Sabtu, 21/09/2024 09:43 WIB

JD Vance Pernah Sebut Trump Idiot, Kini Berpasangan Jadi Calon Wakil Presiden

JD Vance Pernah Sebut Trump Idiot, Kini Berpasangan Jadi Calon Wakil Presiden

Senator AS JD Vance mendengarkan mantan Presiden Donald Trump berpidato di Pool Press di luar ruang Pengadilan Kriminal Manhattan di NYC 13 Mei 2024. Foto via REUTERS

MILWAUKEE - Delapan tahun lalu, menjelang pemilihan presiden tahun 2016, J.D. Vance adalah seorang kritikus keras terhadap Donald Trump.

Di depan umum, dia menyebut calon presiden dari Partai Republik itu "idiot" dan mengatakan dia "tercela". Secara pribadi, dia membandingkannya dengan Adolf Hitler.

Namun ketika mantan presiden tersebut menunjuk Vance sebagai pasangannya pada hari Senin, warga Ohio ini telah menjadi salah satu pembela Trump yang paling bersemangat, berdiri di sisinya bahkan ketika tokoh-tokoh penting Partai Republik lainnya menolak untuk melakukannya.

Transformasi James David Vance - dari yang menyebut dirinya "tidak pernah menjadi Trumper" menjadi loyalis yang setia - menjadikannya sosok yang relatif tidak biasa di lingkaran dalam Trump.

Partai Demokrat dan bahkan beberapa anggota Partai Republik mempertanyakan apakah Vance, yang menulis memoar terlaris “Hillbilly Elegy” dan sekarang menjadi senator AS dari Ohio, lebih didorong oleh oportunisme daripada ideologi.

Namun Trump, yang selamat dari upaya pembunuhan pada rapat umum kampanye di Pennsylvania pada hari Sabtu, dan banyak penasihatnya melihat transformasi yang dilakukannya sebagai hal yang asli.

Mereka menunjukkan bahwa keyakinan politik Vance – yang memadukan isolasionisme dengan populisme ekonomi – sejalan dengan keyakinan Trump, dan membuat keduanya berselisih dengan partai lama Partai Republik, di mana para pemimpin kebijakan luar negeri dan pendukung pasar bebas masih memegang kendali.

Senator Partai Republik John Barrasso dari Wyoming, yang digambarkan Vance sebagai mentornya, mengatakan kepada Reuters bahwa Vance mengubah pandangannya terhadap Trump karena “dia melihat keberhasilan yang dibawa oleh Presiden Trump sebagai presiden ke negara ini.”

Secara khusus, penolakan Vance yang vokal terhadap bantuan AS untuk Ukraina dalam perangnya dengan Rusia telah menyenangkan sekutu Trump yang paling konservatif, meskipun hal ini telah membuat marah beberapa rekan Senatnya.

“Dia memahami apa yang dijalankan Trump dan, tidak seperti anggota Partai Republik lainnya di Washington, dia menyetujuinya,” kata komentator konservatif Tucker Carlson, pendukung vokal Vance, kepada Reuters.

Vance, 39, dilahirkan di sebuah rumah miskin di Ohio selatan. Pilihannya dapat membantu meningkatkan kredibilitas kampanye Trump di Rust Belt dalam pemilihan yang akan ditentukan oleh pemilih di beberapa negara bagian yang menjadi medan pertempuran, termasuk Pennsylvania dan Michigan, meskipun pandangan konservatifnya mungkin tidak disukai oleh pemilih moderat.

“Sejauh dia bisa melakukan apa pun untuk mendapatkan calon presiden tersebut, hal itu adalah untuk mendapatkan kembali suara impian Amerika,” kata David Niven, seorang profesor politik di Universitas Cincinnati yang pernah bekerja sebagai penulis pidato untuk dua partai Demokrat. gubernur, mengacu pada kebangkitan Vance dari kemiskinan menjadi senator dan calon wakil presiden AS.

Setelah bertugas di Korps Marinir, bersekolah di Yale Law School dan bekerja sebagai pemodal ventura di San Francisco, Vance menjadi terkenal secara nasional berkat bukunya tahun 2016 "Hillbilly Elegy." Dalam memoar tersebut, ia mengeksplorasi masalah sosial ekonomi yang dihadapi kampung halamannya dan berusaha menjelaskan popularitas Trump di kalangan masyarakat kulit putih Amerika yang miskin kepada para pembaca.

Dia sangat kritis terhadap Trump, baik secara publik maupun pribadi, pada tahun 2016 dan selama tahap awal masa jabatannya pada tahun 2017-2021.

“Saya bolak-balik berpikir bahwa Trump adalah orang brengsek sinis seperti Nixon yang tidak akan seburuk itu (dan bahkan mungkin berguna) atau bahwa dia adalah Hitler-nya Amerika,” tulisnya secara pribadi kepada seorang rekannya di Facebook pada tahun 2016.

Ketika komentar Hitler-nya pertama kali dilaporkan pada tahun 2022, seorang juru bicara tidak membantahnya, namun mengatakan bahwa komentar tersebut tidak lagi mewakili pandangan Vance.

Pada saat Vance mencalonkan diri sebagai Senat pada tahun 2022, demonstrasi kesetiaannya – termasuk meremehkan serangan 6 Januari 2021 terhadap Gedung Capitol AS oleh para pendukung Trump – sudah cukup untuk mendapatkan dukungan yang didambakan mantan presiden tersebut. Dukungan Trump membantu menempatkannya di posisi teratas dalam pemilihan pendahuluan yang kompetitif.

Dalam wawancara media, Vance mengatakan tidak ada momen "Eureka" yang mengubah pandangannya terhadap Trump. Sebaliknya, ia perlahan-lahan menyadari bahwa penolakannya terhadap mantan presiden tersebut berakar pada gaya, bukan substansi.

Misalnya, ia setuju dengan anggapan Trump bahwa perdagangan bebas telah melemahkan Amerika dengan menghancurkan manufaktur dalam negeri dan bahwa para pemimpin negara tersebut terlalu cepat terlibat dalam perang di luar negeri.

“Saya membiarkan diri saya terlalu fokus pada elemen gaya Trump sehingga saya mengabaikan cara dia secara substansial menawarkan sesuatu yang sangat menarik. berbeda dalam kebijakan luar negeri, perdagangan, dan imigrasi,” kata Vance kepada New York Times pada bulan Juni.

Dalam wawancara yang sama, Vance mengatakan bahwa dia bertemu Trump pada tahun 2021 dan keduanya semakin dekat selama kampanye Senatnya.

Vance menolak diwawancarai oleh Reuters untuk artikel ini dan juru bicaranya menolak berkomentar.

Para pengkritik senator Ohio ini melihat perubahan pandangannya sebagai taktik sinis untuk meningkatkan posisi politik Partai Republik.

“Apa yang Anda lihat adalah oportunisme yang sangat mendalam,” kata Niven, profesor politik.

Salah satu isu yang tampaknya sejalan dengan Trump adalah aborsi.
Vance menyiratkan dalam sebuah wawancara pada tahun 2021 bahwa korban pemerkosaan dan inses harus diharuskan untuk hamil sampai cukup bulan, dan pada bulan November ia menggambarkan pemungutan suara yang dilakukan oleh warga Ohio untuk menambahkan hak atas layanan aborsi ke dalam konstitusi negara bagian sebagai sebuah “pukulan yang menyakitkan.”

Tahun ini, dia mengatakan dia mendukung akses terhadap pil aborsi mifepristone, pandangan yang dianut Trump.

HUBUNGAN DENGAN TRUMP
Sebelum Vance menjalin hubungan dengan mantan presiden tersebut, dia semakin dekat dengan putra tertua Trump, Donald Trump Jr, menurut beberapa orang yang mengetahui hubungan mereka.

Vance pertama kali menarik perhatian Trump Jr ketika dia menentang bantuan ke Ukraina selama pemilihan pendahuluan Senat Ohio pada tahun 2022, menurut salah satu orang tersebut, sebuah posisi yang membuatnya berselisih dengan anggota Partai Republik lainnya dalam pencalonan.

Hubungan pribadi Vance dengan Trump sebagian besar berkembang selama pemilihan pendahuluan presiden dari Partai Republik awal tahun ini, kata orang tersebut. Keputusan Vance untuk mendukung Trump pada Januari 2023, jauh sebelum beberapa calon wakil presiden lainnya, merupakan bukti kesetiaan yang penting, tambah orang tersebut.

Pada bulan Februari 2023, Trump dan Vance mengunjungi Palestina Timur, Ohio, lokasi tergelincirnya kereta api beracun, sebuah perjalanan yang mengangkat profil nasional Vance. Mereka menggambarkan keputusan Presiden Partai Demokrat Joe Biden saat itu untuk tidak mengunjungi komunitas kelas pekerja sebagai pengkhianatan terhadap Amerika tengah.

Gedung Putih mencatat pada saat itu bahwa agen-agen federal berada di lokasi segera setelah penggelinciran tersebut, dan bahwa mengunjungi lokasi bencana dapat mengalihkan perhatian dari upaya pemulihan lokal. Biden akhirnya mengunjungi Palestina Timur kira-kira setahun kemudian, pada bulan Februari 2024.

Di balik layar, Vance telah membantu meyakinkan para donor kaya untuk membuka dompet mereka kepada Trump, menurut dua orang yang mengetahui operasi penggalangan dana Trump. Vance, misalnya, membantu mengadakan penggalangan dana di Bay Area pada bulan Juni yang diselenggarakan oleh pemodal ventura David Sacks dan Chamath Palihapitiya, kata salah satu dari mereka.

Di luar jalur kampanye, beberapa sekutu penting Trump – termasuk Donald Trump Jr, Carlson, dan Steve Bannon – merasa senang dengan masa jabatan singkat Vance di Capitol Hill. Semua individu tersebut memiliki banyak pengikut konservatif, dan persetujuan mereka dapat membantu mendorong Partai Republik ke tempat pemungutan suara.

Skeptisisme Vance terhadap korporasi Amerika, dukungan terhadap tarif, kelelahan terhadap keterlibatan asing, dan masa mudanya menjadikannya suara utama Partai Republik baru yang lebih fokus pada kelas pekerja daripada bisnis besar di mata para pendukungnya.

"Saya pikir dalam hal mengajukan diri, dia bisa mengartikulasikan kepedihan yang dirasakan keluarga Amerika lebih baik dibandingkan orang lain," kata Senator Barrasso.

Vance dikritik karena hanya meniru Trump.
“Vance adalah cerminan Trump,” kata Niven, “bukan suara baru.”

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Cawapres JD Vance




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :