Jum'at, 18/10/2024 13:16 WIB

Berunjuk Rasa di Rumah Menteri dan Parlemen, Warga Israel Tuntut Gencatan Senjata

Berunjuk Rasa di Rumah Menteri dan Parlemen, Warga Israel Tuntut Gencatan Senjata

Seseorang bekerja untuk memadamkan api yang dinyalakan oleh pengunjuk rasa anti-pemerintah dekat Shoresh, Israel, 7 Juli 2024. REUTERS

JERUSALEM - Protes yang bertujuan menekan pemerintah Israel untuk mencapai kesepakatan penyanderaan dengan Hamas dimulai di seluruh negeri pada hari Minggu, dengan para demonstran memblokir jalan dan melakukan aksi demonstrasi di rumah menteri pemerintah.

Protes dimulai pada pukul 6:29 pagi (0329 GMT), bertepatan dengan serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, menurut media Israel.

Para pengunjuk rasa turun ke jalan, memblokir lalu lintas pada jam-jam sibuk di persimpangan-persimpangan utama di seluruh negeri. Mereka sempat membakar ban di jalan raya utama Tel Aviv-Yerusalem sebelum polisi membersihkan jalan tersebut.

Upaya untuk mencapai kesepakatan penyanderaan antara Israel dan Hamas di Gaza setelah sembilan bulan perang telah mendapatkan momentum dalam beberapa hari terakhir, dengan para pejabat menyatakan optimisme namun mengatakan kesenjangan masih ada di antara kedua pihak.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 38.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan yang dilancarkan sebagai tanggapan terhadap serangan Hamas di Israel selatan, yang menewaskan 1.200 orang dan lebih dari 250 orang disandera, menurut penghitungan Israel.

Kelompok-kelompok kecil yang membawa megafon dan spanduk juga melakukan protes di luar rumah sejumlah menteri dan anggota parlemen koalisi.

"Gagal total! Gagal total!" teriak sekelompok kecil orang di luar rumah menteri kabinet Ron Dermer, anggota lingkaran dalam Netanyahu.

Di Kibbutz Or Haner, dekat perbatasan dengan Gaza, pengunjuk rasa menggantungkan balon hitam untuk setiap orang yang tewas dalam serangan tersebut dan balon kuning untuk setiap sandera yang masih ditahan di Gaza.

Beberapa warga Israel tidak setuju dengan tujuan para pengunjuk rasa, dan menekan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk menolak kesepakatan dan terus berjuang sampai semua tujuan negara tercapai.

Di antara pengunjuk rasa adalah Ehab Al-Ghussein, wakil menteri tenaga kerja yang ditunjuk Hamas yang istri dan anak-anaknya dibunuh pada bulan Mei. Tampak juga tiga orang lainnya yang keluarganya tewas dalam serangan di sebuah sekolah yang dikelola gereja di bagian barat Kota Gaza yang menampung keluarga-keluarga, kata media Hamas dan Layanan Darurat Sipil.

Militer Israel mengatakan bahwa setelah mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan risiko warga sipil terluka di sana, mereka menyerang militan yang bersembunyi di sekolah dan fasilitas pembuatan senjata di dekatnya.

Di wilayah tengah dan utara Rafah, di perbatasan selatan Gaza dengan Mesir, tank-tank Israel memperdalam serangan mereka. Pejabat kesehatan di sana mengatakan mereka telah menemukan tiga jenazah warga Palestina yang tewas akibat tembakan Israel.
Militer Israel mengatakan pasukannya telah membunuh 30 pria bersenjata Palestina di Rafah dalam satu hari terakhir, dan salah satu tentaranya tewas dalam pertempuran.

Di Shejaia, pinggiran timur Kota Gaza, militer mengatakan pasukannya telah membunuh beberapa pria bersenjata dan menemukan senjata serta bahan peledak. Mereka menerbitkan video drone yang menunjukkan orang-orang bersenjata, beberapa di antaranya tampak terluka atau tewas, di sebuah rumah.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi video tersebut.
Konflik tersebut dipicu pada 7 Oktober ketika pejuang yang dipimpin oleh Hamas, yang menguasai Gaza, menyerang Israel selatan, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang, menurut data Israel.

Lebih dari 38.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan militer Israel, menurut pejabat kesehatan Gaza, dan wilayah pesisir tersebut sebagian besar telah menjadi puing-puing.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Netanyahu Diprotes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :