Kamis, 19/09/2024 06:01 WIB

Rektor Tuntut Lulusan UT Beri Dampak ke Masyarakat

Kehadiran lulusan Universitas Terbuka di tengah-tengah masyarakat, menurut Rektor UT, harus menjadi bagian dari solusi terkait masalah yang ada.

Konferensi pers seminar wisuda Universitas Terbuka (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Darojat, mengatakan bahwa para lulusan idealnya tidak hanya mampu menorehkan prestasi di bidang akademik, melainkan juga memberikan dampak kepada masyarakat.

Karena itu, kehadiran lulusan Universitas Terbuka di tengah-tengah masyarakat, menurut Ojat, harus menjadi bagian dari solusi terkait masalah yang ada.

Hal ini disampaikan di depan 1.800 wisudawan-wisudawati UT dalam kegiatan seminar wisuda bertema `Ukir Masa Depan Berkualitas, Maju Mendunia Bersama UT` yang digelar pada Senin (15/7) kemarin di Kampus UT, Tangerang Selatan.

"Tema wisuda kali ini mengukir prestasi. Jadi kita paham betul bahwa kita tugas UT bukan hanya mengantarkan prestasi akademik, tapi ingin mengantarkan lulusan hidup di tengah masyarakat," kata Prof. Ojat kepada awak media.

Apalagi dengan semakin meningkatnya layanan dan fasilitas penunjang pembelajaran yang dimiliki UT saat ini, serta ditunjang dengan akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang unggul, maka diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

"Dengan berbagai layanan yang kami berikan kepada mahasiswa, sehingga tidak terdengar lagi mitos masuk UT gampang masuk susah keluar," ujar Prof. Ojat.

Kegiatan seminar wisuda juga diisi dengan pelaksanaan penandatanganan naskah kerja sama (MoU) antara Universitas Terbuka dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI). Kerja sama ini terkait penyelenggaraan program S-1 dan S-2 untuk pendidikan guru usia dini.

Prof. Ojat mengatakan, dengan kerja sama tersebut maka kini UT tidak hanya menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru PAUD/TK, melainkan juga kepada calon guru PAUD/TK.

"Kalau dulu hanya yang sudah jadi guru PAUD, tapi sekarang menyasar calon guru PAUD. Mudah-mudahan dengan adanya MoU, IGTKI akan membawa ini ke seluruh Indonesia. Jadi akan semakin banyak yang tahu di UT ada PPG PAUD prajabatan," kata Prof. Ojat.

KEYWORD :

Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat Seminar Wisuda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :