Rabu, 23/10/2024 08:32 WIB

Wadah Tangani Perselisihan Maritim Filipina-China Diisi Pejabat hingga Penjaga Pantai

Wadah Tangani Perselisihan Maritim Filipina-China Diisi Pejabat hingga Penjaga Pantai

Anggota Penjaga Pantai Filipina bersiaga saat kapal Penjaga Pantai Tiongkok menghalangi jalan mereka di Laut Cina Selatan, 5 Maret 2024. REUTERS

MANILA - Filipina dan Tiongkok sepakat untuk membentuk jalur komunikasi baru guna meningkatkan penanganan sengketa maritim mereka, kata sebuah dokumen dan sumber diplomatik Filipina. Jalur itu dibentuk saat hubungan memburuk akibat bentrokan mengenai wilayah di Laut Cina Selatan.

Kedua negara telah berulang kali saling adu mulut mengenai yurisdiksi di Laut Cina Selatan yang diperebutkan ketika Filipina, yang semakin berani dengan dukungan sekutu pertahanannya Amerika Serikat, menantang kehadiran permanen Tiongkok di sekitar fitur-fitur strategis di dalam zona ekonomi eksklusif Manila.

Tiga saluran komunikasi akan dibentuk khusus untuk isu-isu maritim, menurut sumber tersebut, yang memberikan dokumen yang menyoroti "Pengaturan Peningkatan Mekanisme Komunikasi Maritim Filipina-Tiongkok", yang ditandatangani pada tanggal 2 Juli.

“Tiongkok selalu berkomitmen untuk bekerja sama dengan Filipina guna mengatasi masalah maritim dengan baik melalui dialog dan konsultasi,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Lin Jian dalam sebuah pengarahan ketika ditanya tentang perjanjian tersebut.

“Kedua negara sepakat untuk lebih memperkuat dialog komunikasi terkait laut antara diplomasi dan polisi maritim, sehingga dapat bersama-sama menjaga stabilitas situasi maritim dan situasi hubungan Tiongkok-Filipina secara keseluruhan,” tambah Lin.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok dan Filipina serta Kedutaan Besar Tiongkok di Manila tidak segera menanggapi permintaan komentar terpisah mengenai masalah ini pada hari Rabu.

Saluran pertama akan digunakan oleh “perwakilan yang ditunjuk oleh para pemimpin mereka,” dan saluran lainnya akan digunakan oleh masing-masing kementerian luar negeri di tingkat menteri atau wakil menteri, atau perwakilan mereka yang ditunjuk, menurut dokumen tersebut.

Yang ketiga akan melibatkan penjaga pantai masing-masing “yang akan dibentuk setelah MOU (Memorandum of Understanding) terkait antara penjaga pantai selesai,” kata dokumen itu.

Sumber tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara mengenai masalah ini, mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri Filipina sedang berdiskusi dengan mitranya dari Tiongkok tentang pedoman untuk mengatur penerapan perjanjian tersebut, menyusul bentrokan pada 17 Juni antara kapal-kapal yang bersaing di dekat kapal. Second Thomas Shoal, tempat sering terjadi kebuntuan.

Filipina bulan lalu menuduh penjaga pantai Tiongkok sengaja menabrak dan menusuk kapal-kapal angkatan laut serta menyita senjata untuk mengganggu misi pasokan pasukan yang ditempatkan di kapal yang mendarat di perairan dangkal tersebut, sehingga melukai seorang pelaut Filipina yang kehilangan satu jari.

Tiongkok mengatakan kapal Filipina telah menyusup secara ilegal ke wilayahnya dan “dengan sengaja dan berbahaya” mendekati kapal Tiongkok yang mengakibatkan tabrakan kecil.

Perjanjian mengenai saluran komunikasi ini bukanlah yang pertama, dimana kedua belah pihak menetapkan garis batas antara kantor maritim masing-masing.

Antonio Carpio, mantan hakim Mahkamah Agung Filipina, dan pendukung terkemuka klaim maritim Manila, menyatakan keraguannya terhadap jalur komunikasi "karena hal itu tidak akan menyelesaikan perselisihan."

“Kami tidak tahu apakah mereka akan menjawab ketika kami menelepon, jadi kami harus menunggu,” kata Carpio. “Memiliki hal itu adalah hal yang baik, tetapi kita tidak boleh mengharapkan keajaiban dari hal itu.”

Filipina dan Tiongkok sepakat dalam pertemuan baru-baru ini mengenai perlunya “memulihkan kepercayaan” dan “membangun kembali kepercayaan” untuk mengelola perselisihan dengan lebih baik.

Misi pasokan Filipina, yang sering kali disertai dengan media, telah membuat marah Tiongkok, yang menganggap Beting Thomas Kedua sebagai bagian dari wilayahnya, meskipun berada 1.300 km (808 mil) dari daratan utama dan berada dalam ZEE Manila.

Beijing mempertahankan kedaulatannya atas sebagian besar Laut Cina Selatan berdasarkan peta lamanya dan telah mengerahkan ratusan kapal penjaga pantai jauh ke Asia Tenggara untuk menegaskan klaimnya, sehingga mengganggu aktivitas energi dan perikanan lepas pantai negara tetangga lainnya, termasuk Malaysia dan Vietnam.

Tiongkok menolak untuk mengakui keputusan internasional tahun 2016 yang menyimpulkan bahwa klaim Beijing tidak memiliki dasar berdasarkan hukum internasional.

Amerika Serikat mendukung PFilipina atas bentrokan tersebut, mengutuk apa yang disebut sebagai agresi Tiongkok, sekaligus menggarisbawahi komitmen “kuat” Filipina terhadap Perjanjian Pertahanan Bersama tahun 1951 yang menyatakan bahwa Filipina harus mempertahankan bekas jajahannya jika diserang. Tiongkok menuduh Amerika ikut campur tangan.

Meskipun Tiongkok mengklaim hampir seluruh jalur perairan penting tersebut, yang menjadi jalur perdagangan senilai $3 triliun setiap tahunnya, Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam juga mengklaim sebagian wilayah tersebut.

KEYWORD :

Filipina China Masalah Maritim Laut Cina Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :