Selasa, 17/09/2024 02:20 WIB

Perusahaan Logistik yang Terkait dengan Jerman Bantu Produsen Rusia yang Diberi Sanksi

Perusahaan Logistik yang Terkait dengan Jerman Bantu Produsen Rusia yang Diberi Sanksi

Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengendarai mobil Aurus di Pyongyang, Korea Utara yang dirilis KCNA pada 20 Juni 2024 via REUTERS

PARIS - Segera setelah pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, perusahaan pengiriman barang Hellmann Worldwide Logistics memberi tahu staf di bisnisnya di Moskow bahwa mereka akan menarik diri dari Rusia. Beberapa orang yang pernah bekerja di perusahaan Jerman melihat peluang.

Sebelum perang, kantor Hellmann di Moskow telah membantu perusahaan-perusahaan industri Rusia mengirimkan peralatan, suku cadang, dan peralatan dari Barat ke Rusia. Namun setelah invasi, pengiriman tersebut sangat dibatasi oleh sanksi internasional.

Sebaliknya, sebuah perusahaan yang terdaftar di Rusia bernama Heinrich Tapp Rus (HT Rus) – yang pemiliknya pada saat itu termasuk setidaknya dua mantan karyawan Hellmann – mengambil alih hubungan dengan banyak klien lama Hellmann.

Situs web HT Rus menawarkan "impor paralel" kepada klien di Rusia, sebuah istilah yang banyak digunakan untuk menggambarkan pengiriman barang melalui negara ketiga seperti Turki atau Uni Emirat Arab untuk menghindari sanksi Barat. Dalam materi pemasarannya, perusahaan ini mengadopsi moto perusahaan: "Realitas baru – peluang baru."

Dengan menggunakan dokumen pajak Rusia untuk tahun 2023 dan 2024, serta daftar perusahaan resmi di Rusia dan Jerman, Reuters menemukan bahwa HT Rus telah memberikan layanan kepada klien Rusia yang terkena sanksi internasional karena mendukung mesin perang Kremlin.

Perusahaan tersebut, yang melaporkan pendapatan sekitar $17,5 juta tahun lalu, telah bekerja sama dengan pelanggan Rusia termasuk: Aurus, perusahaan yang membuat limusin Vladimir Putin; anak perusahaan Kamaz, pembuat truk militer Rusia; dan Pabrik Baterai Tyumen, pemasok baterai untuk produsen senjata, menurut dokumen pajak Rusia.

Reuters tidak dapat menentukan apakah HT Rus menawarkan layanan "impor paralel" kepada perusahaan-perusahaan tersebut, karena dokumen pajak tidak mengungkapkan sifat layanan yang diberikan.

Kamaz mengatakan informasi dalam dokumen pajak salah, atau mereka tidak mengetahuinya, namun tidak memberikan rincian spesifik. Pabrik Baterai Aurus dan Tyumen tidak menanggapi permintaan komentar.

HT Rus adalah salah satu dari banyak perantara yang menawarkan bantuan kepada pelanggan untuk menghindari sanksi Barat dan menggunakan pengiriman melalui negara ketiga untuk menyediakan barang-barang industri ke Rusia.

Kegiatan tersebut hanya merupakan pelanggaran sanksi apabila barang tersebut terkena sanksi, atau perantaranya bekerja sama dengan pihak yang dikenakan sanksi. HT Rus menonjol karena sangat sedikit kasus yang muncul secara terbuka di mana warga negara Uni Eropa kedapatan melakukan bisnis, secara langsung atau melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, dengan entitas yang terkena sanksi, berdasarkan analisis Reuters terhadap kasus pelanggaran sanksi.

HT Rus dimiliki oleh sebuah perusahaan yang terdaftar di Jerman di mana seorang pengusaha Jerman sebagai pemegang sahamnya. Hingga bulan lalu, terdapat seorang warga Jerman lainnya sebagai direkturnya, menurut catatan perusahaan.

Berdasarkan undang-undang AS dan UE yang mengatur sanksi terhadap Rusia, perusahaan mana pun yang melakukan bisnis dengan perusahaan Rusia yang masuk daftar hitam internasional berarti melanggar sanksi. Bagi sebuah perusahaan Barat yang terbukti mempengaruhi aktivitas penghapusan sanksi, hal ini dapat mengakibatkan perusahaan tersebut terkena sanksi – sehingga sulit melakukan bisnis – atau dituntut.

Hellmann Worldwide Logistics mengatakan hal itu tidak ada hubungannya dengan aktivitas HT Rus atau orang yang menjalankannya. Reuters tidak menemukan bukti bahwa Hellmann melanggar sanksi.

“Pada tahun 2022, segala sesuatu yang merupakan barang yang dikenai sanksi… seluruh bisnis ini dialihkan ke Heinrich Tapp,” kata seorang mantan eksekutif Hellmann di Rusia, yang berbicara kepada Reuters tanpa menyebut nama mengingat sensitivitas masalah tersebut.

HT Rus sepenuhnya dimiliki oleh perusahaan yang terdaftar di Jerman bernama HT East Management, menurut catatan perusahaan Rusia pada 28 Juni tahun ini. Saham mayoritas di HT East dibeli pada Juni 2022 oleh Alexander Roedeler, seorang pengusaha yang berbasis di Dusseldorf, menurut daftar perusahaan Jerman.

Antara tahun 2017 dan 2022, Roedeler bekerja di Jerman untuk unit Hellmann di Eropa Timur yang menangani Rusia, menurut pernyataan Hellmann yang diberikan kepada Reuters.

Roedeler sekarang bekerja untuk grup investasi Jerman HTP Maximum, yang direktur pelaksananya adalah Patrick Nathe, menurut situs web perusahaan tersebut. Nathe adalah mantan manajer Hellmann asal Jerman yang meninggalkan perusahaan pada Juli 2022.

Hingga Maret 2023, HT East Management dan HTP Maximum memiliki alamat Duesseldorf yang sama yang tercantum di Jerman daftar perusahaan Anda.

HTP Maximum, menurut situs webnya sendiri, antara tahun 2017 dan 2021 memegang saham di sebuah perusahaan Jerman bernama Henrich Tapp GmbH, yang merupakan pemilik mayoritas HT East Management hingga catatan perusahaan Jerman menunjukkan pada bulan Juni 2022 perusahaan tersebut mendivestasikan kepemilikannya.

Reuters tidak menemukan hubungan korporat atau lainnya antara HTP Maximum dan HT East Management. Nathe mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak terlibat dalam HT Rus atau perusahaan induknya.

Vladimir Klaus, yang berkewarganegaraan ganda Jerman-Rusia, yang bekerja untuk Hellman di Moskow hingga perusahaan tersebut menutup kantornya di sana, menjabat sebagai direktur HT East Management hingga 12 Juni tahun ini, ketika catatan perusahaan Jerman menunjukkan bahwa ia tidak lagi memegang peran tersebut. Klaus tidak menanggapi pertanyaan Reuters sebelum atau sesudah dia berhenti menjadi direktur.

Reuters tidak menemukan bukti bahwa pemilik HT Rus, HT East Management, melakukan bisnis langsung dengan perusahaan mana pun yang terkena sanksi.

Direktur Utama HT Rus, Ruslan Shakirov, mengatakan dirinya berhadapan langsung dengan Roedeler selaku direktur induk perusahaan Jerman saat ini. Perusahaan induk "terinformasi sepenuhnya tentang kegiatan perusahaan (HT Rus), mengambil bagian dan memberikan instruksi yang sesuai."

Dihubungi oleh Reuters, Roedeler berkata: "Saya tidak mengetahui rincian aktivitas bisnis Heinrich Tapp Rus, dan saya juga tidak memiliki pengaruh apa pun terhadap operasinya."

Bea Cukai Jerman, yang mengawasi penegakan sanksi, mengatakan pihaknya tidak dapat mengomentari kasus-kasus tertentu. Secara umum, dikatakan bahwa dalam beberapa keadaan, sebuah perusahaan Jerman dapat dianggap bertanggung jawab secara hukum atas pelanggaran sanksi yang dilakukan oleh anak perusahaannya di luar negeri.

Perusahaan induk yang berbasis di UE dilarang menggunakan anak perusahaan mereka di Rusia untuk menghindari sanksi, misalnya dengan mendelegasikan kepada mereka keputusan yang bertentangan dengan sanksi atau dengan menyetujui keputusan tersebut oleh anak perusahaan Rusia, menurut panduan Komisi Eropa mengenai sanksi Rusia. .

Reuters dapat mengetahui klien Rusia yang bekerja sama dengan HT Rus dengan meninjau dokumen yang diajukan perusahaan tersebut kepada otoritas pajak Rusia, di mana mereka harus memperhitungkan semua pendapatan mereka dan mengidentifikasi sumbernya.

Dokumen tersebut berkaitan dengan kuartal kedua dan keempat tahun 2023, serta kuartal pertama tahun 2024. Dokumen tersebut tidak mengungkapkan layanan apa yang diberikan HT Rus kepada kliennya.

Selama tiga periode tersebut HT Rus memberikan layanan senilai $172.324 kepada Aurus, sebuah perusahaan milik negara Rusia yang memproduksi sedan mewah dengan nama yang sama. Reuters tidak dapat memastikan layanan apa yang dimaksud.

Sejak tahun 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin mulai menggunakan limusin tersebut dibandingkan Mercedes yang biasa ia gunakan, dan ia menghadiahkan dua mobil tersebut kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tahun ini. Kedua pemimpin bergantian mengemudikan limusin Aurus ketika Putin mengunjungi Korea Utara bulan lalu.

Aurus dimasukkan dalam daftar sanksi AS pada bulan Februari dengan alasan perusahaan induknya penting bagi pertahanan dan keamanan nasional Rusia.

Penetapan sanksi ini berarti bahwa perusahaan mana pun yang melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut akan dikenakan sanksi AS, yang akan membekukan perusahaan tersebut dari sistem perbankan internasional, sehingga membuat mitranya enggan berbisnis dengan perusahaan tersebut karena takut akan terkena sanksi.

Tujuh transaksi antara Aurus dan HT Rus, senilai $3.773, terjadi setelah tanggal sanksi dijatuhkan, menurut dokumen tersebut.
HT Rus memberikan layanan senilai $290.725 kepada dua anak perusahaan dan satu perusahaan patungan Kamaz, pembuat truk terbesar di Rusia, menurut dokumen tersebut. Di sini juga, Reuters tidak dapat menentukan layanan apa saja yang dimaksud.

Ketiga entitas tersebut semuanya memproduksi atau memasok suku cadang truk Kamaz. Pemerintah AS memberikan sanksi kepada pembuat truk tersebut pada bulan Juni 2022, dengan menyatakan bahwa kendaraan mereka terlihat membawa tentara dan rudal Rusia selama invasi ke Ukraina. Kamaz ditambahkan ke daftar hitam sanksi Uni Eropa pada bulan yang sama.

Pelanggan HT Rus lainnya, AO Proton, pembuat peralatan elektronik optik, dikenakan sanksi A.S. pada Mei 2023. Perusahaan tersebut membayar Heinrich Tapp sebesar $26.156 setelah sanksi dijatuhkan, menurut dokumen tersebut. Reuters tidak mengetahui layanan apa yang diberikan HT Rus kepada AO Proton, yang tidak menanggapi permintaan komentar.

Pada bulan Desember 2023, gubernur wilayah Oryol Rusia, tempat Proton memiliki pabrik, menganugerahi bos perusahaan tersebut, Vyacheslav Menshov, sebuah medali sebagai pengakuan atas "bantuannya dalam Operasi Militer Khusus" - istilah yang digunakan pejabat Rusia untuk menggambarkan perang di Ukraina .

Shakirov, direktur pelaksana HT Rus, tidak menanggapi permintaan komentar mengenai hal ini. Menshov, yang dihubungi melalui perusahaannya, tidak menanggapi pertanyaan tentang penghargaan tersebut.

HT Rus memberikan layanan senilai $312.000 – yang tidak dapat ditentukan oleh Reuters – kepada sebuah perusahaan bernama Pabrik Baterai Tyumen, menurut dokumen tersebut, dimana sekitar $70.000 diberikan setelah produsen baterai tersebut dikenakan sanksi AS pada bulan Desember 2023. perusahaan memasok baterai ke setidaknya satu pembuat senjata, menurut isitus web ts. Pabrik Baterai Tyumen tidak menanggapi permintaan komentar.
Departemen Keuangan AS, yang mengawasi sanksi AS, menolak berkomentar.

Ketika ditanya oleh Reuters tentang perusahaan yang melakukan bisnis dengan perusahaan yang terkena sanksi, Shakirov menolak berkomentar karena dia mengatakan dia tidak dapat menarik kembali semua pelanggan perusahaan tersebut.
“Kami punya banyak pelanggan, kami punya banyak pemasok, yang mengirimkan melalui kami,” katanya.

KEYWORD :

Sanksi Rusia Presiden Putin Perusahaan Jerman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :