Sabtu, 21/09/2024 07:03 WIB

Serukan Aksi Seminggu Sebelum Olimpiade, Serikat Buruh Dukung Pemerintahan Sayap Kiri

Serukan Aksi Seminggu Sebelum Olimpiade, Serikat Buruh Dukung Pemerintahan Sayap Kiri

Pemimpin serikat pekerja CGT Perancis Sophie Binet dan Marylise Leon, Sekretaris Jenderal Konfederasi Buruh Demokratik Perancis di Paris, Prancis, 15 Juni 2024. REUTERS

PARIS - Seorang pemimpin serikat buruh Prancis pada Kamis mendesak Presiden Emmanuel Macron untuk membiarkan aliansi sayap kiri memerintah setelah mereka unggul dalam pemilihan legislatif. Hal itu mengisyaratkan bahwa alternatif apa pun dapat ditanggapi dengan protes selama Olimpiade Paris.

Dalam komentar publik pertamanya sejak Front Populer Baru (NFP) mengalahkan kubu sentrisnya sendiri dan menempati posisi kedua dalam pemilu hari Minggu, Macron mengatakan pada hari Rabu bahwa “tidak ada yang menang” dan meminta “kekuatan republik” untuk membentuk “mayoritas yang solid” untuk memenangkan pemilu. memerintah.

Hal ini berarti bahwa ia menginginkan sebuah koalisi, membuka tab baru bagi partai-partai berhaluan tengah dan moderat dari NFP, seperti Partai Sosialis dan Partai Hijau, tidak termasuk partai pemberontak sayap kiri France Unbowed yang ia anggap melampaui spektrum yang terhormat.

Sophie Binet, pemimpin serikat CGT, mengatakan Macron menyangkal hasil pemilu dan harus menunjuk siapa pun yang dipilih NFP sebagai perdana menteri. Para anggota aliansi telah berusaha sepanjang minggu ini untuk menyepakati nama dan strategi untuk memerintah tanpa mayoritas.

"Emmanuel Macron harus segera keluar dari penyangkalannya. Dia telah kalah dalam pemilu... Dia seperti Louis XVI yang bersembunyi di Versailles. Dia harus mendengarkan negaranya dan berhenti begitu terputus," kata Binet di televisi LCI.

Komentar Macron disambut dengan kemarahan dari kelompok sayap kiri, termasuk dari CGT cabang pekerja kereta api, yang menanggapinya dengan menyerukan protes pada 18 Juli, hari ketika parlemen yang baru terpilih dijadwalkan untuk bersidang.

Dikatakan bahwa protes harus dilakukan di depan prefektur, pusat pemerintahan di seluruh negeri, dan di depan Majelis Nasional di Paris, untuk menuntut NFP membentuk pemerintahan.
“Jangan biarkan kemenangan kita dicuri dari kita!,” demikian kesimpulan pernyataan tersebut.

Binet mengatakan "kita semua harus mengambil bagian dalam pertemuan ini untuk menjaga Majelis Nasional tetap diawasi dan memastikan bahwa suara rakyat dihormati," mengisyaratkan bahwa protes dapat berlanjut selama Olimpiade jika Macron tidak mematuhinya.

“Pada tahap ini, kami belum merencanakan serangan apa pun selama Olimpiade, tapi jika Macron terus menyiramkan bensin ke api,” katanya, tanpa menyelesaikan kalimatnya. Olimpiade dimulai pada 26 Juli.

Pilihan bagi pemerintahan mencakup koalisi yang luas, pemerintahan minoritas atau pemerintahan teknokratis yang dipimpin oleh orang yang tidak berafiliasi secara politik, yang akan berupaya untuk mengesahkan undang-undang di parlemen berdasarkan kasus per kasus, dengan perjanjian ad hoc.

Ketua serikat pekerja CFDT yang lebih besar dan lebih moderat, Marylise Leon, mengatakan program NFP harus menjadi titik awal bagi pemerintahan berikutnya.

"Itulah yang dipilih warga. Penting untuk menghormati suara mereka," katanya di radio France Inter.

Para pemimpin NFP tidak memberikan tanda-tanda bahwa mereka siap untuk membubarkan blok tersebut, yang secara tergesa-gesa berkumpul untuk menyatukan kelompok kiri melawan National Rally yang berhaluan sayap kanan, yang pertama kali muncul dalam pemilu Eropa pada bulan Juni dan putaran pertama pemilu legislatif.

Namun, perundingan yang berlangsung selama berhari-hari belum menghasilkan konsensus calon perdana menteri dari kalangan NFP.
Para pemimpin France Unbowed mengatakan salah satu dari mereka harus mendapatkan jabatan tersebut dengan dasar bahwa mereka memenangkan kursi terbanyak dari partai-partai anggota NFP, namun perhitungan elektoral masih diperdebatkan karena beberapa anggota parlemen belum menyatakan kesetiaan mereka.

Pemimpin Partai Sosialis Olivier Faure juga mengemukakan pendapatnya, dengan menjelaskan bahwa, seperti anggota serikat buruh, ia percaya harus ada pemerintahan sayap kiri, bukan pemerintahan yang dibentuk dari kelompok kiri dan tengah.

Faure menggambarkan Macron sebagai orang yang terputus dari kenyataan, berusaha mempertahankan rakyatnya tetap berkuasa meskipun mereka kalah dalam pemilu.

“Dapatkah dibayangkan bahwa pemerintahan yang kalah dalam pemilu masih tetap berada pada Hari Bastille, untuk Olimpiade, dan untuk merayakan Hari Bastille? Mengapa tidak pada musim gugur dan kita bisa menikmati kebersamaan mereka pada Natal selagi kita berada di sana?,” katanya di televisi France 2 pada Rabu malam.

KEYWORD :

Pemilu Prancis Sayap Kiri Olimpiade Paris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :