Selasa, 17/09/2024 02:16 WIB

Tak Hanya Idap Psoriasis, Kim Kardashian juga Mewarisi Gen Vitiligo pada Anaknya

Tak Hanya Idap Psoriasis, Kim Kardashian juga Mewarisi Gen Vitiligo pada Anaknya

Tak Hanya Idap Psoriasis, Kim Kardashian juga Mewarisi Gen Vitiligo pada Anaknya. (FOTO: INSTAGRAM)

JAKARTA - Kim Kardashian mengungkapkan putranya menderita vitiligo saat membahas perjalanan psoriasisnya.

"Itu berasal dari ibu saya, lalu diwariskan ke saya... dan saya mewariskannya dalam bentuk lain ke anak saya, yang menderita vitiligo dengan tingkat keparahan yang sangat ringan," kata bintang realitas berusia 43 tahun itu kepada para pendengar podcast "She MD", Senin (15/7/2024).

Pencipta Skims mengklarifikasi bahwa kondisi anak kecilnya, yang terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen berhenti berfungsi, kini "terkendali".

Dia mengenang, “Saya tidak tahu apa pun tentang itu, tetapi mempelajarinya dan mencari tahu dari mana asalnya dan bahwa itu adalah keturunan serta mempelajari lebih banyak dan dapat membagikannya (adalah sebuah berkah).”

Bintang "Kardashians" itu juga mencatat bahwa "anak-anaknya memiliki sedikit eksim."

Dia tidak menjelaskan siapa di antara kedua putranya, Saint (8) dan Psalm (5) yang telah didiagnosis menderita vitiligo.

Kim Kardashian, yang juga memiliki dua orang putri, North (11) dan Chicago (6) dengan mantan suaminya Kanye West, tidak menjelaskan lebih rinci tentang kondisi anaknya tetapi merinci perjuangannya sendiri melawan psoriasis di usia 30-an.

"Saya akan melakukan apa saja," katanya kepada pembawa acara Dr. Thais Aliabadi tentang pengobatannya.

"Saya sudah mencoba... ramuan khusus, cara holistik, diet jus seledri selama enam minggu, setiap krim topikal, setiap sabun dari yang alami hingga yang tidak alami."

Model itu pertama kali menyadari psoriasis yang dialaminya saat menghadiri pesta ulang tahun pertama atau kedua putra Kourtney Kardashian, Mason, saat ia mengenakan gaun berpayet yang gatal.

Walaupun Kim Kardashian sempat berhenti merasakan gejala-gejala setelah mendapatkan suntikan kortison, psoriasisnya muncul kembali lima tahun kemudian dan dia “tidak pernah sembuh lagi.”

Tokoh Hulu tersebut bercanda, “Ini akan bertahan lama.”

Kim Kardashian telah vokal tentang psoriasis yang dideritanya selama bertahun-tahun, bahkan berbagi swafoto pada Maret 2019 yang memperlihatkan psoriasis itu menyebar di wajahnya.

Pada bulan Januari, ia mendokumentasikan serangan penyakit kulit yang “menyakitkan” “di seluruh (kakinya)” untuk para pengikutnya di Instagram.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi, tetapi saya harus mencari tahu," katanya saat itu.

"Ini gila. Saya sudah mencoba segalanya. Psoriasis menyebalkan."

Dia mempromosikan tempat tidur penyamakan di kantornya Skkn by Kim pada bulan yang sama karena penggunaannya membantu meringankan gejalanya.

“Saya tidak terlalu sering menggunakannya,” Kim Kardashian menjelaskan.

Ibunya, Kris Jenner, mewariskan kondisi tersebut, dan sang aktris dengan sinis mengatakan pada episode hari Senin bahwa dia "beruntung" menjadi satu-satunya saudaranya yang mengalaminya.

Aliabadi bercanda bahwa Kim Kardashian “memenangkan lotere genetik” dan harus “mendapatkan sesuatu.” (*)

 

KEYWORD :

Kabar Artis Kim Kardashian vitiligo psoriasis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :