Jum'at, 26/07/2024 15:00 WIB

Rotasi di PWI Pusat, Ketua Umum Hendry Ch Bangun Tunjuk Iqbal Irsyad Sebagai Sekjen

PWI Pusat melakukan rotasi. Beberapa posisi tinggi mengalami perubahan. Siapa saja?

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bersama Sekjen Iqbal Irsyad. (Foto: Jurnas/Ist),

Jakarta, Jurnas.com- Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun melakukan rotasi atau mutase di tubuh organisasi. Pengumuman perubahan struktur pengurus pusat untuk masa bakti 2023-2028 ini terjadi setelah keputusan yang diambil dalam rapat pleno yang diperluas pada 27 Juni 2024 dan menetapkan beberapa perubahan posisi kunci di organisasi tersebut.

Posisi pejabat tinggi Sekretaris Jenderal (Sekjen) yang sebelumnya dijabat Sayid Iskandarsyah digantikan oleh Iqbal Irsyad yang sebelumnya menjabat Ketua Satgas Anti Hoax. Iqbal Irsyad juga diketahui saat ini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi (Pimred) VOI.id.

Selanjutnya, M. Nasir, yang sebelumnya memegang posisi Ketua Bidang Pendidikan, kini menjadi Bendahara Umum menggantikan Marthen Selamet. Sedangka Marthen Selamet kini menjabat sebagai Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan, menggantikan Sarwani. Sarwani sendiri berpindah posisi menjadi Wakil Bendahara Umum.

Selanjutnya di posisi Dewan Kehormatan (DK PWI), Tatang Suherman menggantikan Nurcholis sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan (DK). Mahmud Matangara menggantikan Uni Lubis sebagai Wakil Ketua DK. Selain itu, M. Noeh Hatumena, Hendro Basuki, dan Berman Nainggolan L Radja kini menjadi anggota Dewan Kehormatan.

Perubahan pengurus ini didasarkan pada beberapa dasar keputusan, yaitu Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI, Keputusan Kongres XXV PWI Nomor 8/K-XXV/PWI/2023 tentang Susunan dan Personalia Pengurus Pusat PWI masa bakti 2023-2028, serta Risalah Rapat Pleno Diperluas Pengurus Pusat PWI tanggal 27 Juni 2024.

Rapat Pleno Diperluas yang dihadiri oleh Ketua Umum PWI, Hendry Ch. Bangun, Sekretaris Jenderal, Sayid Iskandarsyah, Bendahara Umum, Marthen Selamet, serta beberapa anggota penting lainnya, menghasilkan keputusan penting terkait perubahan pengurus tersebut. Rapat yang diselenggarakan di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, ini juga mencakup pengesahan pengunduran diri beberapa pengurus pusat, termasuk Sayid Iskandarsyah dari posisi Sekjen.

Dengan adanya perubahan ini, Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch. Bangun, berharap dapat memperkuat organisasi dalam menghadapi tantangan dunia jurnalistik ke depan serta meningkatkan sinergi antar lembaga dan kerja sama dengan berbagai pihak. “Semoga pengurus baru bisa amanah dan menjalankan roda organisasi dengan baik. PWI ini organisasi besar. Semua harus menjaga marwah, nama baik PWI dan taat pada Kode Etik Jurnalistik,” kata Hendry Ch Bangun dalam keterangannya Selasa, 9 Juli.

KEYWORD :

Hendry Ch Bangun Iqbal Irsyad Rotasi PWI Pusat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :