Sabtu, 05/10/2024 17:02 WIB

Penyeberangan Rafah Ditutup, Saudi Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Koridor Yordania

Penyeberangan Rafah Ditutup, Saudi Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Koridor Yordania

Truk makanan komersial terlihat di dekat pos pemeriksaan dekat Hebron, di Tepi Barat yang diduduki Israel 28 Mei 2024. REUTERS

AMMAN - Badan kemanusiaan utama Arab Saudi mengatakan pada Kamis bahwa penutupan Rafah dan penyeberangan lainnya ke Gaza oleh Israel menghambat upaya bantuannya untuk mengirim makanan yang menyelamatkan nyawa, beberapa di antaranya terancam rusak.

“Kami memiliki ratusan truk yang kini menumpuk di Rafah karena penutupan Rafah dan koridor lainnya. Kami menghadapi pembatasan besar untuk menjangkau masyarakat Gaza,” kata Abdullah al Rabeeah, kepala Bantuan Kemanusiaan Raja Salman dan Pusat Bantuan (KSRelief).

Rabeeah, yang lembaganya telah memberikan bantuan lebih dari $6 miliar di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir, mengatakan bahwa makanan di ratusan truk yang menunggu untuk memasuki Gaza dan disimpan di gudang mungkin akan mendekati kadaluwarsa dengan penutupan penyeberangan sejak 7 Mei, ketika Israel meningkatkan bantuannya. itu menyinggung.

Makanan dan obat-obatan untuk warga Palestina di Gaza menumpuk di Mesir sementara pasokan sporadis kini dikirim melalui Yordania dan Tepi Barat ke penyeberangan Kerem Shalom di Gaza, kata para pejabat PBB.

Beberapa pejabat mengatakan sebanyak 2.500 truk sedang menunggu, dan gudang-gudang di Mesir hampir penuh.

“Kami khawatir bahan makanan akan kehilangan tanggal kadaluwarsanya karena koridor ditutup dan kami sedang memeriksa bahan makanan tersebut… Jadi ini menjadi beban besar bagi kami,” Rabeeah, yang juga merupakan penasihat istana kerajaan Saudi dan mantan menteri luar negeri. kesehatan, kepada Reuters.

Perang di Gaza dimulai ketika kelompok bersenjata Hamas menyerbu Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang kembali ke Gaza, menurut penghitungan Israel. Serangan Israel sebagai pembalasan telah menewaskan 38.000 orang, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Rabeeah menandatangani perjanjian dengan pejabat tinggi kesehatan dan bantuan Palestina di Amman untuk merawat beberapa pasien kanker Gaza di kerajaan tersebut. Dia mengatakan proyek bernilai jutaan dolar lainnya akan mendanai prostetik buatan untuk ribuan korban di Gaza yang kehilangan bagian tubuh mereka.

Rabeeah menyuarakan sentimen yang sama dari badan-badan PBB dan organisasi non-pemerintah bahwa Israel harus segera mencabut pembatasan dan menghentikan penggunaan bantuan makanan sebagai senjata perang.

“Semua koridor harus dibuka tanpa batasan apa pun untuk menyelamatkan nyawa anak-anak, perempuan, dan orang lanjut usia,” katanya.

COGAT, sebuah badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertugas mengoordinasikan pengiriman bantuan ke wilayah Palestina, mengatakan pihaknya meningkatkan upaya untuk meningkatkan bantuan ke Gaza.

Badan kemanusiaan pemerintah Saudi meluncurkan “jembatan udara dan laut” dari Riyadh ke Al Arish dan Rafah, telah menerbangkan lebih dari 54 pesawat sipil dan militer dan mengirim delapan kapal melalui operasi bantuan pelabuhan Jeddah dalam kemitraan dengan PBB, kata Rabeeah.

“Kebutuhannya jauh melebihi apa yang diterima masyarakat Gaza,” tambahnya, seraya mengatakan bahwa badan tersebut mempunyai rencana darurat untuk meningkatkan bantuan, termasuk perumahan sementara, setelah perang berakhir.

“Jika ada gencatan senjata dan gencatan senjata jangka panjang, Anda tidak bisa membiarkan orang tinggal di tenda,” kata Rabeeah, seraya menambahkan bahwa negaranya akan memainkan peran penting dalam rekonstruksi daerah kantong tersebut. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

KEYWORD :

Israel Palestina Bantuan Gaza Tertahan Perbatasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :