Selasa, 17/09/2024 01:29 WIB

Presiden Ukraina Mengaku Tidak Bisa Memprediksi Tindakan Trump Jika Terpilih

Presiden Ukraina Mengaku Tidak Bisa Memprediksi Tindakan Trump Jika Terpilih

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyampaikan pidato di sela KTT peringatan 75 tahun NATO di Washington, AS, 9 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan pada Selasa bahwa ia tidak dapat memprediksi apa yang akan dilakukan Donald Trump jika ia kembali menjadi presiden AS pada November. Namun seluruh dunia, termasuk pemimpin Rusia Vladimir Putin, sedang menunggu hasil dari pemungutan suara tersebut.

Zelenskiy, yang berbicara di Washington ketika para pemimpin dunia berkumpul untuk menghadiri KTT NATO minggu ini, mengatakan ia berharap Trump tidak akan keluar dari aliansi NATO yang telah berusia 75 tahun dan bahwa Amerika akan terus mendukung Ukraina dalam pertahanannya melawan invasi Rusia yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun.

“Saya tidak terlalu mengenalnya,” kata Zelenskiy tentang Trump, seraya menambahkan bahwa dia melakukan “pertemuan yang baik” dengannya selama masa kepresidenan pertama Trump, tetapi mengatakan itu terjadi sebelum invasi Rusia pada tahun 2022.

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda apa yang akan dia lakukan jika dia menjadi presiden Amerika Serikat. Saya tidak tahu."

Trump, yang diperkirakan akan menjadi calon dari Partai Republik untuk pemilihan presiden AS pada bulan November, telah sering mengkritik besarnya dukungan militer AS untuk Ukraina – sekitar $60 miliar sejak invasi besar-besaran Rusia pada tahun 2022 – dan menyebut Zelenskiy sebagai “penjual terhebat yang pernah ada.”

Dua penasihat keamanan nasionalnya telah menyampaikan kepada Trump rencana untuk mengakhiri bantuan militer AS ke Ukraina kecuali Ukraina membuka pembicaraan dengan Rusia untuk mengakhiri konflik.

Hubungan Trump dengan Zelenskiy menjadi subjek pemakzulan pertamanya sebagai presiden oleh Dewan Perwakilan Rakyat AS pada tahun 2019. Ia dituduh menekan Zelenskiy untuk membantu mencoreng nama Joe Biden dengan imbalan bantuan, namun ia dibebaskan oleh Senat pada tahun 2020.

Mengenai kebijakan terhadap NATO, Trump mengatakan dia akan "mendorong" Rusia untuk melakukan "apa pun yang mereka inginkan" terhadap anggota aliansi mana pun yang tidak mengeluarkan cukup dana untuk pertahanan dan dia tidak akan membela mereka. Piagam NATO mewajibkan anggotanya untuk membela mereka yang diserang.

Zelenskiy mendesak para pemimpin politik Amerika pada hari Selasa untuk tidak menunggu hasil pemilihan presiden Amerika pada bulan November untuk mengambil tindakan tegas untuk membantu negaranya, dan ia menyerukan pembatasan yang lebih sedikit terhadap penggunaan persenjataan Amerika.

"Semua orang menunggu bulan November. Amerika menunggu bulan November, di Eropa, Timur Tengah, di Pasifik, seluruh dunia menantikan bulan November dan, sebenarnya, Putin juga menunggu bulan November," kata Zelenskiy.

“Inilah waktunya untuk keluar dari bayang-bayang, mengambil keputusan yang kuat… bertindak dan tidak menunggu November atau bulan lainnya.”

Sebelumnya pada hari Selasa, Presiden Joe Biden berjanji untuk membela Ukraina dengan tegas di KTT NATO.

Namun Biden, 81 tahun, belum pulih dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan selama 12 hari mengenai kelayakannya untuk menjabat karena beberapa rekannya dari Partai Demokrat di Capitol Hill dan para donor kampanye khawatir bahwa ia akan kalah dalam pemilu setelah kinerja debatnya terhenti pada 27 Juni.

Trump unggul atas Biden dengan selisih 2,1 poin persentase secara nasional, menurut rata-rata jajak pendapat yang diselenggarakan oleh situs web FiveThirtyEight.

Ketika ditanya tentang pandangan Putin mengenai Biden dan Trump, Zelenskiy berkata dengan hati-hati: "Biden dan Trump sangat berbeda. Namun mereka mendukung demokrasi. Dan itulah mengapa saya pikir Putin akan membenci keduanya."

Pilihan lokasi yang dipilih Zelenskiy, Ronald Reagan Institute, bisa menjadi tanda lain upaya Ukraina untuk menjangkau Partai Republik.

Andrew Weiss dari lembaga pemikir Carnegie Endowment mengatakan Kyiv telah berusaha membangun "sebanyak mungkin jembatan ke kelompok arus utama Partai Republik."

“Ada proses yang sedang berlangsung di Kyiv untuk mencoba memikirkan implikasi kemungkinan kembalinya Trump ke Gedung Putih,” kata Weiss.

Zelenskiy diperkenalkan oleh tokoh Partai Republik di Senat AS, Mitch McConnell, yang memuji pemimpin Ukraina tersebut dan sangat mendukung bantuan yang lebih besar ke Kyiv.

“Mereka membutuhkan alat untuk mempertahankan diri guna memberikan kerugian pada agresor mereka dan untuk bernegosiasi dari posisi yang kuat,” kata McConnell.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Presiden Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :