Sabtu, 07/09/2024 04:27 WIB

Merokok dan Minum Alkohol, Pesenam Jepang Shoko Miyata Mundur dari Olimpiade Paris 2024

Merokok dan Minum Alkohol, Pesenam Jepang Shoko Miyata Mundur dari Olimpiade Paris 2024

Shoko Miyata pada 11 Juni 2023 di Tokyo, Jepang. (FOTO:KIYOSHI OTA/GETTY)

JAKARTA - Pesenam Olimpiade Jepang Shoko Miyata akan absen pada Olimpiade Paris 2024 karena ketahuan merokok.

Kapten tim senam artistik wanita negara itu yang berusia 19 tahun dipulangkan ke Jepang pada hari Kamis (18/7/2024), hanya 10 hari sebelum kompetisi global, kata Asosiasi Senam Jepang (JGA) pada hari Jumat (19/7/2024), menurut Kyodo News, BBC News, dan The Guardian.

Pejabat JGA juga mengonfirmasi pada hari Jumat bahwa pelanggaran Shoko Miyata termasuk merokok dan minum alkohol, lapor The Guardian.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas hal ini," kata presiden JGA Tadashi Fujita tentang insiden tersebut, menurut BBC News dan The Guardian.

"Dengan konfirmasinya dan setelah diskusi di semua pihak, telah diputuskan bahwa ia akan mengundurkan diri dari Olimpiade Paris 2024," kata sekretaris jenderal Asosiasi Senam Jepang Kenji Nishimura kepada wartawan di Tokyo, menurut BBC.

Pelatih Shoko Miyata, Mutsumi Harada, menambahkan bahwa pesenam tersebut — yang merupakan juara nasional Jepang saat ini — telah berjuang dengan "tekanan" yang kuat untuk mewakili negaranya di Olimpiade Paris 2024 selama kamp pelatihan tim di Monako.

"Dia menghabiskan hari-harinya dengan beban yang sangat berat. Saya mohon orang-orang untuk memahami hal itu," kata Harada.

Indikasi pertama bahwa Shoko Miyata akan absen dari pertandingan muncul pada hari Rabu (17/7/2024) ketika dia tidak menghadiri sesi latihan terbuka.

Pesenam tersebut sebelumnya tiga kali meraih prestasi di Kejuaraan Asia dan tiga kali di World University Games — termasuk menerima medali perunggu di balok keseimbangan di Kejuaraan Dunia 2022.

Baru-baru ini, pada bulan April, ia memenangkan medali emas pertamanya di kejuaraan nasional Jepang, setelah sebelumnya ia menerima medali perak berturut-turut.

Jepang belum pernah memperoleh medali dalam cabang senam beregu putri sejak Olimpiade Tokyo 1964.

Olimpiade Musim Panas 2024 akan disiarkan langsung dari Paris mulai 26 Juli hingga 11 Agustus di NBC.(*)

 

KEYWORD :

Olimpiade Paris merokok pesenam Jepang Shoko Miyata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :