Sabtu, 21/09/2024 10:18 WIB

Pertandingan Sepak Bola Pembuka Israel Jadi Ujian Pertama Keamanan Olimpiade Paris 2024

Pertandingan Sepak Bola Pembuka Israel Jadi Ujian Pertama Keamanan Olimpiade Paris 2024

Pemain sepakbola Israel selama latihan di Stade Omnisports Du Chemin De Ronde, Croissy-sur-Seine, Prancis, 23 Juli 2024. REUTERS

PARIS - Prancis akan mengerahkan ratusan petugas polisi untuk mengamankan pertandingan pembukaan sepak bola Olimpiade Israel melawan Mali pada Rabu, tes keamanan pertama menjelang upacara pembukaan resmi Olimpiade.

Olimpiade Musim Panas Paris 2024 berlangsung di tengah kekhawatiran keamanan dan meningkatnya ketegangan geopolitik, termasuk terkait perang Israel di Gaza. Para peserta Israel akan dikawal oleh unit taktis elit ke dan dari acara dan diberikan perlindungan 24 jam sepanjang Olimpiade, kata para pejabat.

“Sistem perlindungan bagi delegasi Israel, tim mereka, wasit, anggota komite Olimpiade, semuanya sudah siap,” kata Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin kepada surat kabar Le Parisien, Selasa.

Darmanin mengatakan pada hari Rabu bahwa 1.000 personel keamanan akan dikerahkan.

Angka tersebut setara dengan angka pada bulan April pada pertandingan Liga Champions UEFA antara Paris St Germain dan Barcelona yang juga digelar di Parc des Princes di barat Paris.

Dinas keamanan dalam negeri Israel, Shin Bet, akan membantu keamanan pada pertandingan tersebut, yang akan dihadiri Darmanin bersama Presiden Israel Isaac Herzog.

Anggaran Israel untuk melindungi atletnya dan delegasi yang lebih luas telah meningkat secara substansial dibandingkan dengan Olimpiade Tokyo pada tahun 2021, kata seorang pejabat Israel.

Komite Olimpiade Palestina minggu ini menyerukan agar Israel dikeluarkan dari Olimpiade dalam sebuah surat terbuka kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach. Surat tersebut menuduh Israel melanggar gencatan senjata tradisional Olimpiade, dengan melanjutkan aksi militer di Gaza.

Anggota parlemen sayap kiri Perancis mendesak adanya protes terhadap partisipasi Israel dalam Olimpiade tersebut.

Menanggapi seruan boikot tersebut, Presiden Komite Olimpiade Israel Yael Arad mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers sebelum terbang ke Prancis bahwa 88 atlet berhasil lolos ke Olimpiade adalah sebuah "kemenangan".

Pada rapat umum kecil di Paris pada Selasa malam, pengunjuk rasa pro-Palestina meneriakkan “Bebaskan, bebaskan Palestina.”

“Israel harus diusir karena secara sistematis melanggar hak asasi manusia dan hukum internasional,” kata pengunjuk rasa Elena Guerra.

Israel menampik tuduhan kejahatan perang di Gaza dan mengatakan kampanye militernya dibenarkan oleh serangan Hamas pada 7 Oktober. Pernyataan tersebut juga menyatakan bahwa pemukiman di wilayah Palestina yang diduduki tidak dianggap sah secara hukum karena mereka berada di tanah sengketa.

Pertandingan Israel-Mali juga akan memberikan gambaran pertama tentang bagaimana pesaing lain dan masyarakat luas menanggapi partisipasi Israel dalam pertandingan tersebut.

Olimpiade Paris 2024 berlangsung lima dekade setelah militan Palestina membunuh 11 atlet Israel di Olimpiade Munich 1972.

Di markas latihan mereka di Croissy, sekitar 20 kilometer sebelah barat Paris, para pemain Israel pada hari Selasa berusaha tampil santai, namun ada ketegangan yang terjadi.

Pengamat media berteriak "hanya sepak bola" ketika wartawan berusaha mengajukan pertanyaan tentang latar belakang politik. Ketika ditanya tentang keamanan, tiga pemain menjawab bahwa mereka merasa nyaman, siap dan senang berada di Paris.

“Kami datang ke sini untuk menang dan meraih banyak hal bersama tim ini dan sangat bersemangat,” kata Omri Gandelman, gelandang yang bermain untuk klub Belgia Gent, kepada wartawan. “Ada pekerjaan yang harus kita selesaikan.”

Pelatih tim, yang mengawasi kualifikasi Olimpiade pertama tim sepak bola sejak tahun 1976, mengatakan dia tidak khawatir dengan suasana malam pertandingan.

“Ini akan menjadi atmosfer yang luar biasa dan saya yakin kami akan mempunyai banyak pendukung,” kata Guy Luzon. “Kami tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kami.”

Sebagai bekas jajahan Perancis, terdapat diaspora Mali yang besar di Perancis dan terlepas dari apakah ada permusuhan terhadap Israel atau tidak, mereka kemungkinan besar akan tampil seperti yang mereka lakukan dalam pertandingan persahabatan pra-turnamen di pinggiran Paris pada awal tahun ini. pekan.

Sebelum kampanye militernya di Gaza, Israel telah mengupayakan hubungan yang lebih erat di Afrika. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bertemu dengan pejabat senior Mali pada tahun 2019, berharap untuk menormalisasi hubungan.

Mali, negara berpenduduk mayoritas Muslim, memutuskan hubungan dengan Israel pada tahun 1973 setelah perang Yom Kippur. Pemerintah Mali, yang mengambil alih kekuasaan melalui kudeta pada tahun 2021, telah berulang kali menyatakan dukungan kepada Palestina dan mengutuk tindakan tersebut. d Tindakan Israel di Gaza.

Mali mempunyai kekhawatiran tersendiri di lapangan. Beberapa pemain kunci mengundurkan diri menjelang Olimpiade, mengecam kesalahan manajemen federasi sepak bola Mali.

KEYWORD :

Olimpiade Paris Sepakbola Israel Uji Keamanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :