Rabu, 04/09/2024 05:00 WIB

Lawan Pengawasan Teknologi Tinggi Israel, Hizbullah Tutupi dengan Serangan Drone

Lawan Pengawasan Teknologi Tinggi Israel, Hizbullah Tutupi dengan Serangan Drone

Intersepsi roket yang diluncurkan dari Lebanon ke Israel melewati perbatasan Israel dengan Lebanon, di sisi Israel 27 Juni 2024. REUTERS

BEIRUT - Pesan berkode. Telepon rumah. Pager. Menyusul terbunuhnya para komandan senior dalam serangan udara Israel yang ditargetkan, kelompok militan Lebanon yang didukung Iran, Hizbullah, telah menggunakan beberapa strategi berteknologi rendah untuk mencoba menghindari teknologi pengawasan canggih musuhnya, kata sumber informasi kepada Reuters.

Mereka juga telah menggunakan teknologi mereka sendiri – drone – untuk mempelajari dan menyerang kemampuan pengumpulan intelijen Israel yang digambarkan oleh pemimpin Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah, sebagai strategi “membutakan” Israel.

Kedua belah pihak telah saling baku tembak sejak sekutu Hizbullah Palestina di Jalur Gaza, Hamas, berperang dengan Israel pada bulan Oktober. Meskipun pertempuran di perbatasan selatan Lebanon relatif terkendali, peningkatan serangan dalam beberapa pekan terakhir telah meningkatkan kekhawatiran bahwa hal itu dapat berubah menjadi perang skala penuh.

Puluhan ribu orang telah meninggalkan kedua sisi perbatasan. Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 330 pejuang Hizbullah dan sekitar 90 warga sipil di Lebanon, menurut penghitungan Reuters. Israel mengatakan serangan dari Lebanon telah menewaskan 21 tentara dan 10 warga sipil.

Banyak dari korban Hizbullah terbunuh saat berpartisipasi dalam permusuhan yang hampir terjadi setiap hari, termasuk meluncurkan roket dan drone yang meledak ke Israel utara.

Hizbullah juga telah mengkonfirmasi kematian lebih dari 20 anggota – termasuk tiga komandan tertinggi, anggota unit pasukan khusus elit Radwan dan agen intelijen – dalam serangan yang ditargetkan jauh dari garis depan.

Militer Israel mengatakan pihaknya menanggapi serangan tak beralasan dari Hizbullah, yang mulai menembaki sasaran Israel sehari setelah Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters bahwa mereka menyerang sasaran militer dan mengambil "tindakan pencegahan yang layak untuk mengurangi kerugian terhadap warga sipil."

“Keberhasilan upaya ini bergantung pada kemampuan IDF untuk mengumpulkan intelijen menyeluruh dan tepat mengenai pasukan Hizbullah, para pemimpinnya, infrastruktur teroris organisasi tersebut, keberadaan dan operasi mereka,” kata pernyataan itu.

IDF tidak menjawab pertanyaan tentang pengumpulan intelijen dan tindakan balasan Hizbullah, dengan alasan "alasan keamanan intelijen".

Ketika tekanan domestik meningkat di Israel atas serangan Hizbullah, IDF menyoroti kemampuannya untuk menyerang agen kelompok tersebut di seberang perbatasan.

Dalam kunjungannya ke Komando Utara Israel, Menteri Pertahanan Yoav Gallant menunjukkan gambar-gambar yang katanya merupakan komandan Hizbullah yang terbunuh dan mengatakan 320 “teroris” telah terbunuh pada tanggal 29 Mei, termasuk para anggota senior.

Teknologi pengawasan elektronik memainkan peran penting dalam serangan ini. IDF mengatakan pihaknya memiliki kamera keamanan dan sistem penginderaan jarak jauh yang dilatih di wilayah di mana Hizbullah beroperasi, dan secara teratur mengirimkan drone pengintai melintasi perbatasan untuk memata-matai musuhnya.

Penyadapan elektronik yang dilakukan Israel – termasuk meretas ponsel dan komputer – juga dianggap sebagai salah satu yang paling canggih di dunia.

Hizbullah telah belajar dari kekalahannya dan menyesuaikan taktiknya sebagai tanggapan, enam sumber yang mengetahui operasi kelompok tersebut mengatakan kepada Reuters, berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas masalah keamanan yang sensitif.

Ponsel, yang dapat digunakan untuk melacak lokasi pengguna, telah dilarang di medan perang dan digantikan dengan alat komunikasi yang lebih kuno, termasuk pager dan kurir yang menyampaikan pesan verbal secara langsung, kata dua sumber.

Hizbullah juga telah menggunakan jaringan telekomunikasi jalur tetap swasta sejak awal tahun 2000an, kata tiga sumber.

Jika percakapan terdengar, kata-kata kode digunakan untuk senjata dan tempat pertemuan, menurut sumber lain yang mengetahui logistik kelompok tersebut. Ini diperbarui hampir setiap hari dan dikirim ke unit melalui kurir, kata sumber itu.

“Kita menghadapi persaingan di mana informasi dan teknologi merupakan bagian penting,” kata Qassem Kassir, warga Lebanon.
nalyst yang dekat dengan Hizbullah. “Tetapi ketika Anda menghadapi kemajuan teknologi tertentu, Anda harus kembali ke metode lama – telepon, komunikasi tatap muka… metode apa pun yang memungkinkan Anda menghindari teknologi tersebut.”

Kantor media Hizbullah mengatakan mereka tidak mengomentari pernyataan sumber tersebut.

Pakar keamanan mengatakan beberapa tindakan pencegahan berteknologi rendah bisa cukup efektif melawan mata-mata berteknologi tinggi. Salah satu cara mendiang pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, menghindari penangkapan selama hampir satu dekade adalah dengan memutus sambungan internet dan layanan telepon, dan sebagai gantinya menggunakan kurir.

“Tindakan sederhana dengan menggunakan VPN (jaringan pribadi virtual), atau lebih baik lagi, tidak menggunakan ponsel sama sekali, dapat mempersulit pencarian dan penetapan target,” kata Emily Harding, mantan analis CIA yang sekarang bekerja di CIA. Lembaga pemikir Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington.

“Tetapi tindakan balasan ini juga membuat kepemimpinan Hizbullah menjadi kurang efektif dalam berkomunikasi secara cepat dengan pasukan mereka.”

Para pejabat Hizbullah dan keamanan Lebanon yakin Israel juga telah memanfaatkan informan lokal untuk membidik sasaran. Krisis ekonomi Lebanon dan persaingan antar faksi politik telah menciptakan peluang bagi perekrut Israel, namun tidak semua informan menyadari dengan siapa mereka berbicara, kata tiga sumber.

Pada tanggal 22 November, seorang wanita dari Lebanon selatan menerima panggilan di ponselnya dari seseorang yang mengaku sebagai pejabat setempat, menurut dua sumber yang mengetahui langsung kejadian tersebut. Berbicara dalam bahasa Arab yang sempurna, penelepon bertanya apakah keluarganya ada di rumah, kata sumber tersebut. Tidak, jawab wanita itu, menjelaskan bahwa mereka telah melakukan perjalanan ke Lebanon bagian timur.

Beberapa menit kemudian, sebuah rudal menghantam rumah wanita tersebut di desa Beit Yahoun, menewaskan lima pejuang Hizbullah termasuk Abbas Raad, putra seorang anggota parlemen senior Hizbullah dan anggota Radwan, kata sumber tersebut.

Hizbullah yakin Israel telah melacak para pejuang tersebut hingga ke lokasi tersebut dan melakukan panggilan untuk memastikan apakah ada warga sipil di sana sebelum melancarkan serangan, kata mereka kepada Reuters tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Militer Israel mengatakan pada saat itu bahwa mereka menyerang sejumlah sasaran Hizbullah pada hari itu, termasuk “sel teroris”.
Dalam beberapa minggu, Hizbullah secara terbuka memperingatkan para pendukungnya melalui stasiun radio afiliasi Al-Nour agar tidak mempercayai penelepon dingin yang mengaku sebagai pejabat lokal atau pekerja bantuan, dengan mengatakan bahwa Israel meniru mereka untuk mengidentifikasi rumah-rumah yang digunakan oleh Hizbullah.

Ini adalah yang pertama dari serangkaian serangan yang menargetkan agen-agen penting Hizbullah di Lebanon. Korban lainnya yang tewas termasuk Wissam al-Tawil, Taleb Abdallah dan Mohammed Nasser, komandan yang memainkan peran utama mengarahkan operasi Hizbullah di selatan. Saleh al-Arouri, wakil ketua Hamas, juga terbunuh saat menghadiri pertemuan di ibu kota, Beirut.

Hizbullah mulai curiga bahwa Israel menargetkan para pejuangnya dengan melacak ponsel mereka dan memantau rekaman video dari kamera keamanan yang dipasang di gedung-gedung di komunitas perbatasan, dua sumber yang mengetahui pemikiran kelompok tersebut dan seorang pejabat intelijen Lebanon mengatakan kepada Reuters.

Pada tanggal 28 Desember, Hizbullah mendesak penduduk wilayah selatan dalam sebuah pernyataan yang didistribusikan melalui saluran Telegramnya untuk memutuskan sambungan kamera keamanan yang mereka miliki dari internet.

Pada awal Februari, arahan lain telah dikeluarkan kepada para pejuang Hizbullah: tidak boleh ada telepon seluler di dekat medan perang.

“Hari ini, jika ada orang yang ditemukan membawa ponselnya di depan, dia akan dikeluarkan dari Hizbullah,” kata sumber senior Lebanon yang mengetahui operasi kelompok tersebut.

Tiga sumber lain membenarkan perintah tersebut. Para pejuang mulai meninggalkan ponsel mereka ketika mereka melakukan operasi, kata salah satu pejuang kepada Reuters. Pejabat intelijen Lebanon lainnya mengatakan bahwa Hizbullah terkadang melakukan pemeriksaan mendadak terhadap unit lapangan untuk melihat apakah anggotanya membawa telepon genggam.

Bahkan di Beirut, politisi senior Hizbullah menghindari membawa ponsel ke pertemuan, kata dua sumber lainnya.

Dalam pidatonya yang disiarkan televisi pada 13 Februari, Nasrallah memperingatkan para pendukungnya bahwa ponsel mereka lebih berbahaya daripada mata-mata Israel, dan mengatakan bahwa mereka harus merusak, mengubur atau mengunci ponsel mereka di dalam kotak besi.

Hizbullah juga telah mengambil langkah-langkah untuk mengamankan jaringan telepon pribadinya menyusul dugaan pelanggaran oleh Israel, menurut mantan pejabat keamanan Lebanon dan dua sumber lain yang mengetahui operasi Hizbullah.

Jaringan luas tersebut, yang diduga dibiayai oleh Iran, didirikan sekitar dua dekade lalu dengan kabel serat optik yang membentang dari benteng Hizbullah di pinggiran selatan Beirut hingga kota-kota di Lebanon selatan dan ke timur hingga Lembah Bekaa, menurut pejabat pemerintah pada saat itu.

Sumber tersebut menolak mengatakan kapan dan bagaimana serangan itu terjadi. Namun mereka mengatakan spesialis telekomunikasi Hizbullah memecahnya menjadi jaringan yang lebih kecil untuk membatasi kerusakan jika dibobol lagi.

“Kami sering mengubah jaringan telepon rumah kami dan menggantinya, sehingga kami dapat menghindari peretasan dan penyusupan,” kata sumber senior tersebut kepada Reuters.

PENGAWASAN DRONE
Kelompok ini juga menggembar-gemborkan kemampuannya untuk mengumpulkan informasi intelijennya sendiri mengenai sasaran musuh dan menyerang instalasi pengawasan Israel dengan menggunakan persenjataan kendaraan udara tak berawak (UAV) kecil buatannya sendiri.

Pada tanggal 18 Juni, Hizbullah menerbitkan kutipan berdurasi sembilan menit dari apa yang dikatakannya sebagai video yang dikumpulkan oleh pesawat pengintainya di atas kota Haifa di Israel, termasuk instalasi militer dan fasilitas pelabuhan. Angkatan Udara Israel mengatakan sistem pertahanan udara telah mendeteksi drone tersebut, namun keputusan telah diambil untuk tidak mencegatnya karena tidak memiliki kemampuan ofensif, dan hal tersebut dapat membahayakan warga.

Video lain yang dirilis oleh Hizbullah termasuk gambar udara yang menurut mereka dikumpulkan dari balon observasi besar Israel yang dikenal sebagai Sky Dew pada hari sebelum dihantam dalam serangan pesawat tak berawak pada 15 Mei.

Reuters tidak dapat memverifikasi keaslian gambar tersebut. Namun juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan pada saat itu bahwa pesawat tersebut, yang digunakan untuk mendeteksi roket yang masuk, ditembak ketika berada di pangkalan militer di Israel utara. Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dan tidak ada dampak terhadap “kemampuan kesadaran situasional udara” militer di wilayah tersebut.

Hizbullah mengatakan pihaknya juga telah menembak jatuh atau menguasai setengah lusin drone pengintai Israel, termasuk Hermes 450, Hermes 900 dan SkyLark UAV. Para agen Hizbullah membongkar drone tersebut untuk mempelajari komponen-komponennya, menurut dua sumber.

Israel telah mengkonfirmasi bahwa lima drone angkatan udara ditembak jatuh oleh rudal permukaan-ke-udara saat beroperasi di Lebanon.

Namun, IDF mengatakan deklarasi Hizbullah “harus diperhatikan dengan hati-hati,” dan mengatakan bahwa kelompok tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa takut pada warga Israel.
Nicholas Blanford, seorang konsultan keamanan yang berbasis di Beirut yang telah menulis sejarah Hizbullah, mengatakan “kesadaran dan kewaspadaan” kelompok tersebut terhadap pelanggaran keamanan berada pada titik tertinggi sepanjang masa.

“Hizbullah harus memperketat keamanannya lebih dari yang seharusnya dilakukan dalam konflik-konflik sebelumnya,” katanya kepada Reuters.

Namun Israel tetap memiliki keunggulan teknologi, kata Blanford.
Pada sore hari tanggal 3 Juli, sebuah mobil yang melewati desa pesisir Lebanon lebih dari 20 km (12 mil) utara perbatasan Israel terbakar, kata para saksi mata.

Militer Israel mengatakan telah melenyapkan Nasser, yang dikatakan memimpin unit yang menyerang Israel dari barat daya Lebanon. Kematiannya terjadi kurang dari sebulan setelah serangan yang menewaskan Abdallah, yang memimpin operasi di wilayah tengah jalur perbatasan selatan.

Hizbullah mengakui pembunuhan tersebut dan sebagai tanggapannya melancarkan serangan terbesar hingga saat ini ke Israel utara.

KEYWORD :

Israel Lebanon Rencana Konfrontasi Hizbullah Hamas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :