Selasa, 17/09/2024 02:25 WIB

Miss Kansas Alexis Smith Ungkap Jadi Korban KDRT Sejak Usia 14 Tahun

Miss Kansas Alexis Smith Ungkap Jadi Korban KDRT Sejak Usia 14 Tahun

Miss Kansas Alexis Smith Ungkap Jadi Korban KDRT Sejak Usia 14 Tahun. (FOTO: MISS KANSAS ORGANIZATIONS & BILL REA)

JAKARTA - Sebuah momen dari kontes kecantikan Miss Kansas 2024 menjadi viral di media sosial, yang menampilkan pengungkapan fakta hebat di atas panggung.

Alexis Smith, dari Butler County, secara resmi dinobatkan sebagai Miss Kansas pada 8 Juni 2024, mengalahkan 25 kontestan lain untuk memperebutkan gelar tersebut, menurut afiliasi CBS KWCH-DT dan Garden City Telegram.

Alexis Smith (25) merupakan wanita kulit hitam ketiga yang memenangkan gelar tersebut, menurut afiliasi ABC KAKE.

Selama sesi wawancara kontes, yang dibagikan Alexis Smith di media sosial, ia dengan tegas menyatakan bahwa tujuannya sebagai Miss Kansas adalah untuk "menghilangkan hubungan yang tidak sehat dan penuh kekerasan."

Dia kemudian membuat pernyataan yang mengejutkan: “Beberapa dari kalian di antara hadirin ini melihat saya sangat emosional, karena pelaku kekerasan terhadap saya ada di sini hari ini.”

"Namun, hal itu tidak akan menghentikan saya untuk tampil di panggung Miss Kansas dan mewakili sebagai Miss Kansas berikutnya," lanjutnya.

"Saya dan komunitas saya berhak mendapatkan hubungan yang sehat. Kami berhak mendapatkan kehidupan yang bebas dari (kekerasan dalam rumah tangga)."

Pada tanggal 16 Juli 2024, cuplikan momen tersebut dibagikan di akun resmi X milik Alexis Smith, yang kemudian menjadi viral.

Di samping klip tersebut, terbaca kata-kata, “Rasa Hormat Dipulihkan!” — sebuah referensi ke platform layanan masyarakatnya — serta pesan, “Saatnya kita sekarang untuk hubungan yang sehat.”

Postingan tersebut, yang telah ditonton lebih dari 53 ribu kali, menuai pujian dari banyak pengguna media sosial.

"HEBAT BANGET. KAMU bikin aku bangga sama negara bagian asalku," tulis seorang komentator, sementara yang lain membalas, "Aku merinding. Luar biasa!"

Menambahkan yang ketiga, "Sungguh cara yang luar biasa untuk mengambil kembali kekuatanmu. Aku merinding. Aku tahu ada korban lain yang mengawasinya sekarang dan tahu bahwa mereka tidak sendirian."

Dikutip dari People, Alexis Smith mengatakan bahwa: "Sebagai Miss Kansas, platform saya berakar kuat dalam memberdayakan orang untuk terbebas dari siklus kekerasan dalam rumah tangga dan hubungan yang tidak sehat. Jawaban saya di atas panggung mencerminkan komitmen saya untuk membina dunia di mana setiap individu merasa aman, dihargai, dan berdaya untuk berkembang."

"Melalui program Miss America, saya telah menemukan platform yang ampuh untuk menyuarakan pendapat saya dan mengadvokasi mereka yang mungkin merasa dibungkam atau sendirian," imbuh Alexis Smith.

"Saya akan menggunakan kisah saya sebagai katalisator perubahan dengan membuka pintu untuk menginspirasi orang lain dan menciptakan masyarakat tempat setiap orang dapat hidup bebas dari rasa takut dan pelecehan."

Berbicara dengan Leader dan Times, Alexis Smith mengatakan bahwa karyanya dengan korban kekerasan dalam rumah tangga bermula dari "pengalaman pribadinya sendiri...entah itu di rumah tangga saya atau pengalaman saya sendiri terjebak dalam siklus kekerasan itu pada usia 14 tahun."

Dalam wawancaranya dengan afiliasi NBC, KSNW, dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa "keluarga saya, setiap wanita dalam keluarga saya, terkena dampak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)."

Membuka lebih jauh tentang pengalaman pribadinya, dia mengatakan bahwa ketika dia berusia 14 tahun, dia "menjalani hubungan pertama, tetapi itu juga merupakan hubungan yang penuh kekerasan yang saya jalani hingga sekitar tahun 2018, 2019. Itu adalah sesuatu yang masih saya alami dan hadapi hingga saat ini.”

Dalam sebuah pernyataan di Facebook, Alexis Smith melanjutkan dengan mengatakan bahwa pada malam kontes kecantikan Miss Kansas, “perjalanan saya berubah secara tak terduga ketika seseorang yang telah saya sembuhkan mencoba mengganggu kedamaian saya. Alih-alih terdiam, saya memilih untuk mewujudkan visi saya untuk dunia yang lebih baik. Saya mengambil kembali kekuatan saya – tidak hanya untuk diri saya sendiri, tetapi untuk impian saya dan semua orang yang menonton dan mendengarkan."

"Ini bukan tentang menjauhi orang lain," tambahnya. "Ini tentang mengubah rasa sakit kita menjadi tujuan dan menyalurkannya dengan cara yang menyatukan dan mengangkat."

Alexis Smith mengatakan kepada KWCH-DT bahwa dia berharap dapat menyebarkan pesannya kepada kaum muda di Kansas dengan menggunakan keterampilannya dalam ventriloquisme, yang merupakan bakatnya selama kontes Miss Kansas, untuk menjangkau mereka.

"Mampu menciptakan boneka ventriloquisme khusus yang diisi dengan berbagai karakteristik hubungan sehat yang ingin mereka lihat pada orang-orang di sekitar mereka," kata Alexis Smith, yang telah menekuni ventriloquisme selama 19 tahun.

Alexis Smith sekarang akan mewakili Kansas di kompetisi Miss America berikutnya pada bulan Januari 2025. (*)

KEYWORD :

Miss Kansas Alexis Smith KDRT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :