Senin, 07/10/2024 21:04 WIB

House of the Dragon Musim 2 Episode 4: Aegon, Aemond, dan Rhaenys Bertempur di Udara

House of the Dragon Musim 2 Episode 4: Aegon, Aemond, dan Rhaenys Bertempur di Udara
 

House of the Dragon Musim 2 Episode 4: Aegon, Aemond, dan Rhaenys Bertempur di Udara. (FOTO: HBO)

JAKARTA - Hampir sulit untuk membayangkan fakta bahwa kita sudah berada di titik tengah untuk musim kedua House of the Dragon, namun episode keempat, yang ditulis oleh Ryan Condal dan disutradarai Alan Taylor, tentu saja menaikkan taruhan dalam hal skala konflik antara mereka yang telah berjanji setia kepada Raja Aegon II (Tom Glynn-Carney) dan mereka yang tetap setia kepada Ratu Rhaenyra (Emma D`Arcy) — bahkan jika itu berarti yang terakhir kehilangan kepala mereka oleh pedang cepat dari Ser Criston Cole (Fabien Frankel) dalam prosesnya.

Episode minggu ini juga membuatnya lebih jelas bahwa, meskipun temperamen mereka relatif berlawanan, Aegon dan Rhaenyra berada dalam posisi yang sangat mirip dalam hal kekuatan mereka.

Di Dragonstone, cuti singkat Rhaenyra untuk menyelinap ke King`s Landing dan mengunjungi Alicent (Olivia Cooke) untuk upaya terakhir menuju perdamaian minggu lalu telah membuatnya berada pada pijakan yang lebih goyah dengan dewannya, dengan banyak penasihat percaya keengganannya untuk memasuki keributan perang menjadi tanda kelemahan.

Sementara itu, di Red Keep, Aegon juga merasa relatif tidak berdaya sebagai raja dalam hal kemampuannya untuk membuat keputusan yang akan didengarkan orang, dengan Alicent menyampaikan panggilan bangun besar di sepanjang garis tentang betapa sedikit anggota dewan yang menghormatinya sebagai seorang pemimpin.

Episode 4 menandai titik di mana para penguasa yang berseberangan ini membuat keputusan tegas untuk terlibat, satu pihak lebih impulsif daripada yang lain — tetapi, saat kedua pihak bertemu untuk bertempur di Rook`s Rest, tidak jelas apakah pihak Hitam atau Hijau yang akan lebih menderita sebagai akibat dari pukulan-pukulan telak yang dilancarkan.

The Greens Meluncurkan Serangan Tegas

Di King`s Landing, Alicent telah meminta minuman teh bulan dari Grand Maester Orwyle (Kurt Egyiawan) dengan ilusi bahwa ia membantu seorang wanita muda yang tidak disebutkan namanya mengakhiri kehamilan, atau setidaknya mencegahnya — tetapi apa yang tidak terucapkan, dan karenanya tidak dibahas di antara mereka, adalah bahwa teh bulan sebenarnya untuk Alicent sendiri.

Detail seperti itu mungkin luput dari perhatian Grand Maester, tetapi tidak diabaikan oleh Ser Larys Strong (Matthew Needham) beberapa waktu kemudian ketika Master of Whisperers yang baru mengunjungi ratu janda.

Larys tidak perlu mengatakan apa pun bagi Alicent untuk tahu bahwa ia telah meninggalkan bukti di tempat yang terlihat jelas, terutama karena ia menekan batu panas yang dibungkus kain ke perutnya (mungkin untuk kram) dan hampir tidak memiliki cukup kekuatan untuk duduk di kursi untuk percakapan mereka.

Rupanya, sejak pembicaraannya dengan Rhaenyra, Alicent telah meneliti buku-buku yang berhubungan dengan sejarah Valyria.

Mungkin dia mencari sesuatu yang bisa menjelaskan kata-kata terakhir Viserys (Paddy Considine) dengan lebih baik — atau, yang lebih tidak mungkin, semacam konfirmasi bahwa dia tidak salah dengar.

Pada akhirnya, seperti yang dia katakan kepada Larys, "Arti penting dari niat Viserys pun hilang bersamanya," yang tampaknya lebih tentang Alicent yang mencoba meyakinkan dirinya sendiri tentang fakta itu daripada orang lain.

Sementara itu, Criston Cole, ditemani oleh saudara laki-laki Alicent, Gwayne (Freddie Fox) dan pasukan yang semakin setia pada tujuan mereka, telah memotong jalan melalui Crownlands, memaksa penghuni kastil yang dikepung untuk bersumpah setia kepada Aegon atau dibunuh dengan pedang.

Pesan burung gagak yang diterima setelah pengambilalihan terbaru membuat Gwayne agak membingungkan, terutama karena memberitahu Criston dan pasukannya untuk melakukan perjalanan ke arah yang berlawanan dari Harrenhal.

Siapa yang bertanggung jawab atas perintah berbaris baru ini? Itu menjadi jelas dengan sangat cepat selama pertemuan dewan kecil terbaru Aegon: Aemond (Ewan Mitchell) telah mengambil langkah-langkah untuk memberlakukan strategi pertempuran rahasia yang telah ia kerjakan dengan Criston, mengungkapkan bahwa rencana baru itu tidak melibatkan penargetan Harrenhal, tetapi sebagai gantinya kursi House Staunton di Rook`s Rest.

Tampaknya hadiah yang sangat sedikit, tetapi seperti yang Aemond katakan: hadiahnya kecil, pertahanannya lemah, dan jika diambil, Dragonstone akan terputus sepenuhnya dari daratan.

Ini adalah strategi masa perang yang masuk akal — tetapi membuat Aegon terguncang, terutama saat Aemond bergerak untuk menegurnya di depan seluruh dewan dalam pembalikan peran yang lengkap dari minggu lalu, merendahkan kejenakaan saudaranya (seperti menamai sekelompok teman-temannya sebagai Kingsguard ) sebelum menantangnya untuk membuat rencana yang lebih baik.

Aegon tersandung dan tergagap saat menjawab dalam bahasa High Valyrian yang rusak, tetapi tidak dapat memanggil apa pun lagi sebagai balasan.

Kemudian, ketika dia menemukan Alicent di tempat tinggalnya, mencari-cari sisa-sisa perpustakaan Viserys, percakapan mereka dengan cepat beralih ke Aegon yang melampiaskan tentang kurangnya rasa hormat yang telah ditunjukkan kepadanya sebagai raja.

Alicent tampaknya dengan jelas mengharapkan percakapan ini sampai pada tingkat tertentu, menunjukkan bahwa hanya mengenakan mahkota tidak akan memberi Aegon kebijaksanaan yang diperlukan.

Apa yang seharusnya dilakukan Aegon adalah diam, kurang lebih, dan belajar dari pikiran-pikiran yang lebih cerdas di sekitarnya; sebagai gantinya, tidak ada hal lain yang dibutuhkan darinya sama sekali.

Ini adalah percakapan yang akan memiliki efek berantai yang hebat untuk sisa episode ini, karena Aegon, yang tidak puas untuk tetap berada di pinggir lapangan kali ini, dengan gegabah memutuskan untuk maju ke medan perang sendiri.

The Blacks Menderita Pukulan Telak

Di Harrenhal, Daemon masih mengalami mimpi buruk, yang pertama minggu ini berpuncak pada kemunculan Rhaenyra (Milly Alcock) yang lebih muda duduk di Iron Throne, menyapanya dalam bahasa High Valyrian dan menuduhnya menciptakan sesuatu yang sekarang ingin dia hancurkan — Rhaenyra — sebelum Daemon memenggal kepalanya dengan pedangnya.

"Ini yang selalu kamu inginkan, bukan?" tantang Rhaenyra.

Mimpi lainnya memperlihatkan Daemon mengacungkan pedang dan mengejar seorang pria melalui aula kastil yang gelap, seseorang yang tampak mencurigakan seperti Aemond dari belakang, sampai dia berbalik dan memperlihatkan dirinya sebagai Daemon, mengenakan penutup mata.

Ketika mimpi itu menjadi kenyataan, Daemon berdiri, dengan pedang terhunus, di tempat yang tampak seperti semacam laboratorium alkemis, tempat wanita berambut hitam (Gayle Rankin) yang pernah dia lihat sebelumnya memperkenalkan dirinya kepadanya sebagai Alys Rivers.

Alys yang sangat ahli sihir memberikan Daemon kursus kilat tentang sejarah Harrenhal yang kurang dikenal, termasuk fakta bahwa tempat tidur yang dia gunakan untuk tidur dibuat dari pohon weirwood yang ditebang, tetapi dia juga cukup cerdik untuk menunjukkan perpisahannya dari Rhaenyra, dan juga kesenangan rahasia yang mungkin dia bawa atas warisannya yang dipertanyakan.

Meminum sesuatu yang Alys buat untuknya terasa seperti ide yang salah, namun itulah yang dilakukan Daemon.

Setelah itu, ia mulai membuang-buang waktu, ia tiba-tiba terdorong ke depan untuk bertemu dengan Blackwoods, dan berhalusinasi mendiang istrinya Laena (Nanna Blondell) sebagai pengganti seorang gadis pelayan Strong.

Sementara itu, situasinya tidak terlihat terlalu baik di Riverlands — pasukan Criston sekarang tiga kali lebih kuat dari sebelumnya, mengambil alih rumah-rumah dan meyakinkan semua orang di dalamnya untuk bersumpah setia kepada Aegon.

Rupanya, kabar tentang peran Blacks dalam kematian Jaeherys telah menyebar ke efek negatif, yang berarti bahwa lebih banyak yang berpaling dari Rhaenyra — dan menempatkan Daemon dalam posisi di mana ia mungkin dipaksa untuk bersekutu dengan siapa pun yang mungkin tersisa.

Kembali di Dragonstone, dewan kecil Rhaenyra telah bertemu saat dia tidak ada untuk membahas kemungkinan langkah selanjutnya, dengan pasukan Greens berbaris dengan sungguh-sungguh.

Para penasihat ratu mulai gelisah, merasa "tidak punya arah" saat dia tidak ada, dan Rhaenys (Eve Best) berusaha sekuat tenaga untuk meredakan kecemasan mereka yang meningkat, tetapi jelas tidak ada yang memiliki suara otoritas yang lebih baik daripada Corlys (Steve Toussaint) saat Ular Laut melangkah masuk ke ruangan.

Yang lebih jelas adalah bahwa semua orang menerima omelannya, menyerah pada Corlys untuk sementara waktu — setidaknya, sampai Rhaenyra akhirnya kembali, masih mengenakan penyamaran Septa-nya.

Pengakuannya bahwa dia bertemu dengan Alicent secara rahasia diterima dengan tidak percaya oleh Jace (Harry Collett), tetapi Rhaenyra bersikeras bahwa dia telah mempelajari semua yang perlu dia pelajari dan memahami bahwa hanya ada satu jalan ke depan dari sini dan seterusnya: " Entah aku memenangkan klaimku, atau mati."

Begitu jelas bahwa pasukan Criston sedang menuju Rook`s Rest, pertanyaannya adalah naga mana yang harus dikirim.

Rhaenyra menawarkan diri dan Syrax, tetapi kelangsungan hidupnya adalah yang terpenting pada tahap ini, untuk memberi pengikutnya seseorang untuk diperjuangkan.

Jace menyarankan dia dan Vermax pergi, tetapi dia masih muda dan memiliki lebih sedikit pengalaman bertarung.

Satu-satunya pilihan, Rhaenys bersikeras, adalah mengirimnya dan Meleys — Red Queen adalah naga terbesar di gudang senjata Blacks dan tidak asing dengan pertempuran.

Saat kedua belah pihak membuat persiapan, Rhaenyra membocorkan kebenaran ramalan Song of Ice and Fire kepada Jace, serta niat abadi Viserys untuk menjadikannya ahli warisnya.

Dia tidak bisa melibatkan naga hanya untuk mahkota; tujuannya pasti sesuatu yang jauh lebih besar dari itu.

Meleys dan Rhaenys turun ke Rook`s Rest dan, untuk sesaat, tampaknya memiliki keunggulan melawan pasukan Greens, tetapi lawan yang jauh lebih besar menunggu di dalam hutan: Vhagar.

Namun, Aemond tidak langsung maju untuk bertarung, terutama saat dia melihat Aegon, di atas naganya Sunfyre, buru-buru bergabung dalam pertarungan.

Kehadiran Aegon adalah hal terakhir yang diharapkan atau diinginkan oleh Criston atau Aemond, tetapi Hand of the King menggunakannya untuk memotivasi anak buahnya untuk maju.

Sementara itu, di atas, Meleys dan Sunfyre bertarung untuk pertama kalinya, dan Rhaenys jelas memiliki keuntungan dalam ukuran naganya, dengan Meleys mencakar dada Sunfyre dengan brutal yang membuat darah mengalir ke medan perang.

Namun, saat Vhagar mengangkat dirinya keluar dari barisan pepohonan dan ke langit, dia menjadi pemandangan yang cukup besar untuk membuat setiap orang di bawah terdiam dan cukup mengganggu bagi Rhaenys sehingga Sunfyre menggigit Meleys.

Namun dengan kedua naga yang saling terkait, itu berarti Aegon terjebak dalam baku tembak — secara harfiah — saat Aemond mengeluarkan "dracarys" yang definitif.

Ketidakpercayaan berubah menjadi kengerian di wajah Aegon beberapa detik sebelum dia dan Sunfyre dikorbankan oleh napas dari Vhagar, dengan naga dan penunggangnya jatuh tak berdaya ke tanah.

Saat Criston berkuda menuju asap yang mengepul, Rhaenys memanfaatkan kekacauan itu untuk terbang menjauh dari pertempuran — tetapi menyadari bahwa ini mungkin satu-satunya kesempatan mereka untuk mengalahkan aset terbesar Greens di Vhagar membuat Ratu yang Tak Pernah Ada itu berbalik dan meminta Meleys untuk menyerang lagi, dan mengikatkan dirinya di pelana.

Jika Rhaenys akan kalah, dia akan berusaha mengalahkan Vhagar dan Aemond bersamanya. Itu adalah pertarungan yang berdarah dan berapi-api, dengan kedua naga saling melukai, dan begitu asap awalnya menghilang, Rhaenys dan Meleys terbang lagi, babak belur dan memar tetapi masih hidup, melayang di atas lapangan untuk mencari tanda-tanda Vhagar yang masih hidup.

Jeda singkat yang mereka dapatkan terlalu bagus untuk menjadi kenyataan ketika naga yang lebih tua dan lebih besar menyerang dari balik Rook`s Rest, rahangnya yang kuat mencekik leher Meleys.

Rhaenys bertahan tak berdaya saat Vhagar meremas nyawa Meleys, sementara naga dan penunggangnya saling bertukar pandangan terakhir sebelum mereka berdua jatuh ke tanah, tubuh Meleys terbakar.

Mengenai Aegon dan Sunfyre, keduanya entah bagaimana selamat, tetapi nyaris selamat; kita tidak mendapatkan lebih dari sekadar sekilas melihat raja yang terluka, tetapi melihat ekspresi wajah Criston, Aegon kemungkinan tidak akan pernah sama lagi setelah ini.

Telah terjadi kekalahan sebelumnya, pertukaran berdarah dalam mengejar suksesi, tetapi Rook`s Rest adalah yang pertama dari jenisnya — bentrokan brutal yang menempatkan semua kehati-hatian Rhaenyra sebelumnya tentang penggunaan asetnya yang paling berbahaya ke dalam perspektif.

Sekarang setelah semua naga dilepaskan untuk berperang, tidak ada yang tahu seberapa merusak tarian ini sebelum akhirnya berakhir.

Episode baru House of the Dragon Musim 2 tayang perdana hari Minggu di HBO dan Max. (*)

KEYWORD :

Seputar Film House of the Dragon Musim 2 HBO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :