Sabtu, 05/10/2024 17:41 WIB

Balas Pembunuhan Israel terhadap Pemimpinnya, Hizbullah Luncurkan Rentetan Roket

Balas Pembunuhan Israel terhadap Pemimpinnya, Hizbullah Luncurkan Rentetan Roket

Roket yang diluncurkan dari Lebanon ke Israel melewati perbatasan dicegat, dekat perbatasan Israel dengan Lebanon, 3 Juli 2024. REUTERS

BEIRUT - Hizbullah Lebanon melancarkan serangan roket dan pesawat tak berawak besar-besaran ke Israel pada Kamis dan mengancam akan menyerang sasaran baru sebagai pembalasan atas pembunuhan seorang komandan tertinggi, dalam gelombang kekerasan terbaru dalam konflik yang terus memburuk melintasi perbatasan.

Dipicu oleh perang Gaza, konflik antara Hizbullah yang didukung Iran dan Israel secara bertahap meningkat selama berbulan-bulan, meningkatkan kekhawatiran akan perang skala penuh, yang kedua belah pihak telah mengindikasikan ingin mereka hindari dan para diplomat sedang berupaya untuk mencegahnya.

Ketika kekerasan terbaru terjadi di daerah-daerah di atau dekat perbatasan – sesuai dengan pola yang terjadi dalam sembilan bulan terakhir – suara ledakan sonik menggetarkan saraf untuk hari kedua berturut-turut di Beirut dan wilayah lain Lebanon.

Jet-jet Israel memecahkan penghalang suara di beberapa wilayah di negara itu, Kantor Berita Nasional Lebanon melaporkan.

Hizbullah mengatakan pihaknya meluncurkan lebih dari 200 roket dan segerombolan drone ke 10 lokasi militer Israel sebagai pembalasan atas pembunuhan Israel terhadap komandan Hizbullah Mohammed Nasser di selatan pada hari Rabu. Nasser adalah salah satu komandan Hizbullah paling senior yang dibunuh oleh Israel selama konflik tersebut.

Militer Israel mengatakan sekitar "200 proyektil dan lebih dari 20 sasaran udara mencurigakan diidentifikasi melintasi dari Lebanon ke wilayah Israel", beberapa di antaranya dicegat oleh pertahanan udara dan jet tempur Israel.

Layanan ambulans Israel mengatakan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Militer Israel mengatakan beberapa drone dan pecahan peluru pencegat memicu kebakaran.

Angkatan udara Israel “menyerang struktur militer Hizbullah” di wilayah Ramyeh dan Houla”, katanya, merujuk pada dua desa di Lebanon selatan.

Pejabat senior Hizbullah Hashem Safieddine, berbicara di sebuah acara di Beirut untuk memperingati Nasser, mengindikasikan kelompoknya akan memperluas sasarannya.

Amerika Serikat telah memimpin upaya diplomatik untuk meredakan ketegangan. Hizbullah mengatakan mereka tidak akan melakukan gencatan senjata selama Israel terus melanjutkan serangannya di Jalur Gaza.

Permusuhan telah menimbulkan banyak korban di kedua sisi perbatasan, memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka.

Amos Hochstein, pejabat senior AS yang berperan penting dalam diplomasi, membahas upaya Perancis dan Amerika untuk memulihkan ketenangan dalam pertemuan dengan para pejabat Perancis pada hari Rabu, kata seorang pejabat Gedung Putih.

“Prancis dan Amerika Serikat memiliki tujuan yang sama untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Garis Biru melalui cara-cara diplomatik, sehingga memungkinkan warga sipil Israel dan Lebanon untuk kembali ke rumah mereka dengan jaminan keselamatan dan keamanan jangka panjang,” kata pejabat itu, merujuk pada garis demarkasi. antara dua tetangga.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukan Israel menyerang Hizbullah “dengan sangat keras setiap hari” dan akan siap untuk mengambil tindakan apa pun yang diperlukan terhadap kelompok tersebut, meskipun pilihannya adalah mencapai kesepakatan yang dinegosiasikan.

Hizbullah juga meluncurkan roket ke Israel pada hari Rabu sebagai pembalasan atas pembunuhan Nasser.

Hizbullah mulai menembaki sasaran-sasaran Israel di sepanjang perbatasan dengan Lebanon setelah sekutunya di Palestina, Hams, melancarkan serangan terhadap Israel pada 7 Oktober, menyatakan dukungannya terhadap Palestina.

Serangan Israel di Lebanon telah menewaskan lebih dari 300 pejuang Hizbullah dan sekitar 90 warga sipil, menurut penghitungan Reuters. Israel mengatakan tembakan dari Lebanon telah menewaskan 18 tentara dan 10 warga sipil.

KEYWORD :

Israel Lebanon Rencana Konfrontasi Hizbullah Hamas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :