Selasa, 17/09/2024 02:07 WIB

Biden Janji Terus Berjuang, Partai Demokrat di Kongres AS Bahas Langkah Selanjutnya

Biden Janji Terus Berjuang, Partai Demokrat di Kongres AS Bahas Langkah Selanjutnya

Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan dengan Dewan Penasihat Presiden bidang Sains dan Teknologi di San Francisco, California, AS, 27 September 2023. Foto: Reuters

WASHINGTON - Para anggota Kongres AS dari Partai Demokrat akan berkumpul secara tertutup pada Selasa di tengah meningkatnya kekhawatiran mengenai prospek mereka pada pemilu 5 November, setelah Presiden Joe Biden dengan tegas menolak seruan beberapa orang di partainya untuk mengakhiri masa kampanyenya.

Setengah lusin anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrat yang secara terbuka meminta petahana berusia 81 tahun itu untuk mundur dan mengizinkan orang lain untuk menghadapi Donald Trump dari Partai Republik. Beberapa orang lainnya telah menyuarakan kekhawatiran tentang peluang Biden setelah kinerja debat yang terhenti menimbulkan pertanyaan baru.

Orang mempertanyakan kemampuannya untuk melakukan kampanye yang sukses - dan untuk tetap melakukan pekerjaan yang melelahkan selama 4-1/2 tahun ke depan.

Keretakan yang semakin dalam di dalam partai telah membuat tim kampanye Biden kesulitan untuk membendung pembelotan lebih lanjut. Presiden mengatakan kepada MSNBC pada hari Senin melalui telepon bahwa dia “tidak akan kemana-mana,” sebuah pesan yang dia ulangi kepada para donor melalui telepon pribadi pada hari itu juga, menurut dua sumber dalam panggilan tersebut.

Biden melakukan beberapa kali pemberhentian kampanye pada hari Minggu di negara bagian Pennsylvania yang menjadi medan pertempuran. Wakil Presiden Kamala Harris, yang dipandang sebagai kandidat yang paling mungkin menggantikan Biden jika dia mundur, juga telah berkampanye untuk presiden tersebut.

Namun Perwakilan Partai Demokrat AS Joe Morelle mengatakan kepada wartawan bahwa konstituen di distriknya di negara bagian New York mengatakan kepadanya selama liburan tanggal 4 Juli bahwa mereka kehilangan kepercayaan pada Biden menyusul kinerja buruknya dalam debat tanggal 27 Juni melawan Trump.

"Mereka memerlukan lebih banyak bukti agar merasa aman karena mengetahui bahwa dia dapat terus melakukan tugasnya. Oleh karena itu, mengatakan kepada mereka bahwa hal itu tidak akan berhasil. Dia harus menunjukkannya," kata Morelle, yang menambahkan bahwa lebih banyak acara publik di mana Biden menjawab pertanyaan dari para pemilih dapat membantu meredakan kekhawatiran mereka.

Bahkan anggota parlemen senior yang mendukung Biden mengatakan dia perlu berbuat lebih banyak.

“Kita perlu melihat kandidat yang jauh lebih kuat dan energik dalam kampanye dalam waktu dekat,” kata Senator Demokrat Patty Murray, ketua Komite Alokasi Senat yang berkuasa, dalam sebuah pernyataan pada Senin malam, seraya menambahkan bahwa Biden “harus secara serius pertimbangkan cara terbaik untuk melestarikan warisannya yang luar biasa."

Biden telah berjanji untuk tetap menjadi kandidat presiden, dengan alasan bahwa Trump, 78 tahun, merupakan ancaman unik bagi demokrasi. Trump, yang mengulangi banyak kebohongan selama debat, telah secara salah mengklaim bahwa kekalahannya pada tahun 2020 adalah akibat penipuan dan belum berkomitmen untuk menerima hasil tahun ini.

Anggota parlemen dari Partai Demokrat, khususnya di DPR, juga khawatir bahwa perjuangan Biden dapat merusak peluang mereka untuk meraih mayoritas di majelis tersebut, yang dapat menjadi satu-satunya benteng Partai Demokrat melawan Trump jika ia menang. Partai Republik saat ini memegang mayoritas 220-213 di DPR.

Partai Demokrat menghadapi jalan yang jauh lebih sulit untuk melindungi mayoritas Senat mereka dengan perolehan suara 51-49, karena mereka mempertahankan banyak kursi di negara bagian yang condong ke Partai Republik.

Senator Demokrat Michael Bennet mengatakan dia ingin Partai Demokrat bersatu dalam menyusun strategi kampanye pada akhir minggu ini – terlepas dari apakah Biden tetap mencalonkan diri atau tidak.

“Apa yang saya harapkan adalah, selama minggu ini, kita bersatu menuju jalur maju yang menarik dan sukses yang dibutuhkan rakyat Amerika,” kata politisi Partai Demokrat asal Colorado itu kepada wartawan.

Mantan Ketua DPR dari Partai Demokrat Nancy Pelosi, ketika ditanya apakah Partai Demokrat harus tetap berpegang pada Biden, berkata, "Masyarakat harus berdoa, bijaksana. Dan keputusan ada di tangan presiden. Bukan di tangan kaukus."

Tokoh Demokrat terkemuka lainnya juga menyuarakan kepercayaannya terhadap Biden, dengan Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer mengatakan kepada wartawan, "Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya mendukung Joe."

Ketua Kongres Kaukus Kulit Hitam, Perwakilan Steven Horsford, menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Biden pada hari Senin. Pemilih kulit hitam adalah bagian penting dari basis dukungan Partai Demokrat.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos pekan lalu menemukan bahwa satu dari tiga pemilih Demokrat yang terdaftar percaya bahwa Biden harus mundur dari pencalonan, dengan 59% mengatakan dia terlalu tua untuk bekerja di pemerintahan.

Namun, jajak pendapat tersebut juga menemukan bahwa tidak ada calon penggantinya yang bernasib lebih baik dalam pertarungan melawan Trump. Jajak pendapat tersebut menunjukkan Biden dan Trump masing-masing memiliki suara yang sama sebesar 40%.

“Saya berharap dia terus menjangkau para pemilih seperti yang kita lihat akhir pekan ini, berbicara kepada mereka tanpa naskah,” kata Senator Ben Ray Lujan dari New Mexico. “Semakin dia melakukan hal itu, saya pikir semakin banyak dukungan yang akan kita lihat di seluruh negeri.”

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Partai Demokrat Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :