Minggu, 08/09/2024 02:21 WIB

Sederet Fakta Tentang Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Ada Parade Terapung di Sungai Seine!

Sederet Fakta Tentang Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024, Ada Parade Terapung di Sungai Seine!

Sungai Seine akan menjadi venue acara pembukaan Olimpiade Paris 2024, Jumat (26/7/2024). (FOTO: GETTY IMAGE)

JAKARTA - Olimpiade Paris 2024 resmi diluncurkan pada hari Jumat (26/7/2024) dengan upacara pembukaan di ibu kota Prancis yang akan berbeda dengan tren semua pertandingan sebelumnya.

Berikut ini adalah uraian tentang apa yang diketahui menjelang apa yang tampaknya akan menjadi yang terbaru dalam serangkaian pembukaan spektakuler di Olimpiade Musim Panas:

Di mana upacara pembukaan akan berlangsung?

Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan, upacara pembukaan tidak akan digelar di dalam stadion Olimpiade. Sebaliknya, pertunjukan khas Paris tersebut akan digelar di sungai utama kota tersebut, Seine.

Sifat upacara pembukaan dan rincian pastinya masih dirahasiakan, tetapi penyelenggara telah menjanjikan pertunjukan yang tidak ada duanya dan mengatakan bahwa pertunjukan tersebut akan "berani dan menyenangkan".

Rahasia yang tidak mungkin dirahasiakan adalah bahwa Stadion Olimpiade Paris 2024 tidak akan diikutsertakan dalam upacara pembukaan. Para penonton diberitahu bahwa mereka akan diminta untuk berbaris di tepi Sungai Seine.

Puluhan perahu akan membawa ribuan atlet dan pemain dalam parade terapung sepanjang 6 km (3,7 mil) melalui sungai melalui jantung ibu kota Prancis.

Pertunjukan mewah ini akan berangkat dari Jembatan Austerlitz, melewati Katedral Notre-Dame de Paris dan tiba di dekat Menara Eiffel.

Sepanjang perjalanan, kereta akan melewati jembatan dan gerbang, termasuk Pont des Arts dan Pont Neuf, sambil melewati banyak landmark kota yang paling terkenal.

Panitia berjanji "tidak akan ada satu pun tepian sungai atau jembatan yang tidak dipenuhi musik, tarian, atau pertunjukan", seraya menambahkan bahwa mereka akan memanfaatkan monumen bersejarah, tepian sungai, langit, dan air.

Artis-artis yang akan tampil selama acara tersebut dirahasiakan meskipun durasinya diperkirakan empat jam. Ada laporan media yang menyebutkan bahwa artis-artis terkenal seperti Celine Dion dan Lady Gaga akan terlibat dalam upacara pembukaan – tetapi laporan ini belum dikonfirmasi oleh penyelenggara.

Thomas Jolly, direktur artistik upacara pembukaan, melukis gambaran tersebut, namun, dengan menyarankan pertunjukan tersebut akan menjadi "sebuah fresko besar" yang merayakan Paris, Prancis, dan pertandingan dan akan menjalin parade atlet, pertunjukan artistik, dan elemen protokol.

Siapa saja yang akan hadir?

Lebih dari 100 kepala negara dan pemerintahan akan duduk di tepi Sungai Seine, sementara lebih dari 300.000 penonton juga diperkirakan akan memadati sungai.

Dari jumlah tersebut, 104.000 orang harus membeli tiket, sementara diperkirakan 222.000 lainnya akan mendapatkan undangan gratis. Jumlah tersebut tidak termasuk mereka yang akan menemukan cara untuk mengakses titik pandang gratis di sepanjang jalan.

Panitia Penyelenggara Paris 2024 mengatakan sekitar 10.500 atlet akan ambil bagian dalam upacara pembukaan dan 80 layar raksasa di sepanjang rute akan menawarkan tayangan dekat para atlet dan artis.

Di antara salah satu pengumuman pembawa bendera yang paling menonjol minggu ini, terungkap pada hari Senin bahwa ikon bola basket LeBron James akan menjadi salah satu atlet yang membawa bendera untuk Tim USA pada upacara pembukaan.

Apa saja masalah keamanannya?

Prancis tidak membiarkan apa pun terjadi secara kebetulan dalam hal keamanan untuk upacara pembukaan.

Untuk acara hari Jumat saja, akan ada 45.000 polisi yang dikerahkan untuk memastikan keamanan upacara.

Pasukan intervensi khusus beserta penembak jitu yang ditempatkan di atas gedung juga akan bertugas, dan pasukan intervensi khusus telah bertugas di tempat yang terlihat jelas pada hari-hari menjelang upacara. Sistem anti-pesawat nirawak juga akan dipasang untuk mencegah ancaman udara.

Daerah sekitar tepi sungai telah ditutup sejak 18 Juli dan penduduk setempat diharuskan membawa izin melalui kode QR untuk masuk ke rumah mereka. Penonton juga diharuskan menggunakan sistem yang sama untuk mencapai tempat menonton.

Sistem transportasi juga akan dibatasi di area sekitar Sungai Seine, dengan mobil hanya diizinkan masuk dengan pengecualian khusus dan stasiun metro ditutup di dekat sungai.

Sebagian besar jembatan juga akan ditutup sementara pesawat dilarang terbang di atas Paris – kecuali jika mereka menjadi bagian dari upacara tersebut.

Prancis sudah berada pada tingkat kewaspadaan keamanan tertinggi dengan perang di Gaza dan Ukraina serta masalah keamanan di dalam negeri.

Meskipun ada kekhawatiran mengenai serangan dan ancaman lain terhadap pertandingan secara keseluruhan, para pejabat mengatakan tidak ada ancaman khusus terhadap upacara hari Jumat.

Mengingat tingkat keamanan yang ada, seorang penyerang tunggal dianggap sebagai risiko potensial utama di seluruh pertandingan, menurut pengarahan oleh para pejabat dalam beberapa bulan terakhir.

Potensi kejahatan kecil telah diidentifikasi sebagai suatu kekhawatiran, seperti juga kemungkinan protes oleh aktivis lingkungan, kelompok sayap kanan dan sayap kiri, dan gerakan pro-Palestina.

Seorang pria yang dicurigai merencanakan serangan atas nama ISIL (ISIS) di stadion sepak bola Saint-Etienne selama Olimpiade ditangkap pada bulan Mei sementara seorang simpatisan sayap kanan ditangkap bulan ini di Prancis timur atas dugaan merencanakan serangan.

Ada rencana cadangan yang disiapkan jika muncul masalah tertentu. Mereka akan menggelar upacara terbatas di Trocadero Square dekat Menara Eiffel atau Stade de France, yang berfungsi sebagai Stadion Olimpiade.

Bagaimana perbandingannya dengan upacara pembukaan Olimpiade sebelumnya di Paris?

Tokyo 2020

Upacara pembukaan dibayangi oleh COVID-19. Ditunda selama setahun karena pandemi, pertandingan sebagian besar diadakan tanpa penonton, tetapi upacara pembukaan dianggap sebagai tontonan sepanjang masa.

Rio 2016

Brasil yang terkendala keuangan tidak punya pilihan selain menggelar pertunjukan yang lebih sederhana dengan teknologi minimal dan sangat bergantung pada bakat besar Brasil dan tradisi pesta Karnavalnya.

London 2012

Ratu Elizabeth yang saat itu berusia 86 tahun mengesampingkan sikap sopan santun kerajaan dalam sebuah video di mana ia melangkah ke dalam helikopter bersama aktor James Bond Daniel Craig untuk dibawa terbang dari Istana Buckingham sebagai bagian dari upacara megah yang dirancang untuk menyoroti keagungan dan keanehan negara tersebut.

Beijing 2008

Hampir satu miliar orang, atau 15 persen dari populasi dunia, menyaksikan upacara pembukaan, yang melibatkan 10.000 pemain, 2.008 penabuh drum, dan penutup berupa skywalking yang dramatis.

Barcelona 1992

Dan mungkin momen paling tak terlupakan dari semuanya dalam sejarah upacara pembukaan Olimpiade modern. (*)

 

 

KEYWORD :

Olimpiade Paris 2024 Sungai Seine Lady Gaga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :