Minggu, 08/09/2024 05:42 WIB

Invasi Rusia Memaksa Presiden Ukraina Bertindak Keras Demi Dukungan Internasional

Invasi Rusia Memaksa Presiden Ukraina Bertindak Keras Demi Dukungan Internasional

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbicara saat wawancara dengan Reuters, di Kyiv, Ukraina 20 Mei 2024. REUTERS

KYIV - Intens. Tidak sabar. Kurang tidur. Masuki dunia Volodymyr Zelenskiy, presiden masa perang Ukraina yang tiada henti.
Pria berusia 46 tahun itu mengatakan ambisinya ketika terpilih pada tahun 2019 adalah membantu Ukraina menjadi negara demokrasi modern, sebelum misi tersebut hancur oleh invasi Rusia pada tahun 2022.

“Yang saya inginkan lima tahun lalu adalah negara yang sangat liberal dengan ekonomi liberal,” kata Zelenskiy, mantan stand-up comic, kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada bulan Mei pada ulang tahun kelima pelantikannya.

Minggu ini, dia malah menyatakan keinginannya untuk membunuh Presiden Rusia Vladimir Putin ketika dia mengungkapkan kemarahan dan kesedihannya atas serangan udara yang menghantam rumah sakit anak-anak terbesar di Ukraina.

Zelenskiy yang keras kepala karena perang dan mendesak para pemimpin Barat untuk mengambil tindakan pada KTT NATO di Washington dalam beberapa hari terakhir, sangat berbeda dengan tokoh politik pemula yang menjadi presiden, apalagi komedian TV yang merupakan bintang dunia hiburan kelas berat selama bertahun-tahun sebelumnya.

Dia bahkan pernah memenangkan "Dancing with the Stars" versi Ukraina.

Zelenskiy yang bercukur bersih dan kekanak-kanakan yang dilantik sebagai presiden di Kyiv pada tahun 2019 dengan mengenakan setelan bergaya yang sesuai dengan bentuk tubuhnya yang ramping telah digantikan oleh sosok yang jauh lebih tua, berbadan tegap, dan merenung yang biasanya mengenakan seragam paramiliter dengan janggut yang tidak dicukur dan lingkaran hitam di bawah matanya.

Zelenskiy lebih banyak menghindari pertanyaan tentang dirinya dalam wawancara dengan Reuters, dan malah berfokus pada rasa frustrasinya yang mendalam terhadap beberapa sekutu Ukraina pada masa perang dan kembali ke pesan utamanya: Barat harus berbuat lebih banyak untuk membantu.

Reuters berbicara dengan delapan pejabat Ukraina dan asing yang pernah bekerja dengan Zelenskiy, serta beberapa teman dan kolega dari masa lalunya.

Mereka melukiskan gambaran seorang pemimpin yang menjadi lebih tangguh dan tegas, kurang toleran terhadap kesalahan dan bahkan rentan terhadap paranoia, saat ia mengatasi stres dan kelelahan sepanjang waktu.

“Ini adalah rezim yang kurang tidur,” kata mantan menteri pertahanan Zelenskiy, Oleksii Reznikov, seraya menambahkan bahwa presiden sering bepergian di sekitar Ukraina dan membawa “tas” berisi pakaian ganti dan sikat gigi karena dia sering tidak tidur. tahu di mana dia akan bermalam.

"Ini adalah kehidupan sehari-hari presiden - tidur yang tidak nyenyak. Ini adalah konsultasi di malam hari dan pidato di parlemen, senat ... kapan pun waktunya," kata Reznikov. “Dia berada dalam mode stres 24 jam sehari, tujuh hari seminggu – ini adalah maraton yang tidak pernah berakhir.”

Hanya ada sedikit toleransi bagi mereka yang kurang siap.
Zelenskiy akan memerintahkan para pejabat dan penasihatnya keluar dari ruangan jika dia merasa mereka belum sepenuhnya siap, menurut salah satu anggota timnya, yang menceritakan bagaimana presiden memecat para pembantunya karena frustrasi dalam pertemuan awal tahun ini untuk merencanakan kampanye informasi seputar penggerak mobilisasi.

“Jika dia melihat orang-orang tidak siap atau saling bertentangan, dia akan berkata, keluar dari sini. Saya tidak punya waktu untuk ini,” kata anggota tim yang hadir dalam pertemuan tersebut dan meminta tidak disebutkan namanya untuk berbicara. bebas tentang Zelenskiy.

Banyak orang yang diwawancarai mengaku terkesan dengan ketahanan mental Zelenskiy dan kemampuannya menjalankan perannya sebagai presiden Ukraina, panglima tertinggi pada masa perang, dan jembatan menuju dunia.

"Ingatannya adalah kekuatan yang sangat besar. Dia menyimpan banyak informasi di kepalanya, dia dengan cepat menangkap detail dan nuansa," kata Reznikov. "Hadiah ini mempercepat penguasaan bahasa Inggrisnya yang cepat - saya menontonnya."

Mantan menteri Reznikov, yang diberhentikan oleh Zelenskiy pada September 2023 setelah skandal korupsi di kementeriannya yang ia sangkal ada kaitannya, menampik anggapan bahwa mantan pelawak TV dengan sedikit pengalaman geopolitik dapat melawan kekuatan Rusia di bawah kepemimpinan Vladimir Putin, yang kekuatannya sangat besar melebihi jumlah dan mengalahkan Ukraina.

“Saya akan menerapkan kutipan Mark Twain kepada Presiden Zelenskiy,” tambahnya. "Yang penting bukanlah ukuran anjing yang sedang bertarung; namun ukuran pertarungan dalam diri anjing."

Pada saat yang sama, Zelenskiy menjadi semakin “paranoid” terhadap dugaan upaya Rusia untuk membunuhnya dan mengacaukan kepemimpinan Ukraina. Hal ini dikatakan seorang pejabat senior Eropa yang telah mengadakan pembicaraan dengan pemimpin tersebut.
"Dan memang demikian," pejabat itu menambahkan.

Permohonan keras Zelenskiy pada KTT NATO minggu ini menunjukkan sebuah tandingan terhadap sketsa komedi tidak sopan yang membuat penonton tertawa terbahak-bahak di tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu klip YouTube dari tahun 2016 menunjukkan pemimpin masa depan Ukraina berdiri di belakang piano dengan celana panjang melingkari pergelangan kaki, "memainkan" lagu meskipun tangannya tidak berada di dekat keyboard, sehingga menyenangkan penonton.

“Tentu saja dia berubah dalam lima tahun terakhir,” kata Andriy Shaykan, yang belajar dengan Zelenskiy di Institut Ekonomi Kryvyi Rih antara tahun 1995 dan 2000. “Dia menjadi lebih tua, sebagai orang yang mendapat beban luar biasa. beberapa jam setiap malam. Tekanan yang sangat besar itu - itu terlihat."

Zelenskiy tumbuh pada tahun 1990-an di Kryvyi Rih, sebuah kota pembuat baja di Ukraina tengah yang dilanda gejolak ekonomi dan kejahatan yang merajalela setelah pecahnya Uni Soviet.

Dia menemukan ceruknya di dunia hiburan, membangun grup komedi terkenal - bernama Kvartal 95 setelah distrik asalnya - yang memenangkan acara pencarian bakat TV Rusia KVN yang populer di wilayah bekas Soviet.

Pada tahun 2015, Zelenskiy membintangi sitkom TV baru "Pelayan Rakyat", berperan sebagai guru sekolah jujur yang menjadi presiden Ukraina setelah kata-kata kasar di kelas tentang korupsi menjadi viral secara online.

Peran tersebut menyentuh hati masyarakat Ukraina yang muak dengan korupsi pasca-Soviet dan, dalam kasus luar biasa dimana kehidupan meniru seni, membantu melambungkannya ke kantor presiden dengan suara terbanyak.

Artem Gagarin, penulis Kvartal 95, mengaku bingung saat mantan bosnya memutuskan mencalonkan diri.

"Dia adalah komedian ternama di Ukraina, dan pada dasarnya adalah pengusaha pertunjukan ternama. Mengapa dia membutuhkan ini?"

Lima tahun kemudian, dia bersyukur Zelenskiy memilih jalan yang dia pilih, karena dia telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin alami.
"Kalau tidak, di manakah kita sekarang?"

Zelenskiy tentu saja tidak disukai secara universal di rumah.
Peringkat dukungan publik terhadapnya, yang melonjak menjadi 90% pada tahun 2022 setelah invasi ketika warga Ukraina berkumpul, telah terseret oleh kelelahan akibat perang, upaya wajib militer yang tidak populer, pemecatan seorang jenderal yang dihormati, dan pandangan suram di medan perang yang dialami Rusia. perlahan maju di timur dalam beberapa bulan terakhir.

Seorang presiden yang terpilih untuk mengeringkan rawa-rawa kemapanan dalam ekspresi keras demokrasi Ukraina telah menjadi penguasa negara yang berada di bawah darurat militer.

Saingan politik utama Zelenskiy tidak dapat mengambil keputusan penting mengenai isu-isu seperti strategi militer, pemerintahan dan hubungan internasional selama perang dan banyak warga Ukraina yang menyuarakan kegelisahan atas terkonsentrasinya kekuasaan di tangan Zelenskiy.

“Masyarakat sekarang tidak memandangnya seperti sebelumnya, sebagai politisi anti kemapanan, mantan komedian,” kata Anton Hrushetskyi, direktur eksekutif lembaga jajak pendapat KIIS yang berbasis di Kyiv. “Mereka melihatnya sebagai pemimpin militer dan semua lelucon dari masa lalu, orang-orang meninggalkannya di masa lalu.”

Persetujuan publik terhadap Zelenskiy telah stabil di kisaran 60%, angka yang “tinggi mengingat situasi sulit secara keseluruhan” dari perang yang berlarut-larut tanpa tanda-tanda akan berakhir, Hrushetskyi menambahkan.

Perwakilan AS Michael McCaul, ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR dari Partai Republik yang telah bertemu Zelenskiy beberapa kali di Ukraina dan di Washington, mengatakan kepada Reuters bahwa posisinya telah berkembang sebagai pemimpin masa perang yang menginspirasi.

Proses itu dimulai ketika dia menolak dievakuasi oleh Barat pada awal perang ketika pasukan Rusia menyerang Kyiv, kata McCaul.
“Zelenskiy selalu serius dan langsung pada pokok persoalannya,” tambahnya. “Saya ingat bertemu dengannya dan para jenderalnya dan mereka memberi saya daftar senjata yang mereka inginkan.”

Meskipun memiliki pendukung seperti McCaul dan Presiden AS Joe Biden, Zelenskiy telah berjuang untuk mempertahankan perhatian global atas penderitaan Ukraina sejak perang Israel-Hamas meletus pada Oktober tahun lalu.

Seruannya yang terus-menerus untuk meminta lebih banyak bantuan dari Barat sering kali dipenuhi dengan kemarahan moral karena Ukraina harus membayar dengan darah untuk membela dunia demokratis dari Rusia.

“Dia mengulangi 15 kali apa yang dia perlukan, bahwa kita perlu berbuat lebih banyak atau menghadapi konsekuensinya, dan dia tidak membiarkannya begitu saja,” kata pejabat senior Eropa itu.
Pemimpin Ukraina semakin frustrasi terhadap negara-negara Barat, menurut pejabat Eropa kedua yang mengatakan bahwa ia disarankan untuk "berhati-hati" untuk menghindari mengasingkan sekutu yang sangat dibutuhkannya.

Pada pertemuan dan panggilan telepon dengan pejabat asing, Zelenskiy menyampaikan pesan yang sama, tanpa henti memperjuangkan tujuannya, kata dua pejabat Eropa kepada Reuters.

Baru-baru ini, dalam perubahan penekanan yang halus namun penting sejak pertemuan puncak di Swiss diadakan untuk menggalang dukungan internasional dan mengisolasi Rusia, ia telah menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan resolusi perang yang adil dan berbicara tentang pertemuan puncak kedua pada akhir tahun ini yang dapat mencakup perwakilan dari Moskow.

“Kami tidak mau kita tidak boleh menunda perang ini dan kita harus mencapai perdamaian yang adil sesegera mungkin,” katanya di Kyiv setelah pembicaraan dengan presiden Slovenia pada 28 Juni.

Mencoba untuk meningkatkan tekanan terhadap NATO dalam perjalanannya ke pertemuan puncak di Vilnius tahun lalu, Zelenskiy mengecam aliansi militer tersebut dengan mengatakan bahwa “tidak masuk akal” jika mereka gagal memberikan jadwal yang jelas bagi Kyiv untuk bergabung.

Di Washington minggu ini, dengan tujuan yang masih belum tercapai, kepemimpinan Ukraina tidak terlalu kasar, dan kepala stafnya mengatakan dia senang dengan hasilnya.

Zelenskiy sendiri telah menepis pertanyaan tentang bagaimana kinerjanya sebagai pemimpin Ukraina dalam keadaan luar biasa.
“Saya tidak bisa menilai aktivitas saya, menurut saya itu sangat tidak etis,” katanya dalam wawancara dengan Reuters di kantornya di pusat kota Kyiv untuk memperingati lima tahun kekuasaannya.
"Saya bangga menjadi presiden Ukraina – ini adalah sikap saya selama lima tahun ini."

KEYWORD :

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy Invasi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :