Jum'at, 20/09/2024 04:25 WIB

Kepresidenan Trump Semakin Dekat, Diperkuat Semangat Semi Religius Pendukungnya

Kepresidenan Trump Semakin Dekat, Diperkuat Semangat Semi Religius Pendukungnya

Donald Trump menghadiri debat presiden pertama yang diselenggarakan oleh CNN di Atlanta, Georgia, AS, 27 Juni 2024. REUTERS

MILWAUKEE - Lima hari setelah lolos dari pembunuhan, Donald Trump menerima pencalonannya sebagai presiden pada Kamis di hadapan pendukungnya, tindakan terakhir dalam transformasinya dari Partai Republik menjadi partai Trump.

Persinggungannya dengan kematian telah memicu tumbuhnya semangat semi-religius di kalangan pendukung partai, mengangkatnya dari pemimpin politik menjadi orang yang mereka yakini dilindungi oleh Tuhan.

Para hadirin yang bersuara "Trump, Trump, Trump" bersorak di Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee ketika dia muncul setiap malam minggu ini, dengan telinga kanannya diperban, untuk mendengarkan pembicara demi pembicara dengan nada hormat tentang dia dan merujuk pada tangan Tuhan dalam kelangsungan hidupnya dari sebuah kemalangan menjadi peluru pembunuh.

Partai Republik bersatu mendukungnya minggu ini. Dengan berkurangnya sebagian besar perbedaan pendapat dan cengkeramannya terhadap partai semakin erat, Trump akan berada dalam posisi yang jauh lebih kuat dibandingkan masa jabatannya pada tahun 2017-2021 untuk menindaklanjuti agendanya jika ia memenangkan pemilu pada tanggal 5 November.

Tanpa terbentur oleh perpecahan internal yang terkadang menghalanginya pada masa jabatan pertamanya, Trump akan lebih bebas menerapkan kebijakan keras yang mencakup deportasi massal sebagai bagian dari tindakan keras terhadap migrasi ilegal, kebijakan perdagangan yang agresif, dan pemecatan pejabat pemerintah yang dinilai kurang loyal.

“Anda memerlukan pemimpin yang kuat di tingkat atas,” kata Bill Dowd, pemilik bisnis kayu berusia 79 tahun yang menjadi tamu delegasi Colorado di Milwaukee.

"Saya adalah penggemar berat Ronald Reagan. Ronald Reagan juga mengadakan pesta bersama," kata Dowd.

Dowd mengakui bahwa beberapa teman Partai Republiknya khawatir Trump akan mencoba menyalahgunakan kekuasaannya. Dia mengatakan meskipun dia tidak merasakan ketakutan tersebut, dia percaya bahwa perbedaan pendapat tidak boleh diredam di pihak mana pun.

Bagi para pengkritik dan lawan politik Trump, ini adalah momen yang kelam dan meresahkan: mereka melihat Partai Republik modern sebagai sebuah aliran sesat, sebuah basis di mana Trump dapat menerapkan kebijakan ekstrem dan menciptakan kepresidenan pertama yang benar-benar imperial di Amerika, sehingga mengancam masa depan demokrasi.

Donald Trump telah menyerukan `penghentian` Konstitusi, berjanji untuk menjadi `diktator` `pada hari pertama,` dan sekarang hakim Mahkamah Agung mengatakan dia dapat memerintah tanpa ada pengawasan terhadap kekuasaannya,” kata Ammar Moussa, salah satu aktivis kampanye. juru bicara Presiden petahana Joe Biden, saingan Trump dari Partai Demokrat.

“Trump pembohong, tapi kami percaya padanya ketika dia mengatakan dia akan memerintah sebagai seorang diktator,” kata Moussa.

Juru bicara kampanye Trump Steven Cheung mengatakan pernyataan Partai Demokrat bahwa Trump mengancam demokrasi Amerika dan bisa menjadi otokrat jika terpilih kembali adalah “penyebar rasa takut” dan “upaya terang-terangan untuk menipu rakyat Amerika.”

Di Milwaukee, hampir semua dari 30 delegasi, tamu, dan anggota Partai Republik terpilih yang diwawancarai oleh Reuters untuk berita ini mengakui bahwa partai mereka telah menjadi partai Trump namun menolak anggapan bahwa partai tersebut telah menjadi semacam aliran sesat.

“Saya percaya bahwa Presiden Trump adalah sosok yang transformasional, manusia yang ditakdirkan oleh Tuhan untuk diselamatkan dari kematian pada hari Sabtu,” kata delegasi Louisiana, Ed Tarpley. “Dia diberi misi khusus di negara kita. Tangan pemeliharaan Tuhan telah mengangkat Donald Trump ke status yang berbeda.”

Mereka yang diwawancarai mengatakan mereka menginginkan Presiden Trump yang tidak dibatasi oleh birokrasi atau Kongres untuk melaksanakan agendanya. Mereka mendukung penggunaan tindakan eksekutif yang lebih luas – keputusan yang dibuat oleh presiden yang tidak memerlukan persetujuan kongres.

Mereka tidak menginginkan apa pun menghalangi rencananya untuk mendeportasi jutaan orang di negara tersebut secara ilegal dan mengurangi ukuran birokrasi federal. Pada masa jabatan pertamanya, Trump sering mengeluhkan birokrat “deep state” yang katanya berusaha menggagalkannya.

“Presiden… harus diizinkan untuk menerapkan kebijakannya tanpa adanya birokrasi yang menolak kebijakan tersebut dan pejabat yang tidak dipilih yang tidak setuju dengan kebijakan tersebut,” kata Tarpley.

Namun, terdapat batasan konstitusional mengenai apa yang dapat dilakukan Trump melalui kekuasaannya, dan kebijakan apa pun masih dapat menghadapi tuntutan hukum.

Setengah dari responden Partai Republik pada jajak pendapat Reuters/Ipsos minggu ini mengatakan mereka setuju dengan pernyataan bahwa “negara ini berada dalam keadaan krisis dan membutuhkan presiden yang kuat yang boleh memerintah tanpa terlalu banyak campur tangan pengadilan dan Kongres."

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan 35% anggota Partai Demokrat dan 33% anggota independen yang setuju dengan sentimen tersebut.

Hanya satu peserta konvensi yang diwawancarai oleh Reuters, seorang senior Partai Republik dari negara bagian selatan, mengatakan dia khawatir dengan pemerintahan Trump yang kedua. Dia mengatakan dia khawatir Trump akan menjadi seorang otokrat, mengisi lembaga-lembaga pemerintah dengan orang-orang yang selalu mendukung, dan membalas dendam pada musuh-musuh politiknya.

Merujuk pada janji Trump kepada para pendukungnya bahwa ia akan menjadi “balas dendam” mereka, politisi Partai Republik, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan: “Upaya itu akan sangat buruk.”

Trump banyak dikritik karena mengatakan selama kampanye bahwa jika dia menang, dia akan menjadi "diktator" - meski hanya untuk sehari, komentar yang kemudian dia katakan hanyalah sebuah lelucon.

Partai Demokrat telah menegurnya karena berjanji untuk memaafkan para pendukungnya yang dipenjara karena pemberontakan mematikan pada 6 Januari 2021 di Gedung Capitol AS yang dipicu oleh penolakannya untuk menerima kekalahannya dalam pemilu tahun 2020.

Trump, yang dihukum karena melakukan pembayaran uang rahasia kepada mantan bintang porno dan menghadapi dakwaan terkait upayanya untuk membatalkan kemenangan Biden, mengancam akan menggunakan Departemen Kehakiman untuk mengejar lawan-lawannya, termasuk Biden.

Mantan calon presiden dari Partai Republik, Asa Hutchinson, mengaku prihatin dengan tidak adanya kendala terhadap Trump pada masa jabatan kedua.

"Departemen Kehakiman mungkin adalah contoh sempurna dalam hal ini. Jelas, Presiden Trump akan sangat berperan dalam mengarahkan aktivitas Departemen Kehakiman," kata Hutchinson, mantan gubernur Arkansas, kepada Reuters.

Implikasi dari masa jabatan Trump yang kedua sangat meresahkan Amerika dan dunia, kata sejarawan kepresidenan Timothy Naftali, mantan direktur perpustakaan kepresidenan Richard Nixon, yang mengundurkan diri dari jabatannya secara memalukan pada tahun 1974 setelah skandal Watergate.

Naftali mengatakan keputusan Mahkamah Agung baru-baru ini yang memberikan kekebalan luas kepada presiden atas sebagian besar tindakannya selama menjabat, ditambah dengan Partai Republik yang patuh, berarti ada batasan terbatas terhadap Trump jika ia bertindak jahat dan mengeksploitasi jabatannya untuk kekuasaan pribadi dan pembalasan politiknya.

"Dia bisa membuat marah Departemen Kehakiman dan terlibat dalam aksi balas dendam yang akan membuat Nixon tersipu malu," kata Naftali.

Yang pasti, Trump bukanlah presiden pertama yang menguji batas kekuasaan eksekutif. Para pemimpin termasuk mantan presiden Partai Demokrat Franklin Roosevelt dan Barack Obama mempunyai pandangan yang luas terhadap otoritas mereka.

Bahkan dengan keputusan Mahkamah Agung pada tanggal 1 Juli mengenai kekebalan presiden, Trump tampaknya masih terikat oleh pemisahan kekuasaan berdasarkan Konstitusi AS yang memberikan fungsi-fungsi utama kepada Kongres dan peradilan.

Lara Trump, salah satu ketua Komite Nasional Partai Republik dan menantu Trump, pekan ini mengakui bahwa pemerintahan melalui tindakan eksekutif – yang dapat dibatalkan di pengadilan atau oleh penggantinya – tidaklah ideal. Itulah mengapa hal ini penting bagi Partai Republik. untuk mempertahankan Dewan Perwakilan Rakyat pada bulan November dan mengambil alih Senat dari Partai Demokrat, katanya, "jadi kita tidak harus bergantung pada tindakan eksekutif dan kita benar-benar dapat melihat beberapa perubahan yang bertahan lama."

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Konvensi Partai Republik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :