Minggu, 08/09/2024 07:20 WIB

MUI DKI Perkuat Sinergi dengan Kanwil Kemenhumkam DKI Jakarta

Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta siap bersinergi dalam mendukung program MUI DKI Jakarta mengenai Pelatihan Paralegal Bagi Ulama dan Ormas Islam

MUI DKI Jakarta Siap Bersinergi dengan Kanwil Kemenkumham (Istimewa)

JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta KH. Muhammad Faiz didampingi Sekretaris Umum KH Auza`i Mahfudz serta Pengurus Bidang Hukum dan HAM menyambut kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R Andika Dwi Prasetya beserta jajarannya di Kantor MUI DKI Jakarta.

Kunjungan ini merupakan salah satu program Pengurus bidang Hukum dan HAM MUI DKI Jakarta yaitu audiensi ke Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dalam rangka sharing program bidang hukum.

Ketua Umum MUI DKI Jakarta, KH Muhammad Faiz mengatakan, Seorang yang lahir dari rahim pesantren agar juga medapat pencerahan dari ahli hukum. Audiensi ini bertujuan untuk membangun kerjasama atau sinergitas antara Majelis Ulama Indonesia dengan Kemenhumkam,” ungkap KH. Muhammad Faiz.

“Di lain sisi, wawasan seorang ulama perlu dapat polesan untuk diimplementasikan dengan aturan hukum yang ada di Indonesia, maka perlu diadakan Halaqah Hukum yang diinisiasi Kemenhumkam dengan MUI DKI Jakarta,” kata KH Muhammad Faiz.

Kyai Faiz juga menjelaskan, Orang yang mencintai agamanya pasti dia akan mencintai negaranya, salah satu bentuknya adalah dengan taat hukum secara agama juga taat hukum secara negara.

“Norma hukum fiqihnya seperti apa, untuk implementasinya lihat legal hukumnya,” kata Kyai Faiz.

Ketua Bidang Hukum dan HAM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta, Faris Satria siap mendorong Sosialisasi Program Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta yang diantaranya Kemenhumkam Goes to Pesantren.

Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya ucapakan terimakasih karena sudah menerima Jajaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

“Ini sebuah rezeqi bagi kami bisa silaturahim dengan MUI DKI Jakarta, tentunya kami sangat mengharapkan kerjasama khususnya bidang spiritual dengan Unit Pelaksana Teknis dan Kantor Wilayah," ujar Andika.

Diantara poin-poin penting pada Silaturrahim Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta di Sekretariat MUI Provinsi DKI Jakarta bahwa Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta siap bersinergi dalam mendukung program MUI DKI Jakarta mengenai Pelatihan Paralegal Bagi Ulama dan Ormas Islam, Pemberian akses Dakwah dan Syiar Islam pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan (Rutan), Penyuluhan Hukum di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan.

Kantor Wilayah Kemenhumkam DKI Jakarta siap kerjasama untuk membuka Ruang Pelayanan Administrasi Pembuatan Pasport bagi Ulama dan Ormas Islam di sekretariat MUI DKI Jakarta juga mendorong Pendaftaran Hak Cipta atas Karya Tulis Ulama untuk mendapatkan Sertifikat Hak Cipta.

Selain itu Kanwil Kemenhumkam DKI Jakarta memberikan ruang partisipasi Majelis Ulama Indonesia dalam perumusan Produk Hukum DKI Jakarta dalam harmonisasi peraturan perundang-undangan menyongsong Daerah Khusus Jakarta menjadi Kota Global.

KEYWORD :

MUI DKI Jakarta Kemenkumham Muhammad Faiz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :