Selasa, 17/09/2024 02:24 WIB

Akibat Debatnya Buruk, Biden Hadapi Ujian soal Kemampuannya Jadi Capres

Akibat Debatnya Buruk, Biden Hadapi Ujian soal Kemampuannya Jadi Capres

Presiden AS Joe Biden saat ia menjadi tuan rumah di sela-sela KTT peringatan 75 tahun NATO, di Ruang Oval Gedung Putih di Washington, AS 10 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Setiap kata yang diucapkannya, setiap langkah yang diambilnya, Presiden Joe Biden kini menjadi perhatian dunia yang khawatir, menantikan kinerjanya yang goyah lagi seperti debatnya pada bulan Juni yang memicu seruan baru agar dia meninggalkan AS. Pilpres 2024.

Ujian besar berikutnya terjadi pada hari Kamis, ketika Biden mengadakan konferensi pers tunggal di KTT NATO, yang merupakan pertama kalinya dia menghadapi pers sendirian sejak November. Dia telah mengadakan konferensi pers dengan para pemimpin dari Ukraina, Kenya dan Jepang pada tahun 2024.

Biden, 81 tahun, akan menjawab sejumlah pertanyaan dari wartawan, dalam acara yang diperkirakan akan berlangsung hingga November, yang berdurasi 21 menit.

Menjelang acara yang dijadwalkan pada pukul 17:30. (21.30 GMT), Gedung Putih sibuk membantu mempersiapkan presiden menghadapi hal tersebut dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan wartawan, kata sebuah sumber yang mengetahui hal tersebut.

Dalam dua minggu sejak debat tanggal 27 Juni, Biden kembali menunjukkan kinerja yang mengecewakan dalam wawancara dengan ABC News, sehingga memperkuat kekhawatiran beberapa anggota Partai Demokrat atas kemampuannya untuk mengalahkan saingannya dari Partai Republik Donald Trump dalam pemilu tanggal 5 November atau menjalani masa jabatan empat tahun lagi.

Namun Biden juga berpartisipasi dalam beragam acara publik tanpa henti, termasuk kampanye di North Carolina, New York, New Jersey, Pennsylvania, Wisconsin, dan Virginia.

Pidato KTT NATO yang dirancang dengan baik dan kuat pada hari Selasa ditutup dengan Biden dengan hati-hati mengalungkan Presidential Medal of Freedom di leher Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg, sehingga melegakan rekan-rekan Demokrat dan staf Gedung Putih.

Setiap penampilan Biden akan diawasi dengan cermat, selamanya, kata para analis.

Larry Sabato, kepala Pusat Politik Universitas Virginia, mengatakan Biden berada dalam wilayah yang "sangat tidak biasa" bagi seorang presiden Amerika.

“Jika itu kesalahan kecil, melontarkan kata-kata kotor atau semacamnya, saya kira masyarakat akan membiarkannya begitu saja. Namun jika ada sesuatu yang mendekati apa yang kita lihat dalam debat tersebut, Partai Demokrat akan dilanda kekacauan,” kata Sabato.

Sekalipun Biden tidak pernah mengulangi perilaku debatnya, ia menghadapi risiko bahwa momentum untuk menyingkirkannya masih bisa tumbuh.

Beberapa anggota Partai Demokrat berpendapat bahwa lebih sering menampilkan Biden akan membantu meredakan kekhawatiran.

Selama tiga setengah tahun masa jabatannya, Biden telah mengadakan lebih sedikit konferensi pers dan wawancara dibandingkan presiden-presiden yang menjabat pada masa pemerintahan Ronald Reagan pada tahun 1980-an pada periode yang sama dalam masa kepresidenan mereka, menurut data dari pakar kepresidenan Martha Joynt Kumar.

Dia mengadakan rata-rata 10,5 konferensi pers per tahun, dibandingkan dengan 22 konferensi pers per tahun untuk Trump dan 35,5 konferensi pers untuk George H.W. Bush, menurut sebuah analisis, membuka peluang baru bagi Universitas California di Santa Barbara. Reagan memiliki lebih sedikit dengan 5,8 per tahun.

Biden menjawab lebih banyak pertanyaan dibandingkan Bill Clinton atau Barack Obama, namun lebih sedikit dibandingkan George H.W. Bush dan George W. Bush, dan jauh lebih sedikit dibandingkan Trump.

Setelah konferensi pers hari Kamis, wawancara besar Biden berikutnya adalah dengan pembawa acara NBC Lester Holt pada hari Senin.

“Akan ada banyak perhatian terhadap setiap langkah yang diambil Biden,” kata ahli strategi Partai Demokrat yang memiliki hubungan dekat dengan Gedung Putih. “Akan ada pengawasan lebih dekat – segala sesuatu yang dia katakan dan lakukan.”

Para pembantu utama Biden memikirkan tentang hambatan kinerja dan penampilannya sehari-hari dalam tiga fase: Memberikan pidato besar mengenai hak-hak sipil di Austin, Texas pada hari Senin, kemudian konvensi Partai Demokrat di Chicago di mana Biden akan dicalonkan secara resmi pada pertengahan tahun. -Agustus dan dari situlah dorongan terakhir menuju Hari Pemilihan pada 5 November, kata seorang sumber yang mengetahui langsung.

Pidatonya di Texas di perpustakaan kepresidenan pada tahun 1960-an dengan Presiden Lyndon Johnson mungkin mirip dengan Johnson, yang mengundurkan diri dari pencalonan Partai Demokrat pada tahun 1968 karena penanganannya terhadap Perang Vietnam.
Biden, seorang politisi karir, memiliki sejarah mengatakan hal yang salah ketika masih muda.

Sebagai presiden, ia mendapat kecaman karena mengatakan Amerika Serikat akan membela Taiwan secara militer jika negara Asia itu diserang oleh Tiongkok, sebuah kebijakan yang ambigu, dan karena menyebut pemimpin Tiongkok Xi Jinping sebagai "diktator".

Baru-baru ini, Gedung Putih dan Biden membatasi interaksi informal dengan wartawan yang menghasilkan jawaban dadakan atas pertanyaan-pertanyaan yang diteriakkan saat dia bepergian atau meninggalkan suatu acara. Pada tahun 2021, Biden mengadakan 158 “pertukaran dengan wartawan,” menurut proyek UC Santa Barbara. Dia seperti yang baru berusia 38 tahun ini hingga 9 Juni.

Jalan yang harus ditempuh presiden petahana sebelum pemilu masih panjang. Menanti: Debat lain melawan Trump dijadwalkan pada 10 September.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Partai Demokrat Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :