Jum'at, 18/10/2024 11:33 WIB

Mathali`ul Falah Luncurkan Gerakan Wakaf Pendirian MIP

Keluarga Mathal`ul Falah (KMF) meresmikan gerakan wakaf untuk pendirian Mathali`ul Falah International Pesantren (MIP) pada Selasa (16/7).

Peluncuran gerakan wakaf untuk pendirian MIP (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Keluarga Mathal`ul Falah (KMF) meresmikan gerakan wakaf untuk pendirian Mathali`ul Falah International Pesantren (MIP) pada Selasa (16/7).

Peluncuran ini dihadiri oleh Ketua KMF Marwan Jafar, Rektor Institut Pesantren Mathali`ul Falah (Ipmafa) Kiai Abdul Ghofar Rozin, Direktur Perguruan Islam Mathali`ul Falah (PIM) Kiai Mohammad Abbad, dan Dewan Pertimbangan Direktur PIM.

Marwan Jafar menyampaikan bahwa PIM atau yang biasa disebut `Mathole` sudah berkontribusi besar dalam dunia pendidikan selama ini. Terbukti dalam seabad terakhir, PIM telah melahirkan para ulama besar dan para pendakwah yang mendidik dan mendampingi masyarakat.

"Di 100 tahun ke depan mathole` harus memperluas medan dahwah dan model pendidikannya, yaitu dengan membuat sekolah yang merespon perkembangan zaman, modern dan mengglobal," kata Marwan.

Direktur PIM mengatakan meski merupakan anagram dari PIM, bukan berarti MIP kebalikan dari PIM yang selama ini konsen dalam hal tafaqquh fiddin.

"MIP tetap didesain mempertahankan nilai-nilai tafaquh fiddin dan meneguhi nilai-nilai insan sholih akrom sebagai karakter Mathole` dengan konsep utama Salih Akram Values of International Excelence (SAVIE)," ujar Mohammad Abad.

"Insan solih akrom merupakan karakter yang khas milik PIM dan selama ini berhasil menjadi semacam penanda bagi alumni dan muhibbin di manapun berada agar tidak akan melupakan pesan para guru dan masyayikh akan kematholi`annya sebagai insan solih akrom," dia menambahkan.

Sementara itu, Rektor Ipmafa mengatakan Mathali`ul Falah di tengah situasi dunia pendidikan saat ini yang penuh tantangan, perlu tetap mempertahankan sel-sel lama sebagai basis utama Mathali`ul Falah.

"Juga mesti mulai memperhatikan kebutuhan sel-sel baru sebagai bentuk ekspansi pendidikan, dalam rangka menjaga eksistensi PIM agar semakin kuat. Dalam konteks ini MIP menjadi relevan," kata Kiai Abdul Ghofar.

Diketahui, MIP Mathaliul International Pesantren: Junior & High School rencananya akan dibangun di atas tanah seluas 3,5 hektar di daerah sekitar Ambarawa, Semarang.

KEYWORD :

Mathali`ul Falah Gerakan Wakaf Pendirian MIP Marwan Jafar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :