Kamis, 19/09/2024 08:02 WIB

Analis PBB Sebut RS Kyiv Terkena Serangan Langsung Rudal Rusia, Kremlin Membantah

Analis PBB Sebut RS Kyiv Terkena Serangan Langsung Rudal Rusia, Kremlin Membantah

Para pria memasang papan kayu di bangsal operasi yang rusak menyusul serangan rudal Rusia di Rumah Sakit Anak Okhmatdyt, di Kyiv, Ukraina 9 Juli 2024. REUTERS

KYIV - Misi hak asasi manusia PBB pada Selasa mengatakan ada "kemungkinan besar" bahwa rumah sakit anak-anak utama di Kyiv terkena serangan langsung rudal Rusia dalam serangkaian serangan udara di kota-kota Ukraina. Namun Kremlin terus menyangkal keterlibatannya.

Ukraina mengibarkan bendera setengah tiang pada hari berkabung nasional untuk memperingati kematian 44 orang di seluruh negeri akibat serangan udara hari Senin, termasuk empat anak-anak dan dua orang di rumah sakit anak-anak Okhmatdyt di ibu kota.

“Analisis rekaman video dan penilaian yang dilakukan di lokasi kejadian menunjukkan kemungkinan besar bahwa rumah sakit anak-anak tersebut terkena serangan langsung daripada menerima kerusakan akibat sistem senjata yang dicegat,” kata Danielle Bell, kepala Misi Pemantauan Hak Asasi Manusia PBB. Di Ukraina.

Dinas keamanan Ukraina mengatakan mereka memiliki bukti jelas bahwa fasilitas medis tersebut terkena serangan rudal jelajah Kh-101 Rusia dalam serangkaian serangan paling mematikan dalam beberapa bulan terakhir, dan menerbitkan gambar yang dikatakan sebagai pecahan mesin senjata tersebut.

Kremlin mengatakan, tanpa memberikan bukti, yang menyerang rumah sakit anak-anak tersebut, bukan Rusia, adalah tembakan anti-rudal Ukraina, yang merupakan salah satu rumah sakit terbesar di Eropa dan merawat pasien dengan kondisi serius seperti kanker dan penyakit ginjal.

Kerusakan di situs tersebut mendorong sumbangan jutaan dolar dari dalam dan luar negeri Ukraina, lebih dari 28 bulan setelah invasi besar-besaran Rusia. Delapan anak terluka di rumah sakit, kata otoritas kesehatan.

Dewan Keamanan PBB bersidang pada hari Selasa – atas permintaan Inggris, Perancis, Ekuador, Slovenia dan Amerika Serikat – mengenai serangan tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy terbang ke Washington untuk menghadiri pertemuan puncak tiga hari para pemimpin NATO di mana ia berharap untuk memenangkan komitmen dari sekutu untuk memperkuat pertahanan udara Ukraina dan meningkatkan dukungan militer mereka.

Pasukan Rusia perlahan-lahan maju dan pada hari Selasa mengklaim telah merebut desa Yasnobrodivka di wilayah Donetsk timur Ukraina. Belum ada komentar langsung dari Ukraina, yang telah melaporkan pertempuran sengit di wilayah tersebut selama berbulan-bulan.

Saat berkunjung ke Moskow, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa “hatinya berdarah” ketika anak-anak terbunuh dalam perang, konflik, atau serangan teroris.

Ucapan tajam Modi merupakan teguran tersirat kepada Putin, yang beberapa saat sebelumnya menyambutnya di Kremlin dengan pernyataan hangat mengenai pentingnya hubungan strategis antara kedua negara.

Zelenskiy mengecam kunjungan Modi ke Rusia dan menyebutnya sebagai "kekecewaan besar dan pukulan telak bagi upaya perdamaian".

Pemimpin Ukraina itu bersumpah akan melakukan pembalasan terhadap Rusia setelah serangan hari Senin dan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya kemudian menembak jatuh 38 drone. Seorang gubernur regional Rusia melaporkan kebakaran di depot minyak dan gardu listrik.

Sumber keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa drone Ukraina telah menyerang kilang minyak Rusia, lapangan terbang militer, dan gardu listrik dalam operasi gabungan.

Tim penyelamat menyelesaikan operasi di rumah sakit anak-anak tersebut pada Selasa pagi. Di tempat lain di ibu kota Ukraina, lima jenazah ditemukan dari reruntuhan sebuah bangunan tempat tinggal di mana 12 orang tewas, kata Walikota Vitali Klitschko.

Korban tewas mencapai 33 orang di Kyiv dan 11 orang di wilayah Dnipropetrovsk, kata para pejabat, sehingga totalnya menjadi 44 orang. Penembakan secara terpisah menewaskan tiga orang lainnya di kota timur Pokrovsk, namun mereka tidak dihitung karena tidak terbunuh oleh rudal.

Direktur umum Okhmatdyt, Volodymyr Zhovnir, mengatakan kepada wartawan bahwa salah satu dokter mudanya telah terbunuh, bahwa gedung untuk dialisis telah hancur total dan tidak ada lagi pasokan listrik.

“Sedikitnya empat bangunan rumah sakit hancur sebagian,” ujarnya.
Para pemimpin bisnis Ukraina bergegas mengumumkan sumbangan untuk membangun kembali rumah sakit tersebut.

Tidak ada angka pasti mengenai jumlah total donasi, namun Reuters calperhitungan berdasarkan pernyataan dan laporan media Ukraina menyebutkan angka dari bagian korporasi Ukraina sekitar 300 juta hryvnia ($7,3 juta).

Di Kyiv, Oleksandr Baraboshko, 34, seorang konsultan komunikasi strategis, mengatakan serangan udara seperti yang terjadi pada Senin berfungsi untuk menyatukan warga Ukraina melawan Rusia.

"Mereka tidak membuat kami takut. Sebaliknya, mereka memotivasi kami untuk berbuat lebih banyak lagi," kata Baraboshko, yang membantu mengoordinasikan upaya dengan toko setempat untuk mendistribusikan sarung tangan dan peralatan kepada relawan yang membersihkan puing-puing di rumah sakit.

Kantor Kejaksaan di Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag mengatakan tim penyelidik mengunjungi lokasi pemogokan rumah sakit pada hari Selasa. Laporan tersebut memperingatkan bahwa mereka yang bertanggung jawab atas serangan terhadap objek sipil dapat diadili.

Di Jenewa, Tarik Jasarevic dari Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan serangan terhadap rumah sakit adalah salah satu dari 1.882 serangan terhadap layanan kesehatan di Ukraina yang telah menewaskan total 150 orang dalam konflik yang telah berlangsung lebih dari dua tahun.

WHO tidak menyalahkan siapa pun atas serangan-serangan tersebut.

KEYWORD :

Serangan Rusia Kyiv Ukraina RS Anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :