Sabtu, 07/09/2024 04:26 WIB

Harris Bertekad Mendapatkan dan Memenangkan Pemilihan Presiden AS

Harris Bertekad Mendapatkan dan Memenangkan Pemilihan Presiden AS

Wakil Presiden Kamala Harris menghadiri acara infrastruktur membahas internet berkecepatan tinggi di Gedung Putih, Washington, AS, 3 Juni 2021. REUTERS

WASHINGTON - Wakil Presiden Kamala Harris tidak membuang waktu untuk meluncurkan kampanye presidennya pada tahun 2024. Dia mencari dukungan dari sesama anggota Partai Demokrat dengan dukungan dari Presiden Joe Biden setelah dia menarik diri dari pencalonan di tengah kekhawatiran tentang usia dan kesehatannya.

Pejabat kampanye dan sekutunya melakukan ratusan panggilan telepon atas nama Harris pada hari Minggu, mendesak delegasi konvensi Partai Demokrat bulan depan untuk ikut mencalonkan dia sebagai presiden dalam pemilu 5 November melawan Donald Trump dari Partai Republik.

Berbagai sumber mengatakan seruan tersebut, yang bertujuan untuk menghalangi calon penantang dari Partai Demokrat, dimulai segera setelah Biden yang berusia 81 tahun membatalkan pencalonannya.

Pada saat yang sama, ketua partai Demokrat mendukung Harris melalui panggilan telepon, kata beberapa peserta.

Harris berbicara dengan Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, calon wakil presiden, pemimpin Partai Demokrat di DPR Hakeem Jeffries, dan Ketua Kongres Kaukus Hitam Steven Horsford, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Harris, seorang wanita berusia 59 tahun yang berkulit hitam dan keturunan Asia-Amerika, akan menciptakan dinamika yang benar-benar baru bersama Trump, 78 tahun, yang menawarkan perbedaan generasi dan budaya yang jelas.

Amerika Serikat belum pernah memilih presiden perempuan dalam 248 tahun sejarahnya.

“Harris akan lebih mudah dikalahkan dibandingkan Joe Biden,” tegas Trump di CNN tak lama setelah pengumuman Biden.

Biden, orang tertua yang pernah menduduki Ruang Oval, mengatakan dia akan tetap menjadi presiden sampai masa jabatannya berakhir pada 20 Januari 2025, sambil mendukung Harris untuk mencalonkan diri sebagai presiden menggantikannya.

Gedung Putih mengatakan Harris akan menyampaikan pidatonya di South Lawn pada hari Senin pukul 11:30 ET (1530 GMT) di sebuah acara merayakan tim kejuaraan perguruan tinggi NCAA 2023-24.

Menghadapi banyak pertanyaan mengenai ketajaman mentalnya, Biden menjadi presiden pertama yang mengundurkan diri dari pencalonan partainya untuk dipilih kembali sejak Presiden Lyndon B. Johnson selama Perang Vietnam pada Maret 1968.

Pengunduran diri Biden membuat penggantinya hanya mempunyai waktu kurang dari empat bulan untuk melakukan kampanye. Tokoh Demokrat terkemuka, termasuk calon penantang Harris seperti Gubernur California Gavin Newsom, segera mendukung wakil presiden tersebut.

Niat saya adalah mendapatkan dan memenangkan nominasi ini, kata Harris dalam sebuah pernyataan. “Saya akan melakukan segala daya saya untuk menyatukan Partai Demokrat – dan mempersatukan bangsa kita – untuk mengalahkan Donald Trump.”

Meskipun awalnya ada dukungan terhadap Harris, pembicaraan tentang konvensi terbuka ketika Partai Demokrat berkumpul di Chicago pada 19-22 Agustus tidak sepenuhnya dibungkam.

Mantan Ketua DPR Nancy Pelosi dan mantan Presiden Barack Obama tidak mengumumkan dukungannya, meski keduanya memuji Biden.

Dua calon penantang lainnya – Gubernur Michigan Gretchen Whitmer dan Gubernur Kentucky Andy Beshear – tidak menyebut nama wakil presiden tersebut dalam pernyataan mereka.

Ketika Partai Demokrat memasuki wilayah yang belum dipetakan, Ketua Komite Nasional Partai Demokrat Jaime Harrison mengatakan partainya akan segera mengumumkan langkah selanjutnya dalam proses pencalonannya.

Yang pasti, mundurnya Biden kembali mengubah persaingan di Gedung Putih yang berulang kali terguncang selama sebulan terakhir.

Pada tanggal 27 Juni, kinerja buruk Biden dalam debat dengan Trump menyebabkan banyak anggota Partai Demokrat mendesaknya untuk keluar dari jabatannya. Kemudian pada 13 Juli, seorang pria bersenjata berusaha membunuh mantan Presiden Trump.

Dan minggu lalu Trump menunjuk Senator AS dari Partai Republik garis keras J.D. Vance, 39, untuk menjadi pasangan wakil presidennya.

Harris, mantan jaksa agung California dan mantan senator AS, gagal mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat pada tahun 2020.

Biden memenangkan nominasi, memilih Harris sebagai wakil presidennya, dan kemudian mengalahkan Trump.

Harris telah blak-blakan mengenai hak aborsi, sebuah isu yang disukai oleh para pemilih muda dan progresif.

Dia diperkirakan akan tetap berpegang pada pedoman kebijakan luar negeri Biden mengenai isu-isu seperti Tiongkok, Iran, dan Ukraina, namun bisa memberikan sikap yang lebih keras terhadap Israel terkait perang Gaza jika dia menduduki puncak Partai Demokrat. cket dan memenangkan pemilu November.

Para pendukungnya berargumentasi bahwa ia akan menyemangati para pemilih, mengkonsolidasikan dukungan kaum kulit hitam, dan memberikan keterampilan berdebat yang tajam untuk menuntut kasus politik terhadap mantan presiden tersebut.

Namun beberapa anggota Partai Demokrat khawatir dengan pencalonan Harris, sebagian karena beratnya sejarah panjang diskriminasi ras dan gender di Amerika Serikat.

Jajak pendapat menunjukkan kinerja Harris secara statistik tidak lebih baik dibandingkan kinerja Biden saat melawan Trump.

Dalam pertarungan head-to-head, Harris dan Trump sama-sama memperoleh dukungan sebesar 44% dalam jajak pendapat Reuters/Ipsos pada 15-16 Juli yang dilakukan segera setelah upaya pembunuhan terhadap Trump pada 13 Juli.

Trump unggul atas Biden dengan selisih 43% berbanding 41% dalam jajak pendapat yang sama, meskipun perbedaan 2 poin persentase tersebut tidak berarti mengingat margin kesalahan jajak pendapat tersebut sebesar 3 poin.

Tim kampanye Biden memiliki dana sebesar $95 juta pada akhir Juni, menurut pengajuan ke Komisi Pemilihan Umum Federal.

Pakar hukum keuangan kampanye tidak sepakat mengenai betapa mudahnya dana tersebut dialihkan ke kampanye yang dipimpin Harris.

Donor kecil mengumpulkan lebih dari $46,7 juta di ActBlue dalam lima jam pertama kampanye kepresidenan Harris, kata platform penggalangan dana di X pada hari Minggu.

Biden, yang mengatakan akan berpidato di depan umum minggu ini, belum terlihat di depan umum sejak dinyatakan positif COVID-19 minggu lalu. Dia menjalani isolasi di rumahnya di Pantai Rehoboth, Delaware.

“Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin ini demi kepentingan terbaik partai dan negara saya jika saya mundur dan fokus hanya pada memenuhi tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya,” tulis Biden pada X.

Partai Republik di Kongres berpendapat pada hari Minggu bahwa Biden harus segera mengundurkan diri sebagai presiden, yang akan menyerahkan Gedung Putih kepada Harris dan menempatkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Mike Johnson, seorang Republikan, sebagai penerusnya.

"Jika dia tidak mampu mencalonkan diri sebagai presiden, bagaimana dia bisa memerintah saat ini? Maksud saya, pemerintahan ini masih punya waktu lima bulan lagi. Ini benar-benar kekhawatiran dan bahaya bagi negara," kata Johnson kepada CNN pada Minggu sebelumnya. pengumuman Biden.

Selama kampanye tahun 2020, Biden menggambarkan dirinya sebagai jembatan menuju generasi berikutnya. Beberapa pihak mengartikan bahwa ia akan menjalani satu masa jabatan, seorang tokoh transisi yang mengalahkan Trump dan membawa partainya kembali berkuasa.

Namun Biden memutuskan untuk mencalonkan diri kembali, karena yakin dia bisa mengalahkan Trump lagi. Kampanyenya sudah mengalami kesulitan dan menghadapi masalah besar setelah penampilan debatnya menimbulkan kekhawatiran serius mengenai kemampuannya memenangkan pemilu atau tetap menjadi presiden selama empat tahun berikutnya.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Mundur Diganti Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :