kapten timnas Oranje. Tapi, Koeman menganggap perbandingan itu tidak adil.

"Ini lebih sulit dari itu, sepak bola telah berubah. Ini soal fisik, Anda harus cepat, Anda harus teknis. Anda melihatnya di semua (pertandingan) terakhir. Inggris, Portugal, semuanya punya masalah sendiri untuk terus maju," ujar dia.

Jika berhasil menyingkirkan Turki di babak perempat final, Belanda akan menghadapi pemenang antara Portugal vs Prancis yang akan berlangsung pada akhir pekan ini.

KEYWORD :

Ronald Koeman Timnas Belanda Euro 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :


TERKINI