Sabtu, 21/09/2024 03:34 WIB

Le Pen Salahkan Presiden Macron atas Kemacetan Pemerintahan Prancis

Le Pen Salahkan Presiden Macron atas Kemacetan Pemerintahan Prancis

Pemimpin sayap kanan Prancis Marine Le Pen, di Paris, Prancis, 10 Juli 2024. REUTERS

PARIS - Aliansi sayap kiri Prancis dan blok tengah pimpinan Presiden Emmanuel Macron berjuang untuk mengajukan upaya bersaing untuk membentuk pemerintahan. Pemimpin sayap kanan Marine Le Pen mengatakan pada hari Rabu bahwa kesalahan atas kebuntuan politik ada di tangan Macron.

Hasil tak terduga dari pemilu dini hari Minggu, di mana kelompok sayap kiri Front Populer Baru (NFP) mendapat keuntungan dari lonjakan suara yang mengejutkan. Namun tidak ada kelompok yang memenangkan mayoritas mutlak. Hal itu menjerumuskan Prancis ke dalam ketidakpastian, tanpa jalan yang jelas menuju pemerintahan yang stabil.

Yang lebih rumit lagi, para pemimpin di masing-masing kubu tidak sepakat mengenai siapa yang harus dihubungi untuk mencoba membuat kesepakatan. Ketegangan internal di dalam partai-partai juga meningkat ketika para anggotanya berebut pengaruh dalam membangun kembali lanskap politik yang hancur akibat pemungutan suara yang dilakukan secara mendadak.

Dan pemerintahan mana pun – baik dari sayap kiri, tengah, atau koalisi yang lebih luas – dapat dengan cepat menjadi korban mosi tidak percaya dari pihak oposisi jika pemerintahan tersebut tidak mendapatkan dukungan yang cukup kuat.

“Hari ini, kita berada dalam situasi yang sulit karena tidak ada yang tahu siapa perdana menteri yang akan menjabat, atau kebijakan apa yang akan diambil untuk negara ini,” kata pemimpin sayap kanan Marine Le Pen kepada wartawan saat dia tiba di parlemen.

Le Pen mengutuk kesepakatan pra-pemilu yang menurutnya menghalangi partai National Rally (RN) dari kekuasaan.

Macron, yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2027, menyerukan pemungutan suara parlemen setelah partainya dikalahkan oleh kelompok sayap kanan dalam pemilu Uni Eropa bulan lalu, mengatakan akan memperjelas situasi tersebut – namun hal ini belum terjadi.

“Setidaknya, ini bukan kesuksesan besar bagi Emmanuel Macron,” gurau Le Pen.

Di tengah peringatan dari lembaga pemeringkat, pasar keuangan, Komisi Eropa dan mitra zona euro Perancis semuanya mengawasi dengan cermat untuk melihat apakah kebuntuan ini dapat dipecahkan.

Sudah menjadi kebiasaan bagi Macron untuk meminta kelompok parlemen terbesar untuk membentuk pemerintahan, namun tidak ada konstitusi yang mewajibkan dia untuk melakukan hal tersebut.

Pilihannya mencakup koalisi luas dan pemerintahan minoritas, yang akan mengesahkan undang-undang di parlemen berdasarkan kasus per kasus, dengan perjanjian ad hoc.

Telepon terus berdering, kata sumber-sumber politik kepada Reuters, dan beberapa tokoh tengah kini berharap mereka dapat mencapai kesepakatan dengan Partai Republik yang konservatif dan menyingkirkan kelompok kiri.

“Saya pikir ada alternatif selain Front Populer Baru,” Aurore Berge, anggota parlemen senior dari kelompok Renaissance pimpinan Macron mengatakan kepada France 2 TV. “Saya pikir Perancis tidak ingin platform NFP diterapkan, saya pikir mereka tidak ingin kenaikan pajak.”

“Kami adalah satu-satunya yang dapat memperluas (pangkalan kami),” katanya.

Sementara itu, para pemimpin sayap kiri juga menekankan bahwa, setelah memenangkan pemilu, mereka harus menjalankan pemerintahan. Namun tanpa adanya kesepakatan mengenai siapa yang akan menjadi perdana menteri, mereka kini menghadapi persaingan yang semakin ketat dari kelompok sayap kanan dan tengah.

Carole Delga, dari Partai Sosialis, menekankan bahwa kelompok kiri tidak dapat memerintah sendiri, dan harus mengulurkan tangan kepada pihak lain – kecuali berdasarkan program pajak dan belanja NFP.

Namun yang lain mengambil tindakan yang lebih keras.

“NFP mempunyai jumlah wakil terbanyak di Majelis Nasional, oleh karena itu NFP berhak membentuk sebuah pemerintahan…inilah yang sedang kami upayakan,” Manuel Bompard, dari France Unbowed, mengatakan kepada LCI TV.

KEYWORD :

Pemilu Prancis Sayap Kanan Presiden Macron




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :