Jum'at, 06/09/2024 20:52 WIB

Bertekad Gagalkan Kedaulatan Palestina, Pemukim Israel Lobi Trump

Bertekad Gagalkan Kedaulatan Palestina, Pemukim Israel Lobi Trump

Pemandangan drone Neve Daniel, pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki Israel, 12 Maret 2024. REUTERS

ALON SHVUT - Ruth Lieberman, seorang pemukim Yahudi di Tepi Barat yang diduduki Israel, bertekad untuk menggagalkan tekanan internasional bagi negara Palestina yang berdaulat. Dan persahabatannya dengan tokoh-tokoh Partai Republik AS dari partai sayap kanan agama sangat membantu, katanya.

Beberapa minggu setelah serangan kelompok Islam Palestina Hamas pada 7 Oktober, Lieberman menjamu Senator konservatif pro-Israel Mike Lee, seorang Mormon, untuk makan malam Sabat di rumah keluarganya, menurut catatan Senat.

Pembicaraan beralih ke masalah negara Palestina, dan Lieberman mengatakan kepada Lee bahwa serangan tersebut telah memperkuat penolakan Israel terhadap gagasan tersebut, katanya dalam sebuah wawancara dari rumahnya di dekat Betlehem, di Alon Shvut, di salah satu kelompok pemukiman terbesar di Tepi Barat, yang dikenal sebagai Gush. Etzion. Lee tidak menanggapi permintaan komentar.

Kunjungan semacam itu membantu menyelaraskan pandangan para pejabat senior Partai Republik dengan para pemukim dan pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu setelah peristiwa 7 Oktober, kata Lieberman, seorang konsultan politik yang sering menjadi tuan rumah bagi delegasi AS yang mengunjungi permukiman tersebut.

“Memiliki teman dan suara seperti itu di kalangan pejabat tinggi di AS membantu kami,” katanya tentang Lee dan Ketua DPR AS Mike Johnson, seorang Kristen evangelis yang mengunjungi keluarganya pada Februari 2020 pada masa kepemimpinan Donald Trump, jauh sebelum menjadi pembicara. Johnson tidak menanggapi permintaan komentar.

Sejak 7 Oktober, Lieberman dan tokoh lainnya telah mengintensifkan upaya mereka, dengan harapan dapat mempengaruhi posisi Partai Republik menjelang pemilu AS pada bulan November yang dapat mengembalikan Trump ke jabatannya.
Lieberman dan delegasi pejabat pemukim membahas kasus ini pada pertemuan dengan Johnson dan Lee, antara lain, di Washington bulan lalu, menurut pernyataan dari delegasi tersebut.

Reuters mengunjungi dua permukiman Gush Etzion dan berbicara dengan dua lusin warga Israel dan Palestina di Tepi Barat dan Israel, tiga orang pembantu Trump dan tiga pemimpin evangelis antara bulan Maret dan Juli.

Orang-orang yang diajak bicara oleh Reuters menggambarkan kelompok-kelompok akar rumput yang terdiri dari para pemukim, penganut agama kanan Israel, dan umat Kristen konservatif yang berupaya meyakinkan Trump dan Partai Republik agar menghentikan dukungan lama AS terhadap negara Palestina, dengan alasan bahwa hal itu merupakan imbalan atas kekerasan yang terjadi pada 7 Oktober.

Meskipun Trump menyatakan bahwa kebijakan AS bisa berubah, baik dia maupun partainya tidak secara eksplisit menyatakan sikap mereka terhadap negara Palestina jika mereka memenangkan pemilu.

Juru bicara kampanye Karoline Leavitt tidak menjawab pertanyaan tentang pandangan Trump mengenai permukiman dan masa depan Palestina. Dia mengatakan Israel tidak pernah mempunyai teman yang lebih baik di Gedung Putih selain Trump.

Amerika Serikat mendukung Perjanjian Oslo yang memetakan jalan menuju status negara Palestina 30 tahun lalu dan mendukung apa yang dikenal sebagai solusi dua negara.

Warga Palestina dan sebagian besar negara, termasuk Amerika Serikat, mengatakan permukiman Israel di Tepi Barat melanggar hukum internasional mengenai wilayah yang diduduki dan menandai perambahan yang menghalangi aspirasi negara. Pada hari Jumat, pengadilan tinggi PBB memutuskan bahwa pemukiman tersebut ilegal. Israel menyebut keputusan tersebut “secara fundamental salah”

Perang Gaza telah menghidupkan kembali tekanan, termasuk secara terbuka dari Presiden AS Joe Biden, terhadap negara Palestina yang bertetangga dengan Israel, yang diramalkan oleh Palestina termasuk Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur.

Di Israel sendiri, dua negara tetap menjadi cara paling populer untuk mencapai perdamaian, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Universitas Tel Aviv pada bulan Mei, meskipun dukungan turun menjadi hanya 33% responden, dari 43% sebelum 7 Oktober.

Namun, aneksasi Tepi Barat oleh Israel dan pembatasan hak bagi warga Palestina yang tinggal di sana, sebuah opsi yang disukai oleh sebagian pemukim, mendapat dukungan dari 32% warga Israel, dari 27% sebelum 7 Oktober. Hal ini dipandang sebagai hasil yang semakin mungkin terjadi. jajak pendapat tersebut menunjukkan.

Ohad Tal, seorang anggota parlemen dari partai garis keras Zionisme Keagamaan yang tinggal di Gush Etzion, mengatakan bahwa para pemimpin pemukim yang berusaha untuk mencaplok tanah Tepi Barat secara permanen semakin mengharapkan dukungan dari Trump dan sekutunya.

“Salah satu tujuan utama kami saat ini adalah memperkuat hubungan dengan kelompok-kelompok ini,” kata Tal tentang umat Kristen Evangelis. “Kami sedang berjuang dalam pertempuran yang sama.”

Rabi Israel Pesach Wolicki telah lama menganjurkan coopertikaian antara kelompok sayap kanan beragama Israel dan apa yang disebutnya Zionis Kristen Amerika, kaum evangelis yang melihat nubuatan digenapi dengan kembalinya orang-orang Yahudi ke wilayah Yudea dan Samaria yang disebutkan dalam Alkitab, yang sebagian besar terletak di Tepi Barat dan direbut serta diduduki oleh Israel pada tahun 1967. perang timur.

Dimulai pada malam tanggal 7 Oktober, kata Wolicki, dia mulai mengumpulkan para pemimpin yang berpikiran sama dalam sebuah kampanye yang mereka sebut “Jaga Tanah Tuhan” yang bertujuan untuk mempengaruhi Trump dan Partai Republik agar menolak solusi dua negara, dengan menggunakan agama AS. outlet media dan konferensi untuk melobi argumen Biden untuk negara Palestina.

Keep God`s Land mengatakan mereka telah berkembang menjadi koalisi lebih dari 1.000 pemimpin agama Yahudi dan Kristen.

Konservatisme dan besarnya komunitas evangelis AS, yang berjumlah puluhan juta, menjadikannya sekutu yang menarik bagi sayap kanan Israel, kata Rachel Moore, yang juga menerima delegasi anggota Kongres AS dan tinggal di pemukiman Gush Etzion di Neve. Daniel.

“Ada persepsi bahwa hanya komunitas Kristen yang mendapatkannya,” kata Moore, mengacu pada jarak politik yang dirasakan sebagian warga sayap kanan Israel terhadap sikap liberal banyak warga Yahudi AS, terutama terkait pemukiman di Tepi Barat yang sedang berlangsung.

Ketakutan terhadap orang-orang Kristen yang mencoba untuk mengubah agama Yahudi membuat keterlibatan seperti itu menjadi perdebatan di Israel.

Pendeta Southern Baptist Tony Perkins, presiden kelompok advokasi evangelis Family Research Council, telah menjadi tokoh penting lainnya dalam menyelaraskan kaum konservatif Kristen dan Israel dan telah tampil di acara Keep God`s Land. Sebagai delegasi Komite Nasional Partai Republik, Perkins berupaya menjadikan Israel sebagai prioritas dalam kampanyenya.

Dia mengatakan dukungan terhadap pemukim di kalangan evangelis meningkat setelah serangan Hamas, yang menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 150 orang, menurut penghitungan Israel. Perang Israel selanjutnya di Gaza telah menewaskan lebih dari 38.000 warga Palestina, menurut angka dari kementerian kesehatan Gaza.

Survei Pew pada bulan Februari menemukan bahwa 33% warga Protestan evangelis kulit putih AS mendukung gagasan negara tunggal di bawah kendali Israel, naik empat poin persentase dari tahun 2022 dan dua kali lebih tinggi dari rata-rata responden.

Perkins, yang mengunjungi Gush Etzion pada bulan Maret dan juga bertemu Netanyahu, adalah salah satu pendukung awal upaya membawa anggota Kongres AS ke pemukiman Tepi Barat, kata Heather Johnston, seorang spesialis Israel dalam nubuatan alkitabiah dan CEO Asosiasi Pendidikan Israel AS.

Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok-kelompok termasuk yayasan Lieberman dan USIEA telah mengatur perjalanan yang dibiayai swasta oleh puluhan anggota Kongres yang sebagian besar berasal dari Partai Republik ke pemukiman tersebut, yang sebelumnya jarang dikunjungi oleh pejabat AS.

Jaga Tanah Tuhan berkumpul pada tanggal 15 April di kantor pusat Heritage Foundation, lembaga pemikir konservatif terkemuka di Capitol Hill, Washington.

Para pembicara termasuk senator dan mantan gubernur Florida Rick Scott, anggota parlemen Israel Tal dan anggota Kongres Claudia Tenney, yang pada bulan Maret memperkenalkan rancangan undang-undang ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk menggunakan nama alkitabiah Yudea dan Samaria dalam dokumen resmi AS, bukan Tepi Barat.

RUU tersebut telah dirujuk ke Komite Urusan Luar Negeri DPR. Yudea dan Samaria adalah istilah yang disukai kelompok sayap kanan Israel.

Kantor Scott tidak menanggapi permintaan komentar. Juru bicara Tenney menolak berkomentar.

Sejak 7 Oktober, pemerintahan Netanyahu telah mempercepat rencana pembangunan di lahan Tepi Barat, termasuk di Gush Etzion, ke tingkat tercepat dalam 30 tahun terakhir, menurut LSM Israel Peace Now, sebuah LSM Israel yang melacak dan menentang permukiman di Tepi Barat.

Perluasan ini mempunyai “satu tujuan, yaitu menggusur warga Palestina dari tanah mereka,” kata Juliette Banoura, seorang warga Betlehem yang meneliti permukiman.

Jumlah warga Israel di Tepi Barat telah meningkat sepertiga menjadi 700.000 dalam satu dekade terakhir, kata PBB, atau sekitar 10% dari populasi Yahudi di Israel.

Kekerasan yang dilakukan pemukim telah meledak selama setahun terakhir, sehingga mendorong sanksi AS dan UE terhadap orang-orang dan entitas yang mereka salahkan atas peningkatan kekerasan tersebut. Semua orang yang dihubungi Reuters mengecam kekerasan tersebut.

David Friedman, yang menjabat sebagai duta besar untuk Israel pada tahun 2020 mengembangkan rencana Trump untuk negara Palestina terbatas, kini mendukung perluasan negara Israel tanpa kewarganegaraan penuh bagi warga Palestina, sebuah pengaturan yang dia samakan dalam sebuah wawancara dengan Puerto Riko. Dia mengaku belum membicarakan rencana tersebut dengan Trump.

Penduduk Puerto Riko, sebuah wilayah miskin di AS, dianggap sebagai warga negara AS namun tidak dapat memilih dalam pemilihan presiden.

Menyangkal status negara Palestina akan menyebabkan lebih banyak konflik, kata Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

“Untuk hidup damai di wilayah tersebut, mereka harus mencapai kesepakatan dengan Palestina,” katanya.

KEYWORD :

Israel Palestina Tepi Barat Trump Republik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :