Selasa, 17/09/2024 02:19 WIB

Desak Joe Bidden Mundur, George Clooney Optimistis Dukung Kamala Harris

Desak Joe Bidden Mundur, George Clooney Optimistis Dukung Kamala Harris
 

Desak Joe Bidden Mundur, George Clooney Optimistis Dukung Kamala Harris (FOTO: GETTY VIA TMZ)

JAKARTA - George Clooney telah menawarkan dukungan resmi bagi Kamala Harris untuk presiden, beberapa minggu setelah mendesak Joe Biden untuk mundur dari pencalonan 2024 dalam esai bernada tegas untuk The New York Times.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan untuk CNN dan dibagikan pada hari Selasa (23/7/2024), George Clooney (63), mengatakan: “Presiden Joe Biden telah menunjukkan apa itu kepemimpinan sejati. Dia menyelamatkan demokrasi sekali lagi. Kami semua sangat bersemangat untuk melakukan apa pun yang kami bisa untuk mendukung Wakil Presiden Harris dalam upayanya yang bersejarah.”

Pernyataan itu muncul sekitar dua minggu setelah aktor liberal berusia 63 tahun itu berpendapat dalam esainya bahwa Joe Biden harus segera keluar dari persaingan 2024 demi kebaikan partainya sendiri.

Mengutip angka jajak pendapat yang bermasalah menyusul kinerja Joe Biden yang lemah dalam debat presiden 27 Juni melawan Donald Trump, George Clooney menulis bahwa Joe Biden saat ini "bahkan bukan Joe Biden tahun 2020."

Dalam artikel tersebut, George Clooney mengakui bahwa ia pernah menjadi salah satu pembawa acara penggalangan dana Hollywood yang melibatkan banyak bintang untuk kampanye Joe Biden hanya beberapa minggu sebelumnya, yang ia catat sebagai "penggalangan dana terbesar yang pernah ada untuk mendukung kandidat Demokrat mana pun."

"Sangat menyakitkan untuk mengatakannya, tetapi Joe Biden yang bersama saya tiga minggu lalu di acara penggalangan dana itu bukanlah Joe Biden yang "sangat hebat" tahun 2010. Ia bahkan bukan Joe Biden tahun 2020," tulis George Clooney dalam esainya, "Ia adalah orang yang sama yang kita semua saksikan di debat itu."

Di bagian lain esainya, George Clooney mengungkapkan rasa sukanya pada Joe Biden, dengan menulis, "Saya suka Joe Biden. Sebagai senator. Sebagai wakil presiden dan sebagai presiden. Saya menganggapnya sebagai teman, dan saya percaya padanya. Percaya pada karakternya. Percaya pada moralnya. Dalam empat tahun terakhir, dia telah memenangkan banyak pertempuran yang dihadapinya.”

Pemenang Oscar dua kali itu menambahkan, bagaimanapun, bahwa "satu pertempuran yang tidak dapat dimenangkan (Joe Biden) adalah pertarungan melawan waktu," merujuk pada usia pria berusia 81 tahun itu.

George Clooney merupakan salah satu dari sejumlah Demokrat yang secara terbuka mendesak Joe Biden untuk keluar dari pemilihan presiden 2024.

Joe Biden secara resmi mengumumkan keputusannya untuk keluar dari pencalonan melalui sebuah pernyataan di X (sebelumnya Twitter) pada hari Minggu (21/7/2024).

Pada hari yang sama, Joe Biden mendukung Kamala Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Kamala Harris menanggapi dukungan tersebut pada hari Minggu, dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh tim kampanye Joe Biden, di mana ia menggambarkan keputusan Joe Biden sebagai "tidak mementingkan diri sendiri dan patriotik."

"Dengan tindakan tanpa pamrih dan patriotik ini, Presiden Joe Biden melakukan apa yang telah dilakukannya sepanjang hidupnya: menempatkan rakyat Amerika dan negara kita di atas segalanya," tulisnya.

Ia melanjutkan: “Saya merasa terhormat mendapat dukungan Presiden dan niat saya adalah meraih dan memenangkan nominasi ini... Kita punya 107 hari hingga Hari Pemilihan. Bersama-sama, kita akan berjuang. Dan bersama-sama, kita akan menang.” (*)

KEYWORD :

Kabar Artis Joe Biden George Clooney Kamala Harris Demokrat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :