Jum'at, 06/09/2024 20:53 WIB

Penggalangan Dana Biden Ditangguhkan, Sumbangan Bulan Juli Anjlok

Penggalangan Dana Biden Ditangguhkan, Sumbangan Bulan Juli Anjlok

Presiden AS Joe Biden saat ia menjadi tuan rumah di sela-sela KTT peringatan 75 tahun NATO, di Ruang Oval Gedung Putih di Washington, AS 10 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Beberapa sumber penggalangan dana kampanye pemilu Presiden AS Joe Biden ditunda, kata beberapa sumber Partai Demokrat yang terlibat dalam acara tersebut kepada Reuters. Penundaan dilakukan ketika Partai Demokrat berencana untuk mempercepat pencalonannya dan Biden berjanji untuk terus maju dalam pemilu 2024.

Biden berencana menggalang dana di Austin, Denver, dan California pada minggu depan, namun rencana tersebut ditunda, setidaknya untuk saat ini, kata sumber tersebut. Presiden dinyatakan positif COVID-19 pada hari Rabu tetapi mengatakan pada hari Jumat bahwa dia akan kembali berkampanye minggu depan.

Tim kampanye Biden mengatakan penggalangan dana akan berjalan sesuai rencana. “Sumber yang diperoleh Reuters salah, dan kami menantikan jadwal penggalangan dana yang kuat,” kata juru bicara kampanye Kevin Munoz pada hari Jumat.

Sebuah sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan mantan komedian larut malam David Letterman akan menjadi headline penggalangan dana untuk Biden di rumah Gubernur Hawaii Josh Green dalam waktu sekitar 10 hari, sebuah tanda kemajuan bagi Biden.

Sejumlah donor besar menutup rekening mereka di tengah pertanyaan apakah Biden harus tetap menjadi kandidat utama Partai Demokrat, kata sumber tersebut, dengan menggunakan kekuatan finansial mereka untuk meminta Biden mundur dari pemilu 5 November, yang berpotensi mendukung Wakil Presiden Kamala Harris.

Tim kampanye tersebut berharap dapat mengumpulkan sekitar $50 juta dalam bentuk donasi dalam jumlah besar pada bulan Juli untuk dana Kemenangan Biden tetapi berada pada jalur yang tepat untuk mengumpulkan kurang dari setengah jumlah tersebut pada hari Jumat, menurut dua sumber yang mengetahui upaya penggalangan dana tersebut.

“Ada banyak donor yang mengatakan mereka tidak akan memberikan sepeser pun lagi dalam pencalonan ini. Pertanyaannya adalah jika Biden tetap ikut dalam pencalonan, akankah mereka kembali?” kata salah satu pemodal kampanye besar di Pantai Timur.

Biden mengumpulkan $28 juta dalam satu malam pada bulan Juni di penggalangan dana Hollywood yang dipandu oleh aktor George Clooney, yang kemudian mendesak Biden untuk mengakhiri kampanyenya.

Harris akan berbicara dengan donor besar pada hari Jumat atas permintaan penasihat presiden, menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Penggalangan dana dari para megadonor diperkirakan akan menurun pada bulan Juni hingga Juli karena banyak dari mereka yang berlibur, kata seorang pejabat kampanye kepada Reuters pada hari Jumat. Narasi bahwa penggalangan dana bernilai tinggi telah mengering adalah salah, kata pejabat itu.

Pejabat tersebut mencatat bahwa kampanye tersebut memiliki 10 penggalangan dana kampanye yang dijadwalkan untuk bulan ini.
Lebih dari satu dari 10 anggota Kongres dari Partai Demokrat kini secara terbuka meminta petahana untuk mengundurkan diri menyusul debat buruk pada bulan Juni melawan Donald Trump dari Partai Republik yang menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan Biden untuk menang atau menjalankan tugasnya selama empat tahun ke depan.

Proses resmi partai untuk mencalonkan Biden sedang berjalan.
Komite Aturan Konvensi Nasional Partai Demokrat bertemu pada hari Jumat untuk menguraikan proses pemungutan suara virtual, membuka tab baru untuk mengajukan nominasi resmi pria berusia 81 tahun itu sebelum konvensi langsung partai tersebut dimulai pada 19 Agustus di Chicago.

Para pejabat berpendapat bahwa pencalonan lebih awal diperlukan agar lebih mudah mematuhi undang-undang pemilu negara bagian atau berisiko tidak diikutsertakan dalam pemungutan suara bulan November.

“Itu bukanlah risiko yang dapat atau harus diambil oleh kita sebagai sebuah partai,” kata Dana Remus, mantan penasihat Gedung Putih Biden, kepada komite tersebut.

Bagi partai yang sudah terpecah karena Biden, dengan seruan baru dari Partai Demokrat di Kongres pada hari Jumat untuk mundur, pemungutan suara virtual yang lebih awal adalah poin kontroversi lainnya.

Kritikus berpendapat bahwa hal ini adalah cara untuk mendorong Biden maju sebagai calon resmi partai tersebut. Pihak lain, termasuk Ketua DNC Jaime Harrison, mengatakan perlunya menangani undang-undang Ohio yang dapat membuat nama Biden tidak tercantum dalam surat suara di negara bagian tersebut jika dia tidak dicalonkan pada 7 Agustus, sebelum konvensi di Chicago.

Seorang anggota komite peraturan bertanya apakah ada kemungkinan kandidat lain dapat menantang Biden dalam pemungutan suara virtual. Leah Daughtry, salah satu ketua komite, mengatakan bahwa setiap penantang memerlukan “dukungan terverifikasi dari ratusan delegasi.”

“Tantangan seperti itu belum pernah terjadi selama setengah abad terakhir dalam pemilihan pendahuluan yang kompetitif,” kata Daughtry.

Tidak jelas bagaimana proses pencalonan akan berlangsung jika Biden membatalkan upayanya untuk terpilih kembali. Komite diperkirakan akan bertemu lagi minggu depan untuk menyelesaikan rencana tersebut.

Biden telah melakukan isolasi mandiri sejak ia dinyatakan positif COVID minggu ini dan diyakini akan menanggapi seruan untuk mundur dengan serius. Beberapa pejabat Partai Demokrat memikirkan hal ini Ini hanya masalah waktu, Reuters melaporkan pada hari Kamis.

“Tulisannya sudah terpampang di dinding,” kata seorang donor dari Partai Demokrat pada hari Jumat.

Biden telah bersikeras selama berminggu-minggu bahwa dia akan tetap ikut dalam pemilihan meskipun ada seruan dari tokoh-tokoh kelas berat di partainya untuk menyerahkan posisinya.

Trump, 78, menerima nominasi Partai Republik minggu ini di Milwaukee, berbicara di hadapan banyak orang, membuka tab baru pada hari Kamis.

Beberapa anggota Partai Demokrat mulai beriklan menentang Biden. Pass the Torch, sebuah kelompok yang menginginkan Biden mundur, telah meluncurkan iklan TV yang ditayangkan di Washington dan Rehoboth, Delaware, tempat Biden sering berlibur, dan menampilkan para pemilih Partai Demokrat dari Pennsylvania yang mendesak Biden untuk "mewariskan obor".

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Diminta Mundur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :