Jum'at, 06/09/2024 20:58 WIB

Garuda Hacks Jaring Ratusan Talenta Muda Kembangkan Teknologi

Garuda Hacks menjaring talenta para talenta muda untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang teknologi.

Kompetisi Garuda Hacks 2024 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Garuda Hacks menjaring talenta para talenta muda untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang teknologi. Upaya ini juga mendorong peserta memikirkan sesamanya dan cara menciptakan solusi.

Demikian tujuan kegiatan Garuda Hacks 5.0 yang diadakan di Universitas Multimedia Nusantara sepanjang Juli 2024. Kegiatan tersebut diikuti oleh 550 peserta dari 216 sekolah dan perusahaan, termasuk 155 siswa SMA/SMK.

Co-Founder dan Direktur Pelaksana Bersama Garuda Hacks Rafael Brian Sumali mengatakan, Garuda Hacks hadir untuk menjadi wadah bagi setiap orang untuk lebih mendalami bidang ilmu komputer dan kewirausahaan.

"Karena tujuan kami adalah untuk mendorong semua orang, apa pun latar belakangnya, untuk memasuki bidang Ilmu Komputer dan Kewirausahaan," kata Brian dalam konferensi pers di Jakarta, pada Sabtu (21/7).

"Kami merasa terdorong dan bertujuan untuk melanjutkan upaya kami dalam menarik peserta dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi di Garuda Hacks," dia menambahkan.

Tech and Hack Co-Direktor Garuda Hacks, Brandon Gabriel Jonathan mengatakan, salah satu pemenang berhasil menciptakan solusi inovatif aplikasi `jalan kami`.

"Dengan aplikasi ini (jalan kita), kita bisa mengetahui suatu area (lokasi) itu diakses dengan jalan kaki atau tidak. Atau suatu area bisa diakses dengan kendaraan atau tidak," kata Brandon.

"Di Indonesia kita memiliki banyak potensi. Bagaimana generasi muda mengembangkan knowledge dan teknologi," ujar dia.

Garuda Hacks tahun ini menyerap lebih banyak peserta dibandingkan tahun lalu, meningkat menjadi 560 peserta dari sebelumnya 260 peserta. Berbagai aplikasi yang dihasilkan mencoba membantu penyandang disabilitas, mantan narapidana, hingga buruh.

Diketahui, Garuda Hacks ialah organisasi nirlaba yang didirikan pada 2020. Organisasi ini dijalankan oleh pemuda Indonesia dari kalangan sekolah menengah, universitas, dan profesional muda.

KEYWORD :

Garuda Hacks Kompetisi IT Talenta Digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :