Jum'at, 06/09/2024 20:51 WIB

Sahroni Minta Polisi Diduga Cabuli Siswi SMP Dipecat dan Dipidana

Seorang siswi SMP mengaku menjadi korban pencabulan yang dilakukan oknum polisi berpangkat Brigadir inisial K di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung (Babel).

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni

Jakarta, Jurnas.com - Seorang siswi SMP mengaku menjadi korban pencabulan yang dilakukan oknum polisi berpangkat Brigadir inisial K di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung (Babel). Gadis 15 tahun ini diduga dicabuli oknum polisi saat melapor kasus pemerkosaan yang dialaminya.

Kanit PPA Satreskrim Polres Belitung Aipda Lartha Angela menyebut, kasus dugaan pencabulan yang dilakukan oknum anggota terhadap korban terbongkar atas laporan Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak Babel.

Terkait kejadian tersebut, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencopot pelaku. Lebih jauh, Politikus NasDem tersebut bahkan meminta Propam Polda Kepulauan Bangka Belitung untuk segera memecat dan memproses pidana pelaku.

“Saya minta Propam Polda Bangka Belitung segera tangani kasus ini dengan tegas dan cepat, jangan berlarut-larut. Jika benar terbukti, langsung PTDH saja pelakunya, tidak usah dibela-bela. Karena kalau sampai ketahuan dibela, ini tentunya akan sangat berbahaya bagi citra kepolisian," kata Sahroni, kepada wartawan, Jakarta, Jumat (19/7).

"Bahkan akan semakin bagus kalau Polda Babel yang kawal langsung agar pelaku turut mendapat hukuman pidana yang berat. Perlihatkan kepada publik bahwa pelaku-pelaku bejat seperti ini tidak pernah punya ruang di Polri,” ujar Sahroni.

Lebih lanjut, Sahroni pun meminta Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polda Kepulauan Bangka Belitung untuk mengambil alih kasus tersebut. Unit PPA harus memastikan agar korban mendapat keadilan dan penanganan medis pasca tragedi.

“Unit PPA Polda Babel juga harus perhatikan kesehatan fisik dan mental korban, berikan fasilitas yang terbaik. Karena ntah seperti apa trauma yang dirasakan korban, berharap mendapat keadilan tapi justru mendapat pelecehan lainnya. Jadi tolong jangan perparah situasi ini lagi. Segera berikan keadilan untuk korban,” tambah Sahroni.

Terakhir, Sahroni pun menyebut penanganan kasus ini akan menjadi salah satu tolak ukur penilaian kepercayaan masyarakat kepada Polri.

“Polda Babel harus bisa tangani ini dengan tegas, jangan sampai apa-apa mabes harus ikut turun tangan. Karena masyarakat melihat, dan kepercayaan sedang dipertaruhkan,” tutup Sahroni.

KEYWORD :

Komisi III DPR Ahmad Sahroni Kasus Pencabulan Polisi Cabuli Siswi SMP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :