Senin, 16/09/2024 15:50 WIB

Untar Masuk Jajaran Kampus Terbaik Dunia Versi THE dan Edurank

Universitas Tarumanagara (Untar) masuk dalam jajaran kampus top dunia menurut ranking perguruan tinggi yang dirilis THE dan Edurank

Gedung Universitas Tarumanagara (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Tarumanagara (Untar) masuk dalam jajaran kampus top dunia menurut ranking perguruan tinggi yang dirilis oleh Times Higher Education (THE) dan Edurank.

Menurut perankingan THE pada Rabu (12/6) lalu, Untar unggul di empat kategori, yakni Top Universities for Sustainable Industrialisation and Tech, Top Universities Fostering Global Partnership, Top Universities Promoting Societal Peace dan Justice, dan Top Universities for Promoting Quality Education.

Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan kontribusi kampus-kampus terbaik dunia dalam memenuhi 17 poin SDGs 2024. Adapun empat tujuan SDGs yang diraih Untar uakni SDG 4 (Quality Education), SDG 9 (Industry, Innovation and Infrastructure), SDG 16 (Peace, Justice and Strong Institution), dan SDG 17 (Partnership for the Goals).

THE menempatkan Untar pada ranking 401-600 besar kampus top dunia dalam SDG 9, peringkat 601-800 untuk SDG 4, peringkat 601-800 untuk SDG 16, dan ranking 1501+ untuk SDG 17.

Rektor Untar, Prof. Agustinus Purna Irawan mengatakan, hasil ini membuktikan Untar bersama perguruan tinggi terbaik dunia lainnya tidak hanya menonjol di bidang tertentu, namun juga dalam berbagai SDGs.

"Hal tersebut menunjukkan komitmen Untar untuk mengatasi tantangan yang paling mendesak di dunia, seperti kelestarian lingkungan, inklusi sosial, pertumbuhan ekonomi, dan kemitraan," kata Agustinus dalam keterangannya pada Rabu (10/7).

Adapun menurut pemeringkatan Edurank, Untar menduduki posisi ke-63 di Indonesia dan ke-5 rerbaik di Jakarta. Edurank menetapkan peringkat berdasarkan hasil riset, keunggulan nonakademik, dan pengaruh alumni.

Peringkat ini ditentukan dengan menganalisis 66,7 ribu sitasi yang diterima melalui 47,1 ribu publikasi akademik yang berasal dari 562 universitas di Indonesia, termasuk 53 universitas di Jakarta.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kolaborasi semua pemangku kepentingan dan semoga ke depan Untar dapat memperoleh hasil pemeringkatan yang makin baik," ujar Prof. Agustinus.

KEYWORD :

Universitas Tarumanagara Untar Peringkat Perguruan Tinggi Ranking THE




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :