Minggu, 06/10/2024 08:47 WIB

House of the Dragon Musim 2, Rhaenyra dan Alicent Lawan Pengaruh Pria yang Inginkan Perang

House of the Dragon Musim 2, Rhaenyra dan Alicent Lawan Pengaruh Pria yang Inginkan Perang

House of the Dragon menampilkan para karakter wanita kuat yaitu Alicent dan Rhaenyra. (FOTO: HBO/MAX)

JAKARTA - Lebih dari apa pun yang muncul sebelumnya, episode ketiga House of the Dragon Musim 2, "The Burning Mill", memberi kita gambaran yang jelas tentang dua faksi yang saling bertarung memperebutkan kekuasaan dan dominasi.

Namun, kali ini, bukan The Greens dan The Blacks yang sedang kita bicarakan.

Sebaliknya, "The Burning Mill" berfokus pada persaingan aneh antara karakter pria dan wanitanya dalam hal apakah sudah waktunya untuk menggerakkan pasukan dalam perang dingin ini.

Di satu sisi, kita memiliki Alicent (Olivia Cooke), Rhaenyra ( Emma D`Arcy ), dan Rhaenys (Eve Best) yang melakukan segala daya mereka untuk menghentikan pertikaian antara kedua belah pihak House Targaryen agar tidak berkembang menjadi pertumpahan darah.

Di sisi lain, kita memiliki Ser Criston (Fabien Frankel), Aegon (Tom Glynn-Carney), Daemon (Matt Smith), dan hampir setiap orang di Seven Kingdoms yang siap membunuh dan mati dalam pertempuran.

Ketegangan ini menyebabkan banyak adegan dewan di mana para penasihat pria ingin mengasah pedang mereka sementara para wanita hanya ingin membicarakannya.

Dari pesan Alicent kepada Rhaenyra hingga pidato Rhaenys tentang siklus kekerasan, cukup jelas bahwa, setidaknya dalam konteks Westeros, jika para gadis kita bisa melakukannya dengan cara mereka sendiri, perang tidak akan terjadi di masa depan.

Ini bukan pergantian peristiwa yang aneh untuk House of the Dragon.

Selama musim sebelumnya dan beberapa episode pertama dari musim saat ini, acara tersebut telah memperjelas bahwa penjahat sebenarnya bukanlah Targaryen atau Hightower, tetapi patriarki itu sendiri.

Jika bukan karena cara masyarakat Westerosi terstruktur, mungkin perang untuk Tahta Besi bahkan tidak akan menjadi kemungkinan.

Bagaimanapun, klaim Rhaenyra atas takhta hanya dapat ditentang karena para penguasa Westeros tidak dapat menerima seorang wanita sebagai penguasa mereka.

Dengan mengingat hal ini, showrunners Ryan Condal dan Miguel Sapochnik melakukan upaya nyata untuk menggambarkan seksisme yang mengatur Seven Kingdoms sebagai hal yang merugikan tidak hanya bagi karakter wanita dalam serial tersebut, tetapi juga bagi semua orang di alam semesta mereka.

Dari poin-poin plot yang besar, seperti kematian Ratu Aemma (Siân Brooke) di awal Musim 1, hingga momen-momen yang tampak tidak berbahaya, seperti penghinaan Aemond (Ewan Mitchell) di tangan saudaranya di episode terakhir ini, maskulinitas beracun ditunjukkan untuk menyakiti kita semua.

Jadi, masuk akal jika acara ini lebih menyukai pendekatan di mana maskulinitas tersebut juga bertanggung jawab atas perang yang semakin tak terelakkan dengan setiap episode yang berlalu.

`House of the Dragon` Berakhir dengan Memperkuat Stereotip Gender

Namun, ada sesuatu tentang pendekatan ini yang tidak tepat. Dalam upayanya menciptakan narasi feminis, House of the Dragon akhirnya memperkuat beberapa stereotip gender yang cukup lama.

Dan, dengan melakukan itu, tidak ada ruang untuk nuansa bagi karakter perempuannya.

Pandangan utama acara ini tampaknya adalah bahwa wanita pada dasarnya adalah makhluk yang damai, sementara pria adalah orang-orang dengan pikiran yang keras.

Sekarang, memang ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang bagaimana anak laki-laki dibesarkan untuk mengabaikan perasaan mereka sendiri dan terlibat dalam perilaku kekerasan, sementara anak perempuan biasanya diajarkan untuk menyukai percakapan dan solusi tanpa kekerasan.

Namun, ada juga sesuatu yang sangat esensialis dalam menunjukkan wanita sebagai orang yang lebih diplomatis dan pria sebagai orang yang kejam tanpa membahas mengapa kepribadian mereka cenderung berkembang dengan cara yang berlawanan.

Dan House of the Dragon tidak memungkinkan diskusi yang lebih dalam, atau untuk nuansa ketika menyangkut bagaimana ia menggambarkan karakter pria dan wanitanya.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana hal ini muncul di "The Burning Mill", oke?

Episode dimulai dengan dua kelompok anak laki-laki dari House Bracken dan House Blackwood yang berdebat memperebutkan sebidang tanah.

Perdebatan itu segera berkembang menjadi pertempuran besar yang juga menjadi pertarungan pertama yang sebenarnya dalam Dance of Dragons, karena House Bracken dan Blackwood mendukung faksi Targaryen yang berbeda.

Dengan pertumpahan darah pertama, menjadi mustahil untuk menghindari fakta bahwa pertikaian antara Rhaenyra dan saudara tirinya Aegon pada akhirnya akan berkembang menjadi perang yang kejam.

Di sisi Green di medan perang, karakter seperti Ser Criston dan Aegon terus-menerus menunjukkan keinginan mereka untuk mengangkat senjata meskipun mereka belum siap untuk melakukannya.

Mewakili The Blacks, Daemon telah memutuskan untuk menindaklanjuti pembunuhan Pangeran Jaehaerys dengan pengambilalihan Harrenhal sendirian.

Saat ia menunggangi naganya dan berbaris menuju kastil hujan, dewan Rhaenyra yang hampir semuanya laki-laki mencoba meyakinkannya untuk membantai pasukan saudara tirinya sebelum mereka sempat menangkapnya.

Sekarang, tanpa satu adegan pun yang dikhususkan untuk menjelaskan alur pemikiran mereka, semua karakter wanita tampaknya berada di halaman yang sama mengenai perlunya untuk menjaga perang tetap terkendali.

Meskipun dia mengatakan bahwa dia menginginkan kepala Aemond untuk apa yang dia lakukan pada Lucerys (Elliot Grihault) tidak dua episode yang lalu, Rhaenyra sekarang lebih suka membicarakan hal-hal dengan Alicent daripada mengirim naganya ke medan perang.

Rhaenys, pada gilirannya, meskipun telah menerobos penobatan Aegon dengan naganya di akhir Musim 1, menyarankannya untuk mencari solusi yang lebih damai melalui pidato tentang siklus kekerasan yang tak berujung.

Di meja Greens, Alicent diabaikan saat dia mencoba menunjukkan kelemahan dalam (kurangnya) pemikiran strategis Ser Criston, dan Helaena (Phia Saban) menyatakan bahwa berduka atas putranya tidak akan ada gunanya baginya.

Satu-satunya wanita yang tampaknya siap untuk maju ke medan perang adalah Baela (Bethany Antonia), yang mengabaikan perintah bibinya dan menyerang anak buah Ser Criston begitu ia melihat mereka.

Dengan satu-satunya pengecualian yang menonjol ini, semua karakter wanita di House of the Dragon tampaknya telah menenggelamkan kesedihan, kemarahan, dan bahkan intrik politik mereka demi karakter yang lebih cinta damai.

`House of the Dragon` Memiliki Sejarah Feminisme Hitam dan Putih

Ini menciptakan pola yang agak hitam dan putih untuk karakter-karakter House of the Dragon: Anda adalah pria yang haus darah atau wanita yang diplomatis.

Sekali lagi, ini bisa dibaca sebagai teks progresif, teks yang menyoroti kebijaksanaan yang hadir dalam sudut pandang feminin yang sering diabaikan, tetapi House of the Dragon tidak berhasil menyajikannya dengan cara ini.

Terlepas dari satu adegan dengan Baela, tidak ada nuansa tentang bagaimana karakter berpikir dan berperilaku di dalam apa yang diharapkan dari gender mereka, yang menghasilkan semacam persepsi hitam-putih tentang cara kerja dunia.

Dan yang lebih buruk adalah bahwa ini bukan pertama kalinya House of the Dragon menyajikan cara pria dan wanita — khususnya wanita — ada di alam semestanya bukan sebagai spektrum, tetapi sebagai dikotomi.

Kembali ke tahun 2022, saat Musim 1 pertama kali dirilis, Miguel Sapochnik berbicara kepada Empire tentang karakterisasi Alicent dan Rhaenyra.

Membahas bagaimana mereka sama-sama terpengaruh, tetapi juga sangat berbeda oleh struktur patriarki yang mengelilingi mereka, showrunner tersebut mengingat percakapan dengan Condal di mana mereka berkata, "Bagaimana jika Alicent seperti "Women for Trump," dan Rhaenyra seperti punk rock?" Memang, persepsi kedua karakter ini banyak memengaruhi apa yang kita lihat di House of the Dragon Musim 1, di mana Rhaenyra digambarkan sebagai putri pemberontak yang sering tidak peduli dengan bahaya dan tuntutan jabatannya, sementara Alicent memainkan peran sebagai korban bisu dalam rencana ayahnya untuk mendekatkan keluarga Hightower ke kekuasaan alih-alih direkrut sebagai rekan kriminalnya yang sok tahu.

Dengan musim pertama acara yang hanya memiliki sedikit karakter wanita yang mendapatkan waktu layar yang layak untuk mereka, Alicent dan Rhaenyra, dengan kepribadian mereka yang sangat bertolak belakang dan kurang bernuansa, menjadi dua kotak tetap yang harus dimasuki wanita.

`House of the Dragon` Merampas Hak Agensi dari Karakter Wanitanya

Sudah cukup jelas, sekarang, bahwa House of the Dragon adalah pertunjukan dengan pesan.

Dan, Anda tahu, dengan cerita tentang ratu pertama kerajaan yang ditantang karena jenis kelaminnya, ini jauh dari hal yang buruk. Itu, pada kenyataannya, adalah suatu keharusan.

Namun, dengan menempatkan karakter wanitanya ke dalam kotak-kotak kecil seperti itu, para showrunners, lebih sering daripada tidak, gagal menyampaikan maksud mereka.

Pesannya keluar gagal, memperkuat dikotomi lama yang sebenarnya harus ditantang: wanita yang damai versus pria yang kejam, gadis pemberontak versus istri yang tunduk.

Dengan tidak mengizinkan para wanitanya untuk ada di ruang-ruang bernuansa di antara kedua ekstrem ini, House of the Dragon gagal dalam karakterisasi mereka.

Dan, untuk menambah penghinaan atas cedera, itu juga menghilangkan agensi mereka.

Ini bukan tuduhan kosong. Tanpa kebebasan untuk membuat keputusan yang benar-benar koheren dengan kepribadian mereka alih-alih dengan apa yang seharusnya mereka wakili, Rhaenyra, Alicent, Rhaenys, dan setiap karakter wanita lain dalam pertunjukan menjadi korban dalam perang pria. Ini seharusnya tidak terjadi.

Bagaimanapun, bahkan jika adegan terakhir "The Burning Mill" mengaitkan Tarian Naga dengan kesalahpahaman, dengan Rhaenyra mengungkapkan kepada Alicent bahwa Raja Aegon Viserys (Paddy Considine) yang dibicarakan bukanlah putranya, tetapi Aegon Sang Penakluk, itu sebenarnya adalah pertempuran yang tak terelakkan untuk kendali yang melibatkan tidak hanya satu, tetapi dua keluarga yang haus kekuasaan.

Rhaenyra, Alicent, dan Rhaenys seharusnya bisa menjadi jenderal dalam perang ini yang merupakan milik mereka seperti milik Daemon atau Aegon. Lalu, mengapa mereka direduksi menjadi diplomat yang dibungkam?

House of the Dragon saat ini sedang disiarkan di Max dan HBO dengan episode baru ditayangkan setiap hari Minggu. (*)

KEYWORD :

Seputar Film House of the Dragon Musim 2 feminis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :