Sabtu, 21/09/2024 10:04 WIB

Vance Terpilih Jadi Cawapres Trump, Warga Eropa Khawatirkan Bantuan untuk Ukraina

Vance Terpilih Jadi Cawapres Trump, Warga Eropa Khawatirkan Bantuan untuk Ukraina

Kandidat Senat AS dari Partai Republik JD Vance berbicara kepada peserta rapat umumdi Youngstown, Ohio, AS, 17 September 2022. REUTERS

BRUSSELS - Pada bulan Februari, elit politik dan kebijakan luar negeri Eropa mendengar langsung dari Senator J.D. Vance mengenai penolakannya terhadap bantuan militer untuk Ukraina. Dia juga memberi peringatan blak-blakan bahwa Eropa tidak akan terlalu bergantung pada Amerika Serikat untuk mempertahankan benua tersebut.

Jika komentar-komentar pada Konferensi Keamanan tahunan Munich tersebut merupakan peringatan pertama, maka peringatan kini sudah terdengar keras di seluruh benua setelah Donald Trump dari Partai Republik memilih Vance sebagai kandidat wakil presiden untuk pemilu AS bulan November.

“Pemilihannya sebagai calon wakil presiden mengkhawatirkan Eropa,” kata Ricarda Lang, salah satu pemimpin Partai Hijau Jerman yang merupakan bagian dari pemerintahan Kanselir Olaf Scholz, yang ikut serta dalam diskusi panel dengan Vance di Munich.

Keputusan tersebut memicu kekhawatiran di Eropa bahwa jika Trump kembali ke Gedung Putih, ia akan membatalkan, atau mengekang, dukungan AS terhadap Kyiv dan mendorong Ukraina ke dalam perundingan damai untuk mengakhiri perang yang akan memberi Moskow sebagian besar wilayah Ukraina dan membuat Presiden Rusia Vladimir semakin berani. Putin akan melanjutkan petualangan militernya lebih lanjut.

Pandangan tersebut diperkuat oleh surat kepada para pemimpin Uni Eropa dari Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban, yang mengunjungi Trump pekan lalu. Orban, sekutu Trump, mengatakan mantan presiden itu akan “siap bertindak sebagai perantara perdamaian segera” jika dia menang pada bulan November.

Lang mengatakan, membuka tab baru di X yang telah dijelaskan Vance dengan sangat jelas di Munich betapa cepatnya dia dan Trump akan "menyerahkan Ukraina kepada Putin".

Pada konferensi Munich, Vance mengatakan Putin tidak menimbulkan ancaman nyata terhadap Eropa, dan Amerika serta Eropa tidak dapat menyediakan amunisi yang cukup untuk mengalahkan Rusia di Ukraina.

Ia berpendapat bahwa prioritas strategis Amerika Serikat lebih banyak terletak di Asia dan Timur Tengah.

“Ada banyak orang jahat di seluruh dunia. Dan saya jauh lebih tertarik pada beberapa masalah di Asia Timur saat ini dibandingkan di Eropa,” katanya dalam konferensi tersebut.
Berbicara di podcast dengan sekutu Trump Steve Bannon pada tahun 2022, Vance berkata: "Saya tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi di Ukraina."

Di Munich, ia menganjurkan "perdamaian yang dinegosiasikan" dan mengatakan menurutnya Rusia mempunyai insentif untuk ikut serta dalam perundingan.

Sikap tersebut sangat kontras dengan pandangan sebagian besar pemimpin Eropa, yang berpendapat bahwa Barat harus terus mendukung Ukraina secara besar-besaran dengan bantuan militer dan mengatakan mereka tidak melihat tanda-tanda Putin bersedia terlibat dalam perundingan serius.

Vance juga memberikan suara menentang rancangan undang-undang pendanaan AS untuk Ukraina yang akhirnya disahkan pada bulan April. Dalam opini New York Times yang membenarkan keputusannya, ia berpendapat Kyiv dan Washington harus mengabaikan tujuan Ukraina untuk kembali ke perbatasannya dengan Rusia pada tahun 1991.

Nils Schmid, juru bicara kebijakan luar negeri partai Sosial Demokrat pimpinan Scholz, mengatakan dia telah mengamati Vance di Munich dan menyimpulkan bahwa senator tersebut menganggap dirinya sebagai juru bicara Trump.

“Dia mengambil sikap yang lebih radikal terhadap Ukraina dibandingkan Trump dan ingin mengakhiri dukungan militer. Dalam hal kebijakan luar negeri, dia lebih isolasionis dibandingkan Trump,” kata Schmid kepada Reuters.

Namun beberapa pihak memperingatkan agar tidak mengambil kesimpulan tentang Vance, yang lahir di keluarga miskin di Ohio selatan.

“J.D. Vance adalah seorang Kristen yang taat dan keadaan masa kecilnya memberi saya harapan besar bahwa dia, seperti Ketua Mike Johnson, akan menyimpulkan bahwa dukungan AS untuk Ukraina adalah satu-satunya pilihan,” kata Melinda Haring, penasihat senior Razom untuk Ukraina. sebuah organisasi amal yang berbasis di AS yang melakukan advokasi untuk Ukraina.

"Meski Vance tampil tegas menentang Ukraina, dia belum menduduki posisi puncak dan sebagai wakil presiden saya berharap pandangannya akan berkembang."

Beberapa diplomat juga memperingatkan bahwa pemilu AS masih jauh dari selesai.
“Kita harus berhenti menciptakan ramalan yang menjadi kenyataan. Trump belum menang dan Biden belum kalah,” kata seorang diplomat Prancis.

Di Ukraina, para politisi berhati-hati dalam mengkritik Vance secara terbuka, karena mereka mungkin harus berurusan dengan dia sebagai wakil presiden AS. Namun beberapa pihak mengaku menyimpan kekhawatiran.

Oleksiy Honcharenko, seorang anggota parlemen dari partai oposisi Solidaritas Eropa, mengatakan dia telah bertemu Vance di konferensi Munich dan menganggapnya sebagai "orang yang sangat cerdas dan berkepala dingin".

"Apakah ada kekhawatiran mengenai pernyataan Vance? Tentu saja. AS adalah sekutu terbesar dan terpenting kami," katanya kepada Reuters.

“Kita harus tetap menjadi sekutu dan menunjukkan kepada AS bahwa Ukraina tidak hanya membutuhkan bantuan, namun juga dapat membantu dirinya sendiri.”

Maryan Zablotskyy, anggota parlemen dari Partai Hamba Rakyat pimpinan Presiden Volodymyr Zelenskiy, berpendapat bahwa Rusia merugikan kepentingan AS di banyak bidang. Dia mengatakan politisi AS mana pun yang mengejar agenda America First "tidak akan pernah bersikap positif terhadap Rusia".

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Cawapres JD Vance




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :