Kamis, 19/09/2024 08:17 WIB

Restoran India Utara Diminta Tampilkan Nama Karyawan Picu Kekhawatiran Kesenjangan

Restoran India Utara Diminta Tampilkan Nama Karyawan Picu Kekhawatiran Kesenjangan

Kanwaria atau pemuja dewa Hindu Siwa yang membawa kendi saat mereka berjalan setelah mengisi kendi dengan air dari sungai Gangga di Allahabad, India, 13 Juli 2015. REUTERS

LUCKNOW - Polisi di India utara meminta pemilik restoran untuk mencantumkan nama pekerja mereka di papan pajangan selama bulan suci Hindu yang dimulai minggu depan. Hal itu memicu kekhawatiran bahwa itu adalah upaya untuk mengidentifikasi Muslim dan menciptakan sebuah "kesenjangan komunal".

Ratusan ribu pemuja Dewa Siwa melakukan ziarah dengan berjalan kaki ke tempat-tempat suci di negara bagian utara Uttarakhand, Bihar dan Uttar Pradesh (U.P.) selama periode tersebut untuk mengambil air dari sungai Gangga, yang kemudian dipersembahkan di kuil Siwa setempat.

Para jamaah juga mengikuti pembatasan makanan, seperti tidak makan daging, selama perjalanan mereka – sebuah praktik yang dikutip oleh petugas polisi untuk membenarkan arahan yang diberikan awal pekan ini.

Polisi di distrik Muzaffarnagar U.P. Dikatakan bahwa perintah tersebut, yang disampaikan secara lisan, diberikan setiap tahun selama bulan suci dan bukan hal baru.

“Kali ini salah satu wali meminta kami agar hal itu dilakukan untuk menghindari makan apa pun yang dapat merusak upaya mereka selama bulan suci ini,” kata Inspektur Rakesh Kumar, petugas hubungan masyarakat kepolisian Muzaffarnagar, kepada Reuters.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi bahwa ini adalah permintaan tahunan.

Para pemimpin kelompok oposisi khawatir langkah tersebut akan menciptakan “kesenjangan komunal yang lebih dalam” dan menyebabkan umat Hindu menghindari restoran-restoran yang mempekerjakan umat Muslim.

“Perintah seperti itu adalah kejahatan sosial, yang ingin merusak suasana damai dan harmonis,” kata ketua oposisi Partai Samajwadi Akhilesh Yadav dalam sebuah postingan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Pawan Khera, juru bicara Kongres oposisi utama, bertanya dalam postingannya di X, apakah arah tersebut merupakan "sebuah langkah menuju boikot ekonomi terhadap umat Islam".

Terletak di Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India yang diperintah oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi, Muzaffarnagar menyaksikan bentrokan komunal pada tahun 2013 yang menewaskan sekitar 65 orang, sebagian besar Muslim, dan membuat ribuan orang mengungsi.

Meskipun Modi dilantik untuk ketiga kalinya secara berturut-turut bulan lalu dengan dukungan sekutunya, BJP kehilangan 29 kursi di UP, di mana seperlima dari 240 juta penduduknya adalah Muslim.

BJP dan pemerintah federal yang dipimpin Modi, dalam beberapa kesempatan, telah dituduh oleh masyarakat sipil, kelompok oposisi, dan beberapa pemerintah asing karena membuat keputusan yang bertujuan untuk mengipasi diskriminasi agama.

Namun Modi mengatakan dia tidak menentang Islam atau Muslim dan "bertekad" untuk tidak melakukan diskriminasi antara umat Hindu dan Muslim.

KEYWORD :

Muslim India Bulan Suci Hindu Identifikasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :