Senin, 08/07/2024 03:38 WIB

Serangan Kapal Drone Milik Houthi Tingkatkan Bahaya di Laut Merah

Serangan Kapal Drone Milik Houthi Tingkatkan Bahaya di Laut Merah

Pemandangan ledakan di kapal yang menurut Houthi merupakan serangan terhadap MV Tutor milik Yunani di Laut Merah, 12 Juni 2024. Handout via REUTERS

LONDON - Houthi Yaman mengirimkan perahu drone yang berisi bahan peledak ke Laut Merah ketika mereka mengintensifkan serangan terhadap kapal dagang yang memiliki sedikit pertahanan terhadap "pergeseran canggih" dalam taktik, kata sumber keamanan maritim.

Militan Houthi yang bersekutu dengan Iran pertama kali melancarkan serangan pesawat tak berawak dan rudal di jalur perdagangan pada bulan November dalam apa yang mereka katakan sebagai solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza. Dalam lebih dari 70 serangan, mereka telah menenggelamkan dua kapal, menyita kapal lain dan membunuh sedikitnya tiga pelaut.

Dalam beberapa pekan terakhir, setidaknya tiga kapal diserang oleh kendaraan permukaan tak berawak (USV) dan dalam satu insiden berkontribusi terhadap tenggelamnya kapal kargo Tutor. Tidak ada kegiatan seperti itu di bulan November.

“USV ini, yang dilengkapi dengan bahan peledak, mewakili perubahan canggih dalam taktik perang asimetris, memungkinkan Houthi untuk menyerang dengan tepat dan jarak jauh, sehingga meminimalkan paparan mereka terhadap serangan balik,” kata Dimitris Maniatis, CEO Manajer Risiko Maritim MARISKS.

Menurut sumber keamanan maritim dan analisis Reuters, setidaknya ada enam serangan defensif terhadap USV oleh kapal perang koalisi pimpinan AS sejak Februari.

TERINSPIRASI OLEH UKRAINA?
Pada tanggal 27 Juni dan 30 Juni, dua kapal terpisah menjadi sasaran taktik gerombolan Houthi, termasuk beberapa drone penyerang lintas laut, kata badan maritim, Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO).

“USV menyerang kapal-kapal di garis air, dan hal ini, dikombinasikan dengan ukuran hulu ledak yang besar, mempunyai potensi masuknya air secara signifikan dan masalah pengendalian kerusakan,” kata Munro Anderson, kepala operasi di risiko perang laut dan spesialis asuransi Vessel Protect, bagian dari Penjaminan Pena.

“Sangat mungkin bahwa mengingat kesuksesan publik yang didapat dari perangkat tersebut, ketika digunakan oleh pasukan Ukraina di Laut Hitam, Houthi berusaha menerapkan taktik tersebut untuk tujuan mereka sendiri.”

Juru bicara Houthi tidak menanggapi permintaan komentar.
Dalam taktik lain yang muncul, beberapa USV telah dicatat berpotensi memiliki boneka yang menyerupai bajak laut dalam taktik psikologis lain yang bertujuan untuk membingungkan pelaut, kata seorang pejabat di perusahaan keamanan maritim Yunani Diaplous.

“Dalam sebagian besar kasus, kami memahami bahwa Houthi menggunakan `pengintai` di laut, yang sering merekam serangan dari jarak kecil, dan pada sebagian besar (jika tidak semua) operasi mengarahkan USV dari jarak jauh ke sasaran,” tambah MARISKS Maniatis.

Sumber industri asuransi mengatakan bahwa premi risiko perang tambahan, yang dibayarkan ketika kapal berlayar melalui Laut Merah, tercatat sebesar 0,7% dari nilai sebuah kapal dalam beberapa hari terakhir dari sekitar 1% pada awal tahun ini, menambah tambahan ratusan ribu dolar. biaya dan ancaman terbaru dapat mendorong tingkat suku bunga lebih tinggi dalam beberapa minggu mendatang.

Tarif kapal Tiongkok – yang dianggap tidak memiliki hubungan dengan Israel atau AS yang menjadi target – tetap berada di kisaran 0,2% hingga 0,3%, sebaliknya, sumber menambahkan.

KEYWORD :

Laut Merah Houthi Yaman Perahu Drone




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :