Minggu, 06/10/2024 23:30 WIB

Barisan Tank Israel Kepung Jantung Gaza, Warga Sebut Serangan Terhebat sejak Oktober

Barisan Tank Israel Kepung Jantung Gaza, Warga Sebut Serangan Terhebat sejak Oktober

Asap mengepul saat serangan udara Israel, di tengah konflik Israel-Hamas, di Kota Gaza, 7 Juli 2024. REUTERS

KAIRO - Pasukan Israel menggempur Kota Gaza pada Senin pagi dan barisan tank maju ke jantung kota dari berbagai arah dalam apa yang menurut penduduk merupakan salah satu serangan terberat sejak 7 Oktober.

Layanan Darurat Sipil Gaza mengatakan mereka yakin puluhan orang tewas tetapi tim darurat tidak dapat menjangkau mereka karena serangan yang sedang berlangsung di Daraj dan Tuffah di timur dan Tel Al-Hawa, Sabra, dan Rimal di barat.

Tank-tank Israel sejauh ini ditempatkan di beberapa wilayah Tel Al-Hawa dan Sabra namun belum maju jauh ke tiga distrik lainnya, yang menurut penduduk telah dibom sepanjang malam hingga dini hari. Beberapa bangunan bertingkat telah hancur, tambah mereka.
Salah satu serangan tank Israel, kata warga, berasal dari arah timur, mendorong orang ke arah jalan barat dekat Mediterania.

“Musuh ada di belakang kita dan laut ada di depan kita, kemana kita akan pergi?” kata Abdel-Ghani, salah satu warga Kota Gaza, yang tidak menyebutkan nama lengkapnya.

“Tembakan tank dan rudal dari pesawat berjatuhan di jalan-jalan dan rumah-rumah seperti gunung berapi. Orang-orang berlarian ke segala arah dan tidak ada yang tahu ke mana harus pergi,” kata Abdel-Ghani kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah melancarkan operasi terhadap infrastruktur militan di Jalur Gaza, dan telah menghentikan tindakan lebih dari 30 pejuang yang menjadi ancaman bagi pasukan Israel.

Serangan baru Israel terjadi ketika Mesir, Qatar dan Amerika Serikat meningkatkan upaya untuk memediasi perjanjian gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas ketika perang Gaza memasuki bulan kesepuluh.

Penduduk Gaza mengatakan tank-tank tersebut bergerak maju dari setidaknya tiga arah dan mencapai jantung Kota Gaza, didukung oleh tembakan besar-besaran Israel dari udara dan darat. Hal ini memaksa ribuan orang keluar dari rumah mereka untuk mencari tempat berlindung yang lebih aman, yang bagi banyak orang tidak mungkin ditemukan, dan beberapa diantaranya tidur di pinggir jalan.

Petugas medis di Rumah Sakit Baptis Arab Al-Ahli di Kota Gaza harus mengevakuasi pasien ke Rumah Sakit Indonesia yang sudah penuh sesak dan kekurangan peralatan di Jalur Gaza utara, kata pejabat kesehatan Palestina.

Perang tersebut dipicu pada 7 Oktober ketika pejuang yang dipimpin oleh Hamas, yang menguasai Gaza, menyerang Israel selatan, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut data Israel.

Lebih dari 38.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan militer Israel, menurut pejabat kesehatan Gaza.

Harapan di kalangan warga Gaza akan jeda pertempuran kembali muncul setelah Hamas menerima bagian penting dari proposal gencatan senjata AS, yang mendorong seorang pejabat di tim perunding Israel mengatakan ada peluang nyata untuk mencapai kesepakatan.

Hamas telah membatalkan tuntutan agar Israel terlebih dahulu berkomitmen pada gencatan senjata permanen sebelum menandatangani perjanjian. Sebaliknya, kelompok militan tersebut mengatakan akan mengizinkan negosiasi untuk mencapai tujuan tersebut selama enam minggu fase pertama, kata sumber Hamas kepada Reuters pada hari Sabtu.

Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan kesepakatan itu tidak boleh menghalangi Israel untuk melanjutkan pertempuran sampai tujuan perangnya tercapai. Tujuan-tujuan tersebut didefinisikan pada awal perang sebagai penghancuran kemampuan militer dan pemerintahan Hamas, serta pengembalian sandera Israel.

Direktur Badan Intelijen Pusat AS William Burns akan bertemu dengan perdana menteri Qatar dan kepala intelijen Israel dan Mesir pada hari Rabu di Doha, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut dan meminta untuk tidak disebutkan namanya lebih lanjut.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Rafah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :