Sabtu, 07/09/2024 04:27 WIB

Oposisi dalam Partai Demokrat AS Meningkat, Salah Satu Pendorong Biden Mundur

Oposisi dalam Partai Demokrat AS Meningkat, Salah Satu Pendorong Biden Mundur

Seseorang melihat ticker berita tentang pengumuman Presiden AS Joe Biden batalkan pencalonannya kembali, di Manhattan, New York City, AS, 21 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Presiden AS Joe Biden memberi pemberitahuan sesaat kepada sebagian besar pembantunya mengenai keputusannya untuk mundur dari pencalonan kembali pada hari Minggu. Sebelumnya, selama 48 jam yang melelahkan dia meneliti data jajak pendapat yang menunjukkan jalan menuju kemenangan sudah dekat. kata dua sumber.

Sehari sebelumnya, Biden memberi tahu banyak pembantunya bahwa dia akan terus berkampanye untuk mengalahkan saingannya dari Partai Republik Donald Trump pada bulan November. Menurut salah satu sumber, "pesan itu dilanjutkan dengan segala sesuatunya, dengan kecepatan penuh".

Setelah mencerna data jajak pendapat pada Sabtu malam, Biden berubah pikiran. Dia mengumpulkan senior Gedung Putih dan tim kampanyenya untuk melakukan panggilan telepon sesaat sebelum pukul 13.45 pada hari Minggu waktu setempat. Beberapa saat kemudian dia mengumumkan pengumumannya melalui surat kepada seluruh warga Amerika.

Salah satu sumber mengatakan para pembantu utamanya menunjukkan jajak pendapat internal Biden dengan berita mengejutkan pada Sabtu malam bahwa ia tidak hanya tertinggal di enam negara bagian kritis yang dapat menentukan pemilu. Dia juga bahkan terpuruk di negara-negara seperti Virginia dan Minnesota di mana Partai Demokrat tidak berencana untuk melakukan hal tersebut yang akan menghabiskan sumber daya yang sangat besar.

Biden diisolasi di rumahnya di Pantai Rehoboth, Delaware, sejak dinyatakan positif COVID-19 pada hari Rabu. Masih menderita batuk-batuk, dia menghabiskan sebagian besar akhir pekannya dengan memikirkan tekanan dari Partai Demokrat yang memaksanya meninggalkan pemilu, kata para pembantunya.

Bersamanya ada para pembantu senior lama Annie Tomasini, Steve Ricchetti dan Mike Donilon serta pembantu utama ibu negara Jill Biden, Anthony Bernal.

Setelah terselesaikan, dia membagikan keputusannya atas panggilan tersebut dengan membaca surat yang akan segera dia rilis.

"Dia membacakan surat itu kepada kami dan ingin kami memahami pemikirannya. Dia mengatakan dia telah bergumul dengan surat itu selama 48 jam terakhir," kata seorang pejabat.

Segera setelah panggilan tersebut, Kepala Staf Gedung Putih Jeff Zients memanggil staf senior Gedung Putih untuk memberi tahu mereka tentang keputusan tersebut.

"Ini sangat dijaga ketat," kata pejabat itu. "Ini merupakan kejutan bagi sebagian besar orang di Gedung Putih."

Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris telah berbicara beberapa kali pada hari Minggu, kata seseorang yang mengetahui percakapan mereka.

Pada pukul 13.46, Biden menyampaikan pengumuman mengejutkannya.

Keputusan tersebut menyusul perdebatan sengit yang dilakukan Biden dengan Trump yang menimbulkan pertanyaan tentang ketajaman mental presiden Partai Demokrat berusia 81 tahun itu.

Setelah debat, Biden mulai kalah bersaing dengan Trump di negara-negara bagian yang menjadi medan pertempuran, dan kampanye Biden menempuh jalan yang sangat tipis untuk terpilih kembali.

"Hal ini menjadi sulit dengan meningkatnya oposisi di dalam partai. Kita harus bersatu memasuki bulan November. Itu adalah salah satu faktornya," kata pejabat senior Gedung Putih tersebut, seraya mencatat bahwa masih ada dukungan yang signifikan untuk Biden di seluruh negeri.

“Saya masih memprosesnya,” kata Marcus Mason, seorang delegasi Konvensi Nasional Partai Demokrat pada bulan Agustus.
“Presiden akan tercatat dalam sejarah sebagai seorang patriot yang mengutamakan negara dan partainya melebihi ambisinya sendiri.”

Biden sangat kesal dengan mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi, yang diyakini para penasihat Biden sedang mengatur kampanye tekanan untuk membuatnya mundur.

Beberapa jam sebelum pengumuman tersebut, tim kampanye Biden membantah laporan bahwa ia berencana untuk mundur.
"Itu salah. Dan menurut saya salah jika terus mencoba mengarang narasi ini," Wakil Manajer Kampanye Quentin Fulks mengatakan pada acara "The Weekend" MSNBC pada Minggu pagi.

Ada banyak tanda-tanda bahwa Biden telah berpikir untuk mundur selama beberapa hari, dan sumber-sumber mengatakan bahwa petahana dari Partai Demokrat itu telah melakukan pencarian jati diri.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Mundur Diganti Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :