Selasa, 17/09/2024 01:56 WIB

NATO Nyatakan Pangkalan Pertahanan Rudal Balistik AS di Polandia Siap Jalankan Misi

NATO Nyatakan Pangkalan Pertahanan Rudal Balistik AS di Polandia Siap Jalankan Misi

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengadakan konferensi pers, pada pertemuan puncak peringatan 75 tahun NATO, di Washington, AS, 10 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Pangkalan pertahanan udara baru AS di Polandia utara, yang dirancang untuk mendeteksi dan mencegat serangan rudal balistik sebagai bagian dari perisai rudal NATO yang lebih luas, telah siap untuk misi, aliansi militer barat mengumumkan pada Rabu.

Berbicara di sela-sela pertemuan puncak NATO di Washington, ketua aliansi Jens Stoltenberg mengatakan kesiapan pangkalan tersebut merupakan langkah penting bagi keamanan transatlantik dalam menghadapi meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh rudal balistik.

“Sebagai aliansi defensif kita tidak bisa mengabaikan ancaman itu. Pertahanan rudal adalah elemen penting dari tugas inti pertahanan kolektif NATO,” tambahnya, seraya mencatat bahwa rudal balistik telah banyak digunakan dalam konflik di Ukraina dan Timur Tengah.

Sistem tersebut, yang dijuluki Aegis Ashore, berbasis di kota Redzikowo di Polandia utara dan mampu mencegat rudal balistik jarak pendek hingga menengah, menurut NATO.

Perisai pertahanan rudal sekutu dimaksudkan untuk melindungi warga negara, wilayah, dan pasukan Eropa dari serangan rudal balistik.

Elemen penting lainnya dari perisai ini termasuk situs Aegis Ashore kedua di Rumania, bersama dengan kapal perusak angkatan laut AS yang berbasis di pelabuhan Rota, Spanyol, dan radar peringatan dini yang terletak di kota Kurecik, Turki.

NATO mengatakan Aegis Ashore murni bersifat defensif. Sekitar 200 personel militer ditempatkan di dua lokasi pencegat di Polandia dan Rumania, dengan pangkalan di kota Deveselu, Rumania, yang beroperasi sejak 2016.

KEYWORD :

Pangkalan Rudal Amerika Serikat Polandia NATO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :