Selasa, 17/09/2024 02:13 WIB

Kamala Harris Menangkan Dukungan Anggota Partai Demokrat, tetapi Pelosi Diam

Kamala Harris Menangkan Dukungan Anggota Partai Demokrat, tetapi Pelosi Diam

Wakil Presiden Joe Biden dan calon wakil presiden Senator Kamala Harris terlihat di panggung selama acara kampanye, di Wilmington, Delaware, AS, 12 Agustus 2020. REUTERS

WASHINGTON - Banyak anggota Partai Demokrat pada Minggu dengan cepat mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden dari partai tersebut melawan Donald Trump setelah Presiden Joe Biden tiba-tiba mengundurkan diri dari pencalonan. Tetapi beberapa anggota partai yang kuat, termasuk mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi, tetap diam.

Setelah berminggu-minggu perdebatan di antara para anggota Partai Demokrat mengenai apakah Biden, yang berusia 81 tahun, harus tetap ikut dalam pencalonan, gelombang dukungan yang bersatu di belakang Harris, jika ia ingin menjadi calon presiden, menjadi hal yang krusial karena hanya tersisa 100 hari sebelum pemilu pada bulan November.

Namun ada banyak keraguan di dalam Partai Demokrat mengenai apakah Harris dapat mengalahkan Trump, calon presiden dari Partai Republik dan mantan presiden. Beberapa anggota Partai Demokrat menyarankan agar partai tersebut mengadakan pemilihan pendahuluan kecil sebelum konvensi bulan Agustus.

Biden sendiri mendukung Harris pada hari Minggu, dalam pernyataan terpisah menyusul suratnya yang mengatakan bahwa dia akan mengundurkan diri. Dia segera diikuti oleh Kaukus Hitam Kongres yang kuat, beberapa donor utama, berbagai anggota parlemen dan PAC super termasuk Priorities USA dan Unite the Country.

“Hari ini saya ingin memberikan dukungan penuh dan dukungan saya agar Kamala menjadi calon presiden dari partai kita tahun ini,” kata Biden di platform media sosial X. “Demokrat – inilah saatnya untuk bersatu dan mengalahkan Trump. Mari kita lakukan ini.”

Daftar anggota parlemen Partai Demokrat yang mendukung Harris bertambah seiring berjalannya waktu. Pada Minggu malam, daftar tersebut mencakup Gubernur California Gavin Newsom, Gubernur Colorado Jared Polis, Gubernur Carolina Utara Roy Cooper, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, Senator AS Mark Kelly dari Arizona, Senator AS Patty Murray dari negara bagian Washington, Perwakilan AS James Clyburn dari Carolina Selatan, dan Perwakilan AS Pramila Jayapal dari Washington.

Dmitri Mehlhorn, penasihat Reid Hoffman, pendiri LinkedIn dan donor utama Partai Demokrat, menyebut Harris sebagai "personifikasi impian Amerika", dan menyatakan bahwa dia adalah putri imigran. "Dia juga melambangkan ketangguhan, bangkit dari kampung halaman saya di Oakland California untuk menjadi jaksa tertinggi negara bagian. Dengan mundurnya Scranton Joe, saya tidak sabar untuk membantu memilih Presiden Harris."

Sebanyak 50 ketua negara bagian dari partai Demokrat akan mendukung Harris sebagai calon presiden baru dari partai tersebut, Reuters melaporkan pada hari Minggu, mengutip berbagai sumber. Delegasi Partai Demokrat pada konvensi pencalonan dari Tennessee, Louisiana, Carolina Selatan, dan Carolina Utara mengatakan mereka mendukung Harris.

Mantan Presiden Bill Clinton dan Hillary Clinton, yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri di bawah Presiden Barack Obama, juga mendukung Harris dalam sebuah pernyataan.

Namun, pihak lain, termasuk Pelosi dan Obama, yang menjabat sebagai wakil presiden Biden selama delapan tahun, berterima kasih kepada Biden atas patriotismenya tetapi belum memberikan dukungan mereka pada Harris atau kandidat lainnya.

"Kami akan menavigasi perairan yang belum dipetakan dalam beberapa hari ke depan," kata Obama dalam sebuah pernyataan. “Tetapi saya memiliki keyakinan luar biasa bahwa para pemimpin partai kami akan mampu menciptakan sebuah proses yang akan menghasilkan calon yang luar biasa.”

Seperti yang dilakukannya pada tahun 2020 ketika Biden mendapatkan nominasi dari Partai Demokrat, Obama yakin dia akan berada pada posisi yang unik untuk membantu menyatukan partai tersebut setelah memiliki calon, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, yang memuji keputusan Biden untuk mundur, juga bungkam mengenai siapa yang seharusnya menjadi calon dari Partai Demokrat.

Senator AS Peter Welch, senator Partai Demokrat pertama yang meminta Biden membatalkan pencalonannya kembali, menyerukan proses pencalonan terbuka.

Partai Demokrat harus memiliki “proses terbuka sehingga siapa pun calon kami, termasuk Kamala, memiliki kekuatan untuk memiliki proses yang menunjukkan posisi konsensus partai,” kata Welch. “Perdebatan di Partai Demokrat adalah siapa yang bisa meneruskan warisan Presiden Biden dan mengalahkan Trump.”

Salah satu donor dari Partai Demokrat mengatakan kepada Reuters bahwa mereka akan mendukung pencalonan Harris sebagai presiden kandidat awal dan Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro sebagai wakil presidennya, sebagai cara untuk mendapatkan suara di Pennsylvania, negara bagian yang kritis. Belum diketahui siapa yang akan dipilih Harris sebagai wakil presidennya jika dia menjadi calon presiden.

Dan sebuah kelompok yang memohon kepada para pendukung mantan kandidat presiden dari Partai Republik Nikki Haley yang telah mendukung Biden dengan nama Haley Voters for Biden, mengubah namanya pada hari Minggu menjadi Haley Voters for Harris.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Mundur Diganti Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :